TUTUP

Kenali Emosi Sim yang Makin Cerdas dan Unik Dalam Trailer Terbaru The Sims 4

Kita mendapatkan detail awal The Sims 4 Agustus 2013 lalu. Kemudian selama E3, kita juga mendapat kepastian kapan akan dirilis. Dan berikut trailer terbarunya, yang menunjukkan seperti apa emosi para sim dalam game.

The Sims 4 sudah diketahui eksistensinya 4 bulan sebelum game tersebut mendapatkan detail pertamanya Agustus 2013 lalu. Saat itu game yang seperti The Sims sebelumnya dikembangkan oleh Maxis dsan akan dipasarkan oleh Electronic Arts ini disebutkan bakal mengajukan fitur Create a Sim yang lebih sederhana, dengan sekadar manipulasi tubuh sim melalui klik dan geser bagian tubuh mereka, sehingga meminimalkan penggunaan slider, serta juga penekanan mekanis gameplay yang kini kian dipengaruhi emosi para sim dibandingkan pada prekuelnya. Selama E3 2014 awal Juni kemarin, EA melalui press conference mereka juga menunjukkan trailer gameplay baru, serta memastikan kapan game ini bakal dirilis untuk PC Windows, yaitu 2 September 2014 mendatang (versi Mac juga sudah diungkapkan, namun belum jelas kapan akan dirilis). Pengumuman itu sekaligus mematahkan kabar bahwa game ini bakal meluncur awal-pertengahan tahun 2014. Kabar terakhir, akhir Juni 2014 kemarin EA merilis trailer baru lainnya, yang menunjukkan ciri khas setiap sim dan juga emosi mereka. Video tersebut bisa kalian lihat di bagian akhir ulasan ini. Seperti prekuelnya, The Sims 4 merupakan game single-player, dan tidak membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya. Namun kalian memerlukan akun Origin dan akses internet di awal selama proses install. Menurut Maxis, game ini nantinya bakal bisa dijalankan dengan lebih lancar di PC dengan spesifikasi yang minim, dibandingkan The Sims 3 yang bermasalah ketika dimainkan dengan PC di bawah standar spesifikasi developer. Dan juga seperti The Sims 3, konsep sekuelnya ini serupa, dimana kalian masih mengendalikan sim dalam beragam aktivitas dan menjalin hubungan dengan sim lainnya. Tidak ada tujuan utama memainkannya, dan akan sangat non-linear. Kemudian seperti yang disebutkan di atas, emosi karakter bakal memegang peranan penting selama gameplay, dan bakal mempengaruhi interaksi sosial, antar muka, serta kepribadian setiap sim. Kini sim bisa melakukan beberapa task bersamaan, seperti berjalan sambil ngobrol. Sifat, tindakan, dan perilaku sosial mereka akan digabungkan untuk membangun emosi, kepribadian, dan juga nantinya aksi sim tersebut. Kondisi emosional mereka tergambarkan melalui user interface dan juga melalui ekspresi sim tersebut. Beberapa hal yang baru lagi di sini, seperti karakter dengan skill yang lebih tinggi bisa melatih sim lainnya dengan skill yang lebih rendah, agar skill mereka segera naik level, dan juga dikenalkannya metode kematian baru dalam game, seperti "death by laughter." Yup, karena ada unsur yang sensitif seperti itu (termasuk pernikahan sejenis), dan gamer serial ini yang cukup luas, maka di Rusia The Sims 4 pun mendapat ganjaran sebagai game khusus dewasa. Lebih lanjut, berhubungan dengan kustomisasi sim, kini kita juga bisa mengedit suara, gaya berjalan, dan juga menentukan preset gaya berbusana mereka. Kamu juga bisa mendapatkan kombinasi sifat agregat untuk memunculkan sifat tersembunyi yang hanya akan muncul di dalam diri sim dengan sifat itu saja. EA mengatakan, Willow Creek yang dibangun berbasis lingkungan nyata New Orleans, akan dimasukkan di sini sebagai lingkungan awal dalam The Sims 4. Kota ini memiliki beberapa ciri, seperti banyaknya taman dan perbukitan. Di lingkungan tersebut kamu juga akan merasakan mode Build yang baru, yang didemokan detailnya akhir Mei lalu oleh EA. Kini kamu bisa menempatkan ruangan yang sudah tersedia desainnya, dan kemudian bebas melanjutkan modifikasinya, atau menambahkan pondasi setelah rumah dibangun, memasang semua jendela bersamaan, dan atau membentuk kembali jendela tersebut. Ada tiga jenis dinding disediakan, dan kamu juga bisa mengatur lokasi jendela di setiap dinding. Ruangan dan rumah yang selesai dibangun, bisa dipindahkan sebagai satu kesatuan. Apa yang sudah kamu bangun, atau sim yang kalian kembangkan, bisa diimpor untuk menjadi bagian dari database dari pada pemain game ini. Sim yang diunggah, dan kemudian diunduh akan tetap terjaga kepribadian kustom serta emosi mereka, dan digunakan bersama-sama oleh pemain lain. Database ini juga menerima unggahan rumah dan ruangan sebagai satu kesatuan. Sepertinya fitur ini selain cocok sebagai ajang pamer, juga untuk mendukung agar komunitas online pemain game yang memang offline ini terus terjaga, dan para pemainnya bisa merasakan benefit sosial dengan berinteraksi dengan pemain lain. Selain mode build, akhir Mei lalu EA juga mengkonfirmasikan, jika dalam The Sims 4 kalian tidak akan merasakan salah satu fase hidup, yaitu balita (yang dikenalkan pada The Sims 2), serta tidak ada kolam renang selama permainan. Itu artinya, kalian tidak mungkin mendapatkan cara kematian di kolam rendang. Sepertinya untuk yang satu itu, banyak penggemar The Sims yang keberatan, sampai ada yang membuat petisi agar EA memasukkannya saat game ini dirilis awal September 2014 nanti. Selain dua aspek tersebut yang hilang, gamer nantinya juga tidak akan mendapatkan opsi transfer dsata game dari The Sims 3 dengan sekuelnya ini. Hal itu seharusnya akan menjadi masalah bagi gamer yang sudah terikat dengan game ini sejak 2009 lalu, dan memiliki ikatan yang kuat dengan sim mereka, atau mereka yang sudah membeli banyak add-ons untuk game mereka sebelumnya.

The Sims 4: Create A Sim Official Gameplay Trailer

The Sims 4: Build Mode Official Gameplay Trailer

The Sims 4: Stories Official Gameplay Trailer

The Sims 4: E3 2014 Gameplay Presentation

The Sims 4: Smarter and Weirder Official Gameplay Trailer