TUTUP

Server Ragnarok Online 2 Indonesia Tutup, Lyto Migrasikan Pemain ke Server Internasional

Apakah semua item dan equipment bisa dimigrasikan? Apakah Zeny kita tetap utuh nantinya? Berikut fakta-fakta mengenai migrasi ini yang perlu kamu ketahui!!

Sebuah kabar yang mengejutkan datang dari Lyto. Salah satu penerbit papan atas Indonesia ini semalam memutuskan untuk melakukan migrasi Ragnarok Online (RO) 2 Indonesia ke server internasional yang dikelola oleh WarpPortal. Dengan kata lain, server RO 2 Indonesia tutup, dan sebelum penutupan tersebut seluruh pemain yang ada di dalamnya disarankan untuk migrasi dan melanjutkan permainan ke server internasional tersebut.
[read_more id="237394"] Hal ini disampaikan Lyto baik dalam posting di akun Facebook resmi RO 2 maupun di situs resminya. Migrasi RO 2 ke server internasional ini pun dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, pemain RO 2 Indonesia diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu mulai tanggal 17 April hingga 10 Mei 2016. Selama masa registrasi ini, pemain tetap bisa memainkan karakternya, dan data-data yang dimigrasikan adalah data terakhir pada tanggal 10 Mei 2016 pukul 00.00 waktu server Indonesia. Selanjutnya, server RO 2 Indonesia tutup mulai tanggal 17 Mei 2016, dan dilanjutkan dengan proses migrasi ke server internasional akan dilakukan pada tanggal 18 Mei 2016. Semua karakter beserta data-data yang dimigrasikan mulai bisa dimainkan setelah proses migrasi ini selesai. Untuk memainkan RO 2 server internasional, user harus men-download kembali file client yang ada di Berikut adalah kutipan pernyataan resmi Lyto mengenai penutupan server RO 2 Indonesia dan proses migrasi ini.
Kami ingin menginformasikan bahwa layanan Ragnarok Online 2 Indonesia akan dimigrasikan ke Ragnarok Online 2 Server Internasional (WarpPortal), kalian akan bergabung dengan teman-teman baru dari Server Amerika dan dapat melanjutkan petualangan kalian bersama kawan baru serta nikmati keseruan bermain diRagnarok Online 2 Server Internasional, WarpPortal yang tidak kalah serunya dibanding Server Indonesia. Begitu banyak kenangan manis dan keseruan bermain bersama para RO Mania lain, Keceriaan didalam Guild, War & Raid yang tidak akan terlupakan. Terima kasih telah memilih RO2 Indonesia sebagai game kalian dan Selamat melanjutkan petualangan kalian di dunia RUNE MIDGARD pada Ragnarok 2 Server Internasional.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama masa migrasi ini dilakukan, antara lain:
[page_break no="1" title="Zeny Tidak Bisa Dibawa Semua!"]
Tidak semua Zeny yang kamu miliki di RO 2 Indonesia bisa kamu bawa serta ke server internasional nanti. Baik Lyto maupun WarpPortal sepakat untuk membatasi Zeny yang bisa dibawa hingga 4% saja untuk setiap ID. Angka 4% ini dihitung dari total semua karakter dalam 1 ID tersebut. Sebagai contoh, jika kamu punya dua karakter yang masing-masing memiliki 250.000 Zeny dan 750.000 Zeny (jadi total ada 1 juta Zeny), maka di server internasional yang baru kamu hanya memiliki total 40.000 Zeny (10.000 Zeny di karakter pertama, 30.000 Zeny di karakter kedua).
[page_break no="2" title="Data Karakter Ditransfer Sepenuhnya"]
Ya, karaktermu akan ditransfer sepenuhnya sesuai dengan level dan atribut yang sudah kamu bangun di server Indonesia sampai data terakhir tanggal 10 Mei 2016 pukul 00.00 WIB.
[page_break no="3" title="Tidak Bisa Transfer Guild"]
Sayangnya, kamu tidak bisa mentransfer Guild yang kamu miliki ke server internasional setelah RO 2 Indonesia tutup nanti. Jadi, segera pindahkan barang-barang di storage guild ke inventory masing-masing anggota, dan setelah ID-mu didaftarkan dalam proses migrasi kamu harus keluar dari Guild (baik secara manual ataupun kick).
[page_break no="4" title="Batasan Item"]
Sayangnya, ada batasan item yang tidak bisa kamu bawa ke server internasional. Tujuannya adalah untuk menghindari perkenalan beberapa item unik yang hanya dimiliki RO 2 Indonesia ke server internasional, karena beberapa item unik ini memiliki beberapa kekuatan yang mungkin tidak berimbang di server internasional. Berikut adalah daftar item yang tidak bisa dibawa ke server internasional.
[page_break no="5" title="Koin dan Item Mall"]
Koin tidak bisa dipindahkan ke server internasional. Jadi, sebaiknya kamu membelanjakan koin yang kamu miliki ke item mall sebelum server RO 2 Indonesia tutup dan kamu melakukan migrasi. Item mall semua bisa dipindahkan, dan yang bisa ditransfer hanyalah item mall yang ada di inventori karakter. Untuk mengetahui proses migrasi RO 2 Indonesia lebih lengkap, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resminya. Selamat jalan RO 2 Indonesia, dan selamat berpetualang di server internasional untuk para pemainnya!