Review One Piece Pirate Warriors 4: Baku Hantam Besar Para Bajak Laut!

40 lebih karakter favorit untuk dimainkan!

Review One Piece Pirate Warriors 4: Baku Hantam Besar Para Bajak Laut!

One Piece Pirate Warriors adalah seri yang dikembangkan Omega Force, divisi Koei Tecmo yang biasanya mengerjakan Dynasty Warriors.

Pada dasarnya, game ini ya Dynasty Warriors tapi dengan tokoh-tokoh One Piece. Kamu bisa memilih karakter favoritmu, lalu menghadapi banyak sekali musuh.

One Piece Pirate Warriors 3 dulu sukses memukau pemain. Gimana dengan OPPW 4?

1. Kali ini menyajikan cerita sampai alur Wano

OPPW 3 dulu menyajikan kisah One Piece sampai alur Dressrosa. Sekarang, setelah lima tahun, kisah OPPW 4 lanjut sampai Wano!

Bisa dibilang, OPPW 4 menyajikan kisah-kisah Luffy dalam bentuk rangkuman. Satu alur biasanya terdiri dari lima sampai tujuh misi, dan ada banyak detail yang dilewatkan. 

Kalau kamu penggemar One Piece, cerita One Piece ringkas-ringkas ini bakal bikin kamu bingung. Terutama karena alurnya mulai dari Alabasta, bukan benar-benar dari awal Luffy.

Gimana untuk penggemar One Piece? Walau ceritanya memang lebih ringkas dari seharusnya, game ini sukses menyajikan beberapa adegan emosional dengan nendang. Termasuk tragedi di akhir Marineford dan kejadian tertentu dengan Going Merry di akhir Enies Lobby.

2. 40 lebih karakter untuk dimainkan

Total, game ini punya 40 lebih karakter dari berbagai pihak: mulai dari bajak laut, Angkatan Laut, sampai Pasukan Revolusioner dan agen Pemerintah Dunia.

Kalau karakter tersebut harus kamu hadapi di cerita, ujung-ujungnya kamu bisa memainkan mereka. Bahkan, hanya tiga karakter rasanya yang muncul tapi tidak bisa dimainkan: Charlotte Brulee, Momonosuke, dan Pacifista.

Sisanya bisa kamu mainkan, baik di cerita utama maupun di mode seperti Free Log dan Treasure Log.

Yap, termasuk Kaido, Whitebeard, Big Mom, Shanks, dan Blackbeard. Para Yonko yang kekuatannya luar biasa itu.

Baca Juga: Gini Caranya Main Jadi Kaido di OPPW 4! Overpowered tapi Asyik!

3. Gameplay-nya ya standar musou

Pada dasarnya, gameplay game ini sangat sederhana. Pilih karakter, lalu kerahkan mereka untuk menyelesaikan misi. Dalam menyelesaikan misi ini, kamu pasti akan menghadapi ribuan prajurit musuh plus komandan kuat mereka.

Kamu bisa meningkatkan kekuatan karaktermu dengan membayar skill di Growth Map. Di Growth Map juga kamu bisa memperoleh skill mantap seperti kemampuan transformasi naga Kaido.

Kalau kamu suka musou, seharusnya gaya main game ini juga akan memikatmu. Kamu benar-benar bisa merasakan kekuatan para pahlawan dan penjahat One Piece, terutama saat kamu menggunakan teknik seperti Haoshoku Haki Luffy untuk meng-K.O. banyak musuh sekaligus.

Kelemahannya? Variasi misi yang ditawarkan ya bisa dibilang terbatas. Kalahkan musuh yang ini, kalahkan musuh yang itu. Mungkin kamu harus menolong temanmu, dengan menghajar musuh yang mengepungnya. 

Begitu terus sampai game-nya selesai. Tentu saja, karena ini game musou, itu sih tidak mengherankan. 

Untuk tingkat kesulitan, saya kadang merasa Normal terlalu mudah. Saya baru bisa merasakan tantangan di Hard.

Kalau kamu merasa jenuh karena pertarungannya terlalu mudah, cobain deh setting jadi Hard

4. Kelar Story? Kamu bisa menggila di Free Log dan Treasure Log!

One Piece Pirate Warriors 4 memiliki tiga Log utama. Dramatic Log adalah cerita utama, di mana kamu merasakan petualangan Luffy dari Alabasta sampai Wano. 

Tapi itu bukan berarti kamu benar-benar bisa menikmati semua cerita One Piece sampai Wano. Ada cerita yang di-skip, termasuk Skypiea, Thriller Bark, Fishman Island, Amazon Lily, dan Punk Hazard.

Karakter penting seperti Kuma saja belum bisa kamu mainkan di game ini! Mungkin dia masih disimpan untuk DLC. Terutama karena model karakternya sebenarnya sudah ada di game sebagai Pacifista.

Selesai Dramatic Log dan sudah membuka karakter seperti Big Mom dan Kaido? Saatnya untuk menggila di Free Log dan Treasure Log.

Free Log adalah mode di mana kamu bisa memainkan ulang level dari Dramatic Log. Bedanya? Kalau di Dramatic Log karakter yang bisa kamu mainkan ya karakter yang di ceritanya beraksi, di Free Log kamu bebas pilih! Mau mainin Kaido di Marineford? Bisa!

Mau mainin Sabo di Alabasta, supaya dia beraksi sama Ace dan Luffy? Bisa!

Mau mainin Boa Hancock di Alabasta? Bisa juga!

Tentu saja, karakter-karakter ini sering tidak dianggap oleh yang lain, tapi yang penting kamu bisa memainkan mereka di tempat yang tidak semestinya. 

Lalu ada juga Treasure Log. Kalau Free Log memungkinkan kamu main kembali misi dari Dramatic LogTreasure Log menyajikan misi dengan cerita-cerita unik. Kalau kamu mau mendapatkan upgrade tertentu, seperti wujud naga Kaido atau wujud Big Mom dengan rambut terbakar, kamu harus menyelesaikan misi di sini.

Secara keseluruhan, Free Log dan Treasure Log bisa menambah jam terbang kamu main game baku hantam yang satu ini.

5. Dari segi grafis, terasa biasa saja?

Kalau dari segi grafis, OPPW 4 ini terasa biasa saja untuk ukuran PS4. (Versi yang kami dapat adalah versi PS4, tapi game ini juga tersedia di PC, Xbox One, dan Switch).

Tapi setidaknya, game ini bisa menyajikan pertarungan melawan pasukan besar tanpa lag. Salah satu momen yang paling berkesan bagi saya adalah di misi Whole Cake Island, di mana Luffy harus melawan pasukan bidak catur yang tak ada habis-habisnya. Baku hantam itu bisa terjadi tanpa pelambatan.

Keterbatasan visual ini mungkin bakal terasa mengganggu di beberapa momen epik cerita, seperti kedatangan Luffy saat Marineford.

Sebenarnya, di awal-awal cerita, momen seperti itu biasanya disajikan dalam cutscene yang kualitasnya oke. 

Namun semakin lama, ada juga adegan epik yang disajikan dengan in-game graphics sehingga tidak sekeren seharusnya.

6. Kesimpulan

Kalau kamu suka dengan OPPW 3 dan sudah menantikan kelanjutannya, OPPW 4 adalah game yang oke dimainkan.

Memang ada masalah seperti pemotongan karakter, termasuk Enel yang merupakan favorit fan di OPPW 3. Misinya juga bisa terasa repetitif, dan pertarungan satu lawan satu kadang lebih terasa membosankan ketimbang seru. 

Tapi game ini tetap memiliki gameplay yang fun, dan kamu bisa menggerakkan karakter-karakter One Piece favoritmu itu baku hantam menghadapi banyak musuh sekaligus. Hiburan yang sederhana, namun menyenangkan.

Mode seperti Free Log dan Treasure Log pun bisa menambah jam terbang kamu memainkan game ini.

Ditambah dengan kemungkinan akan hadirnya setidaknya sembilan karakter DLC nanti, Pirate Warriors 4 terasa sebagai game yang oke untuk fan One Piece.

Nilai dari saya? 3,5 dari 5 bintang!

Baca Juga: One Piece Pirate Warriors 4 Rilis, Bandai Namco Siapkan Konten Ekstra!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU