Panduan Upgrade di Ragnarok X: Next Generation Demi Status Maksimal!

Ritual untuk memaksimalkan status tanpa membuang waktu

Panduan Upgrade di Ragnarok X: Next Generation Demi Status Maksimal!

Saat ini, game Ragnarok X sedang mengadakan kolaborasi dengan anime Tensura, barengan dengan event Top-Up Giveaway Slime Surprise.

Ragnarok X: Next Generation adalah game Ragnarok terbaru yang bisa dibilang mirip dengan versi originalnya. Salah satu fitur serupa yang bisa kamu temukan adalah sistem upgrade atau menempa equipment.

Namun fitur menempa dalam Ragnarok X ini dikembangkan lebih jauh lagi dan dibagi menjadi 4 fungsi, yaitu Refine, Upgrade, Enchant, dan Card. Semuanya memiliki efek dan tingkat keberhasilan yang berbeda.

Meskipun upgrade bisa dilakukan terus menerus, namun dalam game ini juga ada target spesifik yang disebut dengan Awakening.

Tiap kategori memiliki target berbeda, yang bisa kamu lihat sendiri di opsi Awakening di menu karakter yang ada tanda panah kanan. Dalam panduan kali ini, kami akan memberikan panduan upgrade equipment putih (instance) dengan target Upgrade Awakening Tier kedua (20% Upgrade Effect).

1. Ritual hari pertama

Ritual upgrade ini dilakukan selama 3 hari. Cara ini bisa langsung dimulai dari level 1, namun biasanya orang akan mulai mengejar upgrade equipment di level 40 agar tidak menghabiskan banyak resource dan waktu.

Di hari pertama, yang harus kamu lakukan adalah mengerjakan quest harian "Xavier's Mysterious Item" untuk mendapatkan 10 Fish Print Commemorative Coins. Koin ini kemudian ditabung untuk membeli pancingan di hari kedua. 

Setelah selesai mengerjakan quest Xavier, kamu bisa menghabiskan Odin Blessing yang kamu dapatkan dari Daily Quest di Mission Board.

Jika sudah dihabiskan, kamu bakal memiliki stamina yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan Life Skill. Kerjakan Life Skill Mining di hari pertama sampai Stamina mu habis. Kamu bisa membeli Advance Pickaxe di Sundries atau di Vending pemain lain. 

Baca Juga: Ini Tips Menyelesaikan Event Ragnarok X Tensura!

2. Ritual hari kedua

Di hari kedua, kamu bisa kembali menyelesaikan quest "Xavier's Mysterious Item" untuk mendapatkan 10 Fish Print Commemorative Coins. Setelah akhirnya kamu memiliki 20 koin, kamu bisa membeli pancingan Automatic Fishing Rod di Xavier seharga 20 koin. Setelah mendapatkan pancingan tersebut, belilah umpan yang kamu butuhkan untuk mendapatkan Shell, Turquoise, dan Cobblestone.

Setelah umpan terkumpul, kamu bisa kembali mengerjakan Daily Quest dan menghabiskan Odin Blessing untuk Stamina.

Setelah Stamina sudah terkumpul, maka mulailah memancing di Prontera menggunakan umpan yang kamu miliki. Gundakan Automatic Fishing Rod terlebih dahulu sampai habis, baru setelah itu lakukan secara manual. Satu Automatic Fishing Rod bisa digunakan untuk 50 umpan, sehingga kamu harus memperhitungkan berapa banyak umpan yang harus kamu sediakan untuk memancing secara manual maupun otomatis.

Fish Print Commemorative Coins sendiri juga bisa kamu beli di Exchange Center, di mana artinya bisa kamu beli dengan menggunakan Crystal. Kamu bisa memanfaatkan event Top-Up Giveaway Slime Surprise dari Razer Gold untuk membeli Diamonds yang kamu butuhkan.

3. Ritual hari ketiga

Di hari ketiga, seperti biasa, ulangi ritual quest Xavier, quest daily, dan kemudian habiskan Odin Blessing untuk memperoleh Stamina.

Setelah itu kamu bisa langsung upgrade equipment yang kamu punya sambil melakukan Smelting untuk membuat Phracon I, Carnium I, dan Bascyx I dengan memanfaatkan item yang kamu dapatkan dari Mining dan memancing. Setelah selesai Smelting dan upgrade, ulangi lagi ritual 3 hari ini dari awal hingga akhirnya kamu berhasil mencapai awakening tier pertama dan kedua. 

Ritual 3 hari ini bisa digunakan terus menerus hingga akhirnya kamu membutuhkan ikan yang berbeda untuk Phracon II, Carnium II, dan Bascyx II. Kamu bisa melihat daftar kebutuhan untuk item-item tersebut di bagian Life Skill.

4. Tidak sampai 3 hari, berikut ini cara yang lebih singkat

Jika kamu tidak sabar dan tiga hari terlalu lama buatmu, kamu bisa memangkas satu hari dengan mengorbankan Life Skill. Kamu bisa langsung fokus pada Fishing dan Smelting lalu membeli metal di Exchange Center, atau lakukan Mining dan Smelting lalu beli ikan di Exchange Center. Masing-masing cara di atas memiliki plus minus, di mana jika kamu fokus pada Fishing dan Smelting kamu bisa melakukan upgrade dengan cepat, tapi membutuhkan biaya yang besar ketika melakukan Refine, dan sebaliknya, jika kamu memilih untuk Mining dan Smelting maka proses upgrade akan menjadi lambat karena hasil batu dari Mining tidak pasti.

Jika kamu kekurangan bahan namun stamina sudah habis, kamu juga bisa membeli bahan tersebut di pemain lain melalui Exchange Center. Jika kamu kehabisan Crystal, kamu juga bisa menukarkan Diamonds yang bisa kamu beli dengan murah, aman, dan legal melalui Razer Gold. Lakukan Top-Up di Razer Gold untuk mendapatkan Diamonds yang kamu butuhkan, dijamin tidak akan membuang waktumu.

Jika kamu merasa kekurangan stamina, kamu bisa menjalankan minigame "Arm-Wrestling" di Tavern berbagai kota seperti Prontera, Morroc, atau Alberta. Dalam sehari, kamu bisa mendapatkan dua Stamina Potion. Namun jika kamu merupakan member VIP, kamu akan mendapatkan opsi untuk memainkan minigame tambahan satu lagi, sehingga kamu bisa mendapatkan 1 Stamina Pot lagi. Tentu saja kamu bisa membeli member VIP melalui Razer Gold!

Jangan lupa juga, kamu juga bisa berpartisipasi dalam event Top-Up Giveaway Slime Surprise yang diselenggarakan Razer Gold ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU