Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/01/dragon-quest-viii-debut-trailer/" title="Lihat Bagaimana Dua Karakter Baru 3DS Beraksi!"] Seperti yang kami ulas sebelumnya, Square Enix bakal merilis versi remake dari Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King di Jepang 27 Agustus 2015 mendatang. Versi 3DS ini bukan sekadar remake seperti versi smartphone-nya yang dirilis tahun lalu (ya, memang ceritanya sama). Namun ada tambahan skenario baru yang terfokus pada masa lalu Dhoulmagus (Dhoulmagus’ Past), sekaligus juga mengisahkan masa kecil karakter utama kalian (The Hero’s Childhood). Kemudian yang juga diharapkan membuat game ini menjadi remake yang worth it adalah karakter party baru melalui seorang pencuri bernama Gerda (Red dalam versi translasinya), serta karakter dari Dragon Quest: Monster Battle Road yang bernama Morrie. Kini semua karakter juga disuarakan, serta musiknya didukung orkestra oleh Tokyo Metropolitan Symphony Orchestra. Dan untuk kalian yang doyan nyari koneksi, ada dukungan StreetPass. Sayangnya, remake Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King ini tidak mendukung fungsi stereoscopic 3D yang dimiliki 3DS, khususnya di field map. Untuk mengetahui rencana Dhoulmagus, kalian perlu berkomunikasi dengan penduduk.[/caption] [read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/28/dragon-quest-viii-characters/" title="Ini Lho Dua Karakter Baru Dragon Quest VIII Versi 3DS!"] Kalian yang penasaran seperti apa aksi Gerda dan Morrie selama pertarungan, berikut ada video baru yang memperlihatkan versi 3DS dari Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King. Selain itu, melalui video demo terbarunya tersebut kami juga menemukan jika Square Enix menerapkan satu fitur berguna yang mereka terapkan di banyak remake RPG jadulnya, yaitu mempercepat pertarungan. Remake Final Fantasy, dan khususnya Dragon Quest VIII ini memang sekadar untuk dinikmati kembali ceritanya di platform yang baru. Adegan pertarungannya yang repetitip terkadang membosankan, bikin ngantuk. Apalagi pertarungan Dragon Quest klasik yang memang rada lelet. Dengan menerapkan mode high-speed battle yang meningkatkan kecepatan pertarungan menjadi 1.5 kalinya. Lihat ringkasan berbagai fitur barunya dari dua video demo game ini di bagian bawah.
- Encounter dengan musuh dalam Dragon Quest VIII versi Nintendo 3DS ini bukan random, musuh terlihat di layar seperti pada Dragon Quest VII versi Nintendo 3DS.
- Selama penjelajahan di field map, keseluruhan peta diperlihatkan pada layar bawah 3DS. Area ditandai dengan penanda, sehingga kalian cukup menyentuh saja ikonnya, untuk melihat namanya, dan itu bakal mempermudah navigasi selama di atas dunianya.
- Di atas kami menyebutkan tidak mendukung fungsi stereoscopic 3D yang dimiliki 3DS selama di field map, karena bakal menggandakan pemakaian memory handheld ini, bakal membuat gamenya menjadi terlalu berat, khususnya untuk menerapkan encounter musuh yang tampak pada layar, dan juga jarak yang jauh ketika melihat field map dalam mode stereoscopic 3D.
- Stereoscopic 3D bisa kalian rasakan elama melihat karakter di dalam menu, terasa seperti ketika melihat status karakter.
- Ada peti harta warna biru di sini, dimana tidak seperti yang merah, isi peti harta biru bakal respawn setiap waktu, dan isinya beragam item, seperti gold.
- Ada banyak monster baru dimasukkan dalam remake ini.
- Dalam Dragon Quest VIII aslinya, kalian harus selalu menghabiskan semua skill point yang didapatkan setelah naik level, namun kali ini diubah, skill point bisa disimpan untuk digunakan lagi nantinya.
- Pada menit ke 9:15 video pertama di atas, terlihat bagaimana kita bisa merubah kecepatan pertarungan. Ada dua opsi, normal dan fast, yang mempercepat pertarungan menjadi 1.5 kalinya. Berguna untuk grinding menaikkan level karakter.