Mekanika Dota 2: Pengertian dan Macam-macam Disable (Bagian 1)
Di Dota 2 banyak hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan disable. Untuk lebih jelasnya yuk simak pengertian dan macam disable di Dota 2 berikut ini.
Dalam Dota 2 banyak hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan spell. Beberapa spell memiliki efek disable ke musuh, lalu apa sih yang dimaksud dengan disable ? yuk simak pengertian dan macam disable di Dota 2 berikut ini.
[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/02/23/penjelasan-dispel-di-dota-2/" title="Mekanika Dota 2: Penjelasan Tentang Dispel di Dota 2"]
Dalam memenangkan sebuah pertandingan di Dota 2 diperlukan pemahaman tentang penggunaan spell di setiap hero. Beberapa hero memiliki spell yang dapat menghentikan pergerakan musuh (disable). Disable di Dota 2 memiliki banyak macam bentuk, untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini.
Stun
Stun adalah salah satu disable yang paling sering dipakai dan merupakan disable yang paling bagus di Dota 2. Saat terkena stun musuh tidak dapat bergerak, menyerang, menggunakan item, menggunakan spell serta mengganggu channeling musuh seperti saat menggunakan Town Portal Scroll.
Mini-stun merupakan versi lain dari stun, mini-stun hanya membuat musuh ter-disable dibawah 1 detik (dibaca nol koma sekian detik). Mini-stun juga menghentikan channeling musuh, saat musuh terkena stun akan muncul sebuah animasi di atas kepala musuh yang terkena stun.
Contoh dari stun yaitu Wraithfire Blast, Split Earth, and Slithereen Crush. Sedangkan contoh dari mini-stun yaitu Battery Assault and Lightning Bolt.
Shackle
[duniaku_adsense]
Cara kerja Shackle mirip dengan stun yaitu benar-benar menghentikan pergerakan musuh yang membuatnya tidak dapat menggunakan spell, item serta tidak dapat menyerang. Perbedaannya ialah saat menggunakan shackle hero yang memiliki spell ini akan melakukan channel ke musuh atau memberikan efek negatif (debuff) ke pengguna.
Contoh spell yang memiliki efek shackle yaitu Black Hole, Dismember, Fiend's Grip, Shackles, Flaming Lasso (memberikan efek disarm ke pengguna) and Electric Vortex (memberi efek slow ke pengguna).
Sleep
Selanjutnya ada sleep, cara kerja sleep sama seperti stun. Musuh yang terkena efek sleep tidak dapat bergerak, menggunakan item, menyerang dan menggunakan spell. Letak perbedaannya adalah ketika musuh yang terkena efek sleep musuh tersebut akan terkena efek invulnerable (tidak dapat dapat menerima damage/diserang). Tetapi beberapa spell sleep tidak memberikan efek invulnerable tetapi saat diserang efek sleep-nya akan hilang.
Contoh spell yang memberikan efek sleep adalah Nightmare (memberikan 1 detik efek invulnerable), Echo Stomp (tidak memberi efek invulnerable, tetapi musuh yang terkena efek spell ini tidak akan bangun ketika diserang saat 0.8 detik pertama) dan Song of the Siren (memberi efek invulnerable sepenuhnya selama spell berlangsung)
Cyclone
Cyclone juga memiliki cara kerja yang sama seperti stun, tetapi saat terkena efek cyclone musuh akan terangkat keatas oleh angin puyuh yang muncul. Kebanyakan efek cyclone akan memberikan efek dispel juga kemusuh, kecuali efek cyclone yang diberikan oleh Cyclone. Musuh yang terkena efek cyclone tidak dapat diserang selama efeknya berlangsung.
Contoh spell yang memberikan efek cyclone adalah Tornado, Cyclone dan Eul's Scepter of Divinity.
Slow
Slow juga termasuk sebagai salah satu efek disable yang ada di Dota 2, efek slow terbagi menjadi dua yaitu movement speed slow dan attack speed slow.
Movement speed slow maksudnya adalah musuh yang terkena efek ini akan menjadi lambat dalam berjalan. Banyak hero yang mempunyai spell yang memberi efek movement slow ke musuh. Ketika hero mendapatkan efek haste maka ia akan menjadi kebal terhadap spell movement slow.
[duniaku_baca_juga]
Contoh spell yang memberi efek movement speed slow yaitu Thunder Clap, Gush dan Poison Sting.
Attack speed slow akan memperlambat kecepatan serangan musuh, contoh dari spell yang memberikan efek ini adalah Untouchable, Fire Spirits, dan Liquid Fire.
Sumber : Dota2.gamepedia.com. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari