TUTUP

8 Ahli Strategi Terbaik di Era Romance of Three Kingdoms!

Bahkan, ada yang sampai bikin dinasti baru!

Ahli strategi terbaik di era Tiga Kerajaan, atau Romance of  the Three Kingdoms, banyak yang berperan besar di dalam pergolakan hebat era tersebut melalui faksi mereka masing-masing, lho! Siapa sajakah mereka? Temukan jawabannya di sini!

1. Zhuge Liang

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Tentunya, Zhuge Liang merupakan tokoh ahli siasat paling terkenal seantero kisah Tiga Kerajaan, yang membawa rencana panjang Liu Bei hingga menjadi kekuatan besar di antara para penguasa lainnya semenjak pertemuan mereka berdua!

2. Cao Cao

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Sang penguasa inipun juga merupakan ahli taktik perang hingga pemerintahan di dalam negeri pimpinannya sendiri. Ia bahkan menyelamatkan warganya dari wabah kelaparan yang sempat melanda Tiongkok, selain kesuksesannya di medan perang!

3. Sima Yi

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Sosok penasihat terpenting bagi keluarga Cao ini juga merupakan sosok di balik kejatuhan era Tiga Kerajaan dengan menaruh landasan besar di dalam kesuksesannya di faksi Wei sebagai awal dari dinasti Jin!

4. Zhou Yu

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Tokoh yang satu ini tidak hanya terkenal sebagai sahabat baik Sun Ce semata, namun karena siasat perangnya yang brilian dalam pertempuran terpenting faksi Wu dan Shu pada masanya, yakni peperangan di Chibi dalam memukul mundur pasukan besar Cao Cao!

5. Lu Su

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Sosok ahli siasat yang direkomendasikan oleh Zhou Yu ini merupakan penerus Zhou Yu yang luar biasa kompeten dalam sepanjang kariernya, bahkan ambil andil dalam kerja sama antara faksi Shu dan faksi Wu!

Baca Juga: 10 Fakta Liu Bei, Penguasa Faksi Shu Era Tiga Kerajaan!

6. Xun Yu

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Sosok penasihat paling loyal keluarga Cao ini merupakan salah satu tokoh di balik proses rekrutmen tokoh-tokoh besar di sekitar Cao Cao hingga akhir hayatnya!

7. Guo Jia

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Sosok yang direkomendasikan oleh Xun Yu ini juga tidak kalah besar kontribusinya dalam pencapaian Cao Cao, terutama dalam menguasai faksi Yuan Shao dan mendominasi sisi utara Tiongkok!

8. Pang Tong

Koei Tecmo/Dynasty Warrior 9

Pang Tong merupakan salah satu penasihat Liu Bei yang tidak kalah penting pula di dalam hidupnya, terlebih karena sarannya dalam menguasai Yi untuk memiliki kekuatan tandingan Cao Cao!

Siapa ahli strategi terbaik di Tiga Kerajaan menurutmu sendiri? Sampaikan opinimu terhadap mereka melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Sampai Akhir Wei, Ini 10 Pemimpin Ternama di Era Tiga Kerajaan!