TUTUP

Review Super Robot Wars 30, Wajib Main Buat Penggemar Mecha

Super Robot Wars 30, seri anniversary ke-30 dari SRW

Memperingati anniversary tahun 30 dari seri Super Robot Wars, Bandai Namco merilis game Super Robot Wars 30 atau biasa disebut SRW 30 pada tanggal 28 Oktober 2021 kemarin. Masih ragu untuk memainkan game ini atau tidak? Berikut ini adalah review kami yang bakal mampu meyakinkanmu untuk memainkan Super Robot Wars 30 ini. 

1. Gabungkan berbagai dunia mecha

Super Robot Wars 30

Seri Super Robot Wars selalu banyak menggabungkan cerita dari berbagai macam franchise anime mecha, tidak terkecuali Super Robot Wars 30 ini. Seri yang bisa kamu temukan dalam game ini antara lain adalah Mobile Suit Gundam, Mobile Suit Zeta Gundam, Mobile Suit Gundam Z-MSVs, Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack, Mobile Suit Gundam M-MSVs, Mobile Suit Gundam Narrative, Mobile Suit Victory Gundam, Mazinger Z: Infinity, Mazinkaiser Infinitism, Shin Getter Change! The Last Day Of The World, Super Electromagnetic Robo Combattler V, Heavy Metal L-Gaim, The King of Braves Gaogaigar FINAL, Gaogaigar vs. Betterman, Brave Police J-Decker, Code Geass: Lelouch of the Rebellion III: Glorification, Code Geass: Lelouch of the Re;surrection, Magic Knight Rayearth, GUNxSWORD, Majestic Prince, Knight's & Magic, SSSS.Gridman, Super Electromagnetic Robot Voltes V, Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack - Beltorchika's Children, Sakura Wars, Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans, dan Ultraman.

Menggabungkan cerita dari berbagai dimensi dan timeline dari berbagai seri tersebut tidak mudah, namun SRW 30 menyajikannya dengan begitu rapi, semuanya dijahit dengan bantuan tim original sang tokoh utama, di mana mereka mengunjungi berbagai dunia dan lokasi untuk menghentikan perang dan membawa kedamaian. Di awal memulai permainan, kamu bisa memilih untuk memainkan karakter utama laki-laki atau perempuan.

Baca Juga: Super Robot Wars 30 Telah Dirilis, Puaskan Hati Para Penggemar Robot

2. Sistem battle strategy turn-based klasik

Super Robot Wars 30

Setelah memilih karakter yang akan kamu gunakan, kamu akan disuruh untuk memilih rute bumi atau angkasa terlebih dahulu. Tentu saja setiap pilihan yang kamu tetapkan, akan memiliki alur cerita yang berbeda dan urutan mengunjungi dunianya juga akan berbeda. Misi atau dunia yang dikunjungi juga tidak perlu urut, kamu bisa memilih misi mana yang ingin kamu jalankan terlebih dahulu. Namun melihat riwayat game SRW, biasanya akan ada unit atau misi rahasia yang akan terbuka jika kamu menjalankan misi dengan urutan tertentu.

Gameplay dalam game ini menggunakan sistem strategy turn-based, di mana kamu bisa menggerakkan unitmu mendekati musuh, untuk kemudian menyerang mereka jika musuh sudah masuk dalam area jarak seranganmu. Setiap serangan memiliki range yang berbeda-beda, misalnya rifle bisa ditembakkan dari jauh, namun melee hanya bisa dilakukan di jarak dekat. Ketika giliran musuh menyerang, kamu juga bisa melakukan counter untuk menyerang balik. Setiap serangan yang kamu lakukan dalam game ini, akan disajikan dengan cutscene seperti dalam animenya, memuaskan dahaga para penggemar mecha.

3. Upgrade mecha sesuka hatimu

Super Robot Wars 30

Setelah menyelesaikan misi, kamu akan mendapatkan unit yang tadi kamu temui di dunia baru. Tidak berhenti di sana, kamu juga bisa melakukan upgrade pada unit yang kamu miliki, dengan menggunakan credits yang kamu dapatkan setiap menyelesaikan suatu misi. Upgrade yang bisa dilakukan murni bebas sesuai yang kamu inginkan, apakah ingin menambah HP agar lebih tebal, weapon agar serangan lebih sakit, dan sebagainya. 

4. Gunakan lagumu sendiri di dalam game

IGG Games

Ini menjadi salah satu fitur yang menarik, di mana dalam game SRW 30 ini kamu bisa mengupload custom music atau memasukkan musik yang kamu miliki untuk digunakan dalam game sebagai BGM. Caranya cukup mudah, buka folder game SRW 30 mu di PC, kemudian cari folder srwmusic, lalu cukup copy paste lagu yang kamu miliki. Dalam game, kamu kemudian bisa mengakses menunya lewat system setting. Namun hal ini hanya bisa dilakukan ketika sedang jeda antar misi. Sayangnya memang hal ini hanya bisa dilakukan untuk SRW 30 versi PC.

Secara keseluruhan, SRW 30 memang sebuah game yang solid untuk peringatan 30 tahun serinya, dengan memasukkan seri-seri baru yang sebelumnya belum pernah masuk dalam SRW seperti Knight & Magic serta Ultraman. Gameplay dengan berbagai unit mecha dari berbagai jaman, dijamin mampu memuaskan penggemar anime mecha baik penggemar lama maupun baru. Suasana nostalgia begitu kencang, apalagi jika kamu sedang singgah ke dunia dan misi mecha lama seperti Combatler V atau Brave Police. Jika kamu penggemar mecha, wajib banget deh memainkan game yang satu ini.

SRW 30 tersedia untuk Switch, PS4, dan PC via Steam. 

Gimana menurut kamu soal Super Robot Wars 30? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Bandai Namco Umumkan Akan Buat Patung Gundam Raksasa Lagi!