TUTUP

Massive Modern Warfare 3 Multiplayer Details !!!

Setelah Blackops oleh Treyarch tahun lalu memeperoleh kesuksesan besar, tahun ini tongkat estafet berada di tangan Infinity Ward untuk meneruskan kebesaran Call of Duty di dunia game dengan Modern Warfare 3.

Tahun ke tahun, selalu disambut dengan satu Call of Duty. Tapi yang selalu dipentingkan oleh developer adalah mode multiplayer. Apa yang ditambahkan oleh Infinity Ward untuk membuat multiplayer di Modern Warfare 3 mampu untuk tetap tampil seperti baru? Infinity Ward memfokuskan ke player progression, kostumisasi yang beragam, puluhan map menarik dan variasi mode.

Jadi apakah yang dilakukan oleh Infinity Ward berhasil? Inti gamenya sendiri masih sama dengan Call of Duty lainnya, super cepat, membunuh atau dibunuh dalam 60 fps, literan darah berceceran, dan dipenuhi aksi ledakan. Yang berbeda kini Infinity Ward bekerja sama dengan Sledgehammer juga mencoba memasukan beberapa inovasi gameplay baru yang ditujukan untuk memperdalam pengalaman ber-COD. Robert Bowling (Infinity Ward) menjanjikan “Banyak tambahan dari yang pernah kami lakukan sebelumnya” dan “multiplayer paling seimbang yang pernah kami buat”.

Baru-baru ini juga trailer Multiplayer MW3 dirilis ke publik bertepatan juga dengan event Call of Duty XP di Los Angeles. Bingung dengan trailernya? Well don’t be, karena banyak unsur baru yang ditambah ke dalam seri ke 8 dari Call of Duty ini. Simak di bawah ini penjelasan yang saya dapat untuk mode multiplayer di Modern Warfare 3.

Sebelum saya masuk ke Strike Packages, pertama say goodbye untuk Killstreak yang sudah kita kenal sejak dulu dan say hello untuk pointstreaks, ke 28 nya. Tidak lagi kills satu satunya jalan untuk menambah streaks, kills masih tetap terhitung tapi dalam MW3, menyelesaikan objectives seperti menangkap flag dalam capture the flag akan memberi player point untuk memanggil attack drones, helicopter, sentry gun dan power up lainnya. Kill assist juga akan menambah pointstreak, memberi tempat untuk supporting player, tidak hanya player dominan yang mendapat keuntungan.

Pointsreaks dibedakan ke dalam 3 pilihan, player dapat mengkostumisasi dalam satu dari ketiga Strike Packages. Strike Packages dapat diartikan juga sebagai personalization dalam Modern Warfare 3 .Ketiga type tersebut adalah : Assault, Support, Specialist. Setiap package memilki list streak sendiri, here they are :

  • Assault : Ditujukan untuk ‘striker’ dalam team. Assault memanggi UAV dan care package drops. Kemudian assault helicopter, AC130, predator missiles, mortar strikes, juggernaut suites. Assault adalah pemberi damage terbanyak, namun kekurangannya setiap assault mati maka streak tersebut juga akan ikut mati dan ter reset.
  • Support : Ditujukan untuk membantu team menang. Untuk playr yang kurang aggressive, support akan mendapat streaks yang ditujukan untuk menambah defense. Streak yang didapat adalah: remote gun turret, hacked airdrop, ballistic vests, EMP atau memanggil osprey gunship yang juga mengirim 5 airdrop package. Dalam support, streaks TIDAK akan reset seketika mati.
  • Specialist : semua tentang perks. Jadilah supersoldier dengan specialist, dengan kata lain memberi player tambahan perks. Specialist akan mendapat 6 perks termasuk sleight of hand, hardline, recon, dan lain lain. Setelah kill ke 8, specialist mendapat semua perks terbuka yang membuatmu menjadi monster dalam perang. Namun sama seperti Assault, jika player mati maka harus mengulang dari 0.

Dibawah ini beberapa perks baru yang akan tampil dalam Modern Warfare 3:

  • Recon : Damage dari ledakan mengidentifikasi target dalam map.
  • Blind Eye : Tidak terdeteksi oleh air support atau sentry
  • Assasssin : Tidak terdeteksi oleh UAV, portable radar, thermal, heartbeat.
  • Quickdraw : menambah kecepatan aim.
  • Stalker : Bergerak lebih cepat ketika aim.
  • Marksman : Mengidentifikasi target pada jarak jauh.

 

Tidak hanya player yang memilki progression, namun juga weapon yang dinamakan Weapon Proficiencies. WP adalah sistem leveling untuk weapon. Gampangannya, semakin sering weapon itu player gunakan, baik assault riffle, shotgun, sniper, bahkan handgun maka semakin baik pula weapon itu jadinya. Artinya, player nantinya dapat mengurangi goyangan weapon tersebut ketika menembak ataupun menambah attachments (reticules, camo).

Akan ada 16 multiplayer map dan dedicated server yang akan gamer langsung nikmati dari hari pertama.

Mode multiplayer dalam MW3 akan ditambahkan dengan 2 mode: Kill Confirmed dan Team Defender. Kill Confirmed akan memfokuskan ke dog tags. Tiap kill yang kamu lakukan tidak akan terhitung jika kamu tidak mengambil dog tags yang dijatuhkan targetmu. Mungkin sebagian dari kalian yang sudah memainkan Crysis2 sudah tidak seberapa asing dengan dog tags ini. Jadi meskipun player sudah membunuh target, namun belum menggambil dog tags atau terambil oleh teammate terlebih dahulu maka kill tidak terhitung. Team Defender adalah mode capture the flag tanpa mengembalikan flag. Jadi player harus menahan flag yang sudah didapat sampai waktu habis.

 Tidak hanya Kill Confirmed dan Team Defender saja, namun Infinity Ward juga menambah beberapa mode lain untuk private match :

  • Infection : Para ‘Infected’ membunuh team lawan untuk merekrutnya menjadi team Infected
  • Drop Zone : Tahan Drop Zone untuk team ponts dan care packages
  • Team Juggernaut : Dengan support dari Juggernaut, bunuh playr di team lawan, team pertama yang mencapai limit skor menang.
  • Juggernaut : Bunuh Juggernaut untuk menjadi Juggernaut baru.
  • Gun Game : Jadi yang pertama untuk mendominasi dengan semua gun.
  • One in the Chamber : Menambah peluru dengan membunuh musuh, jadi yang terakhir untuk bertahan.

Banyak perubahan yang dilakukan oleh Infinity Ward dan SledegeHammer untuk mode multiplayer dalam MW3. Saya harap perubahan perubahan signifikan ini makin menambah apik, tidak malah berjalan sebaliknya dan dapat bersaing dengan Battlefield 3 yang perilisannya hanya berbeda 2 minggu. Karena menurut pendapat saya multiplayer dalam MW3 dibuat lebih “mudah” dari sebelum sebelumnya. Share pendapat kalian mengenai perubahan multiplayer dari Infinity Ward ini di bawah. ^^