Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Seperti kita ketahui, pengalaman utama memainkan Nintendo Wii U adalah melalui GamePad-nya, yang berperan sebagai layar tambahan yang bisa digunakan melalui beragam cara untuk berinteraksi selama memainkan game atau aplikasi pendukung seperti sebagai remote televisi. Namun sebagaimana banyak produk lain sebelum resmi dilempar ke pasaran, desain GamePad Wii U juga memiliki perjalanan yang panjang. Baru - baru ini bos Nintendo Satoru Iwata menjelaskan melalui interview, seperti apa ide awal GamePad tersebut. Dalam interview berupa video tersebut, Nintendo President Satoru Iwata menjelaskan kepada team development bagaimana dia mendapatkan ide untuk membuat kontroler baru konsol Nintendo yang kini disebut GamePad. Awalnya, versi purwa rupa GamePad tidak lebih sebuah Wii Zapper (kontroler Nintendo Wii berbentuk pistol) dan mendapatkan tambahan layar LCD kecil di depannya. Dari sana, berkembang menjadi layar LCD besar dengan dua Wii Remote terpasang di kiri-kanannya, dan konsep tersebut juga diterapkan pada 30 game demo untuk memperlihatkan fitur GamePad tersebut. Dan rupanya versi purwa rupa kedua yang berkembang menjadi GamePad Wii U yang kita kenal sekarang ini, dan memang desainnya lebih memudahkan kita menggunakannya. Secara untuk perpaduan Wii Zapper pasti justru akan merepotkan kita ketika mengoperasikannya. Selain itu, masih berdasarkan wawancara dengan Iwata juga diketahui bahwa dari awal memang Nintendo merencanakan Wii U tidak terlalu besar lompatan teknologinya (secara hardware) dibandingkan Wii. Nintendo hanya mensimulasikan kekuatan dua Wii sebagai basis pengembangan hardware Nintendo Wii U.