TUTUP

E3 2013: Viva the Vita! Bukti Akan Ada Banyak Game Indie Berkualitas Untuk Handheld Sony

Banyak yang sudah berasumsi jika tidak banyak game dirilis untuk PlayStation Vita. Selama E3 2013, Sony mencoba merevisi anggapan tersebut dengan membawa banyak game untuk PS Vita, termasuk game-game indie. Berikut ulasan bagian pertama, dari game indie PS Vita yang didemokan selama E3 2013.

Banyak yang sudah berasumsi jika PlayStation Vita adalah salah satu "kegagalan" Sony, karena tidak banyak game dirilis untuk handheld tersebut, dibandingkan rivalnya Nintendo 3DS. Benarkah? Selama Electronic Entertainment Expo 2013 lalu, Sony mencoba merevisi anggapan tersebut dengan membawa banyak game untuk PS Vita, khususnya game-game indie. Seperti yang kami tulisakan dalam artikel sebelumnya, Sony kini memberi akses mudah bagi pengembang game yang biasa bergerak di jalur Kickstarter tersebut untuk bisa sukses di jalur non Steam. Mulai dengan mempermudah para kreator indie mengembangkan game untuk platform PlayStation, dengan mengijinkan developer berlisensi untuk menerbitkan sendiri, termasuk menentukan harga dan kapan tanggal rilisnya,  dan untuk PS Vita, Sony menyanggupi pemberian development kit, bahkan sebelum kontrak dengan Sony berlangsung, hingga dukungannnya untuk engine game Unity, engine populer untuk kelas developer game kecil, sehingga mempermudan mereka mem-port game untuk PlayStation. Tidak heran banyak game-game indie masuk ke PS3, PS4 dan juga PS Vita, bahkan sampai yang sebelumnya eksklusif Xbox seperti Limbo juga berhasil di-port untuk PlayStation. Jika artikel sebelumnya kami berikan daftar game indie apa saja yang masuk PS4, berikut daftar game-game indie (dan juga first-party) yang dibawa Sony meramaikan booth PS Vita selama Electronic Entertainment Expo 2013 minggu lalu. Selain itu jangan lupa membuka beberapa ulasan game PS Vita lainnya, seperti Valhalla Knights 3, The Walking Dead: 400 Days, Dragon Fantasy Book II, hingga Ys: Memories of Celceta.

Hohokum

Salah satu game yang muncul dikonfirmasikan sebagai salah satu game pertama PlayStation 4 adalah Hohokum. Dikembangkan oleh developer indie asal Inggris, Honeyslug, game ini juga direncanakan hadir untuk PS3 dan PS Vita dengan rencana rilis tahun 2014. Ketika pertama kali dikonfirmasikan, Hohokum cukup menarik dilihat karena grafisnya yang penuh warna, animasi yang lembut, musik yang menenangkan, dan penggambaran karakternya yang cukup artistik! Selain Honeyslug, game ini juga didukung ilustrator Richard Hogg, dan dianimasikan oleh Kwok Fung Lam.

Selama E3 2013 akhirnya game tersebut mendapatkan demo playable-nya, sehingga kita bisa merasakan seperti apa sebenarnya game yang sejauh ini susah dilukiskan genrenya ini -- develoernya sendiri menyebutnya sebagai game dimana kamu tidak perlu diperintah dan tidak perlu kuatir akan gagal. Didesain sebagai sebuah arena untuk sekadar berkeliling, dan digambatkan sebagai sesuatu yang abstrak.

Hohokum E3 Trailer (PS4) | E3 2013

Hako! Open MeHako! Open MeOpen Meaugmented realitycash registerOpen Me

OPEN ME! - PS Vita Japanese trailer

Toro's Friend NetworkOpen MeToro's Friend Network Minna to Issho

Welcome to Toro's Friend Network!

OlliOlliTemple RunOlliOlliTony Hawk's Pro Skater,OlliOlliOlliOlliOlliOlli

OlliOlli Run Through 1st Playable

OlliOlli run through with background and grinds!

1001 Spikes1001 Spikes1001 Spikes 

1001 Spikes E3 Trailer | E3 2013