Ini Dia Para Pemenang Kompetisi Game Jam Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Pemenang dibagi ke kategori junior dan umum

Ini Dia Para Pemenang Kompetisi Game Jam Ayo Bikin Game di

Rumah Aja

Setelah melalui proses pembuatan game secara online selama 4 hari, lebih dari 200 judul game bertema virus corona terkumpul dalam kompetisi game jam Ayo Bikin Game di Rumah Aja. Kompetisi yang terbagi dalam kategori umum dan junior (SD-SMP-SMA) ini akhirnya mendapatkan para pemenangnya setelah melalui proses penjurian dan voting di Instagram. Seperti apa game ciptaan para pemenang tersebut?

1. JUARA 1 KATEGORI UMUM: Stay - A Cute but Anxious Girlfriend Simulator (Fajri Rahmadhany)

Saat pacar kita terisolasi di kos karena dia merantau dan tidak bisa pulang kampung karena tidak diizinkan, apa yang terjadi? Dalam game ini, gamer harus melakukan berbagai aktivitas dari rumah mulai dari makan, bekerja hingga belajar. Gamer harus tetap menjaga indeks kebahagiaan dan kesehatan agar tetap seimbang.

Download: https://bit.ly/AnxiousGirlfriendUmum (Android)

2. JUARA 2 KATEGORI UMUM: Safey Shoppy (Vinda D Zoebir)

Saat disuruh ibu belanja bahan makanan ke supermarket di tengah maraknya virus corona, gamer harus mengikuti petunjuk pemerintah dan mematuhi aturan agar tetap aman, sehat dan terjaga dari bahaya virus yang sedang menyerang.

Download: https://bit.ly/SafeyShoppyUmum (Android)

3. JUARA 3 KATEGORI UMUM: Fight Covid-19 (Andrie Nata. S)

Dalam game ini, gamer berperan sebagai seorang donatur yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memerangi wabah virus corona. Gamer harus memberikan donasi yang tepat sesuai dengan yang diminta oleh masyarakat.

Download: https://bit.ly/FightCovidUmum (Android)

4. JUARA FAVORIT KATEGORI UMUM: Planet Covid (Kevin Jaya Wiguna)

Planet Covid adalah sebuah game tapping, dimana gamer berperan sebagai raja yang mengatur pembangunan rumah sakit, strategi pemakaian disinfektan, dan lain-lain untuk menekan jumlah kematian korban virus corona.

Download: https://bit.ly/PlanetCovidUmum (Android)

5. JUARA 1 KATEGORI SD: Fight the Virus (Anneke Nazeeya Setiawan)

Banyak orang masih belum sadar kalau untuk memerangi virus corona, kita memerlukan masker, sabun untuk cuci tangan (hand sanitizer), dan juga disinfektan untuk mematikan virus. Dengan memainkan game ini, gamer diharapkan mengerti dan sadar bahwa ketiga alat tersebut (masker, hand sanitizer, dan disinfektan) sangatlah penting.

Game ini juga mengajak gamer untuk membagikan masker kepada yang membutuhkan sehingga semua orang dapat terlindungi lebih baik.

Download: https://bit.ly/fightTheVirus (PC)

Baca Juga: Lebih dari 200 Game Dibuat di Kompetisi Ayo Bikin Game di Rumah Aja

6. JUARA 2 KATEGORI SD: Attack on Corona (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)

Attack on Corona adalah sebuah game dimana gamer diharuskan untuk membunuh virus corona dengan cara mengklik atau menekan semua serum yang tampil dalam layar.

Download: https://bit.ly/AttackCorona (Android)

7. JUARA 1 KATEGORI SMP: Mr Sprayman (Aghnat Hasya Sayyidina)

Kamu adalah manusia terakhir setelah pandemi corona yang baru saja memusnahkan hampir seluruh populasi manusia di Bumi. Berita baiknya kamu tidak perlu mengkarantina diri lagi. Berita buruknya kau harus keluar dari persembunyianmu karena corona telah berevolusi.

Bertempat di masa depan dimana vaksin corona sama sekali belum ditemukan dan kamu adalah harapan terakhir untuk membebaskan Bumi dari virus ini; basmi musuh-musuhmu dari minion hingga si Boss Corona sendiri dengan spray gun yang sudah dimodifikasi. Cepat atau lambat, corona akan menguasai Bumi dan itu semua tergantung padamu.

Download: https://bit.ly/MrSpraymanSMP (PC)

8. JUARA 2 KATEGORI SMP: Social Distancing The Game (Gavin Malik Setiawan)

Sampai saat ini, social distancing adalah cara yang paling ampuh untuk melawan virus corona selama vaksin belum ditemukan. Hanya saja masih banyak yang belum sadar akan pentingnya social distancing dan bahaya dari virus tersebut. Misi game ini adalah gamer harus pulang ke rumah dengan aman sambil menjaga jarak (tidak menyentuh) dengan orang lain. Jika gamer terkena orang sakit atau penderita virus corona tanpa gejala, maka gamer akan kalah.

Dengan memainkan game ini, gamer diharapkan sadar akan bahaya virus corona dan juga bahaya mendekati orang sakit serta penderita virus corona tanpa gejala. Di dalam game ini juga ada edukasi tentang pentingnya mencuci tangan.

Download: https://bit.ly/SocialDistancingGameSMP (PC)

9. JUARA 1 KATEGORI SMA: Di Rumah Aja (Raihanita Damayanti)

Game ini dibuat sehubungan dengan adanya isu virus corona, yaitu penyakit pandemi yang sekarang sudah tersebar di berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia. Menanggapi hal tersebut, pemerintah mempopulerkan tagar #DiRumahAja untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya social distancing.

Dalam game ini, gamer berperan sebagai polisi yang menghimbau masyarakat akan
pentingnya perintah social distancing. Gamer wajib meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah ini.

Download: https://bit.ly/DiRumahAjaSMA (PC)

10. JUARA 2 KATEGORI SMA: Sijaro (Wiaji Robian Dwi Cahya)

Kurangnya pemahaman masyarakat indonesia tentang gejala virus corona menyebabkan banyaknya kesalahan dalam penanganannya. Game ini dibuat untuk memberi edukasi/pemahaman tentang gejala virus corona dan penangannya dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Contoh gejala virus corona akan ditampilkan dalam game ini dan gamer memilih salah satu penanganan yang tepat untuk gejala tersebut.

Download: https://bit.ly/SijaroSMA (Android)

11. JUARA FAVORIT KATEGORI JUNIOR: Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)

Dalam game ini, gamer harus membantu Abil pulang kembali ke rumah dengan tetap sehat tanpa mengenai virus.

Download: https://bit.ly/PetualanganCovid19 (Android)

Itu dia para pemenang kompetisi game jam Ayo Bikin Game di Rumah Aja. Selamat untuk semuanya!

Baca Juga: App PeduliLindungi Dirilis, Bantu Deteksi PDP dan ODP Virus Corona

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU