TUTUP

Tidak Selalu Bertarung, Ini Sisi Seru Lain dari Bermain MMORPG

Main MMORPG cuma buat hunting? Atau cuma berburu barang-barang langka? Itu sudah basi! Coba lakukan hal-hal ini!

Ada berbagai alasan kenapa MMORPG selalu ramai meskipun sistem permainannya repetitif. Penuh akan monster yang harus dilawan, rare item drop yang bikin penasaran, atau menjadi yang terkuat di game tersebut? Mungkin hal itu benar, tapi masih ada yang kurang.

Suatu MMORPG dikatakan sukses selain karena permainannya yang seru, konten yang menarik, atau fitur yang unik, adalah para pemainnya yang kreatif dalam memanfaatkan fasilitas yang disediakan developer dalam suatu MMORPG. Disini penulis akan menyebutkan sisi seru lain dari bermain MMORPG selain hanya sekedar bertarung melawan monster.

Fitur chat tentunya merupakan barang wajib untuk sebuah game multiplayer, baik itu merupakan typing-chat atau pun voice-chat. Fitur ini tidak hanya digunakan untuk perkara mengatur strategi saja, tapi sering kali dipakai untuk keperluan pribadi di luar perkara game.

Sebagai contoh, ditakutkan diintip seseorang kalau chatting rahasia di media sosial, seperti HP dipinjam dan sebagainya. Jadi kalian memilih untuk chatting di game. Selain butuh loading yang lebih lama daripada membuka aplikasi media sosial, terkadang mayoritas pemain MMORPG menggunakan fitur whisper untuk obrolan pribadi sehingga saat kamu log out, semua riwayat obrolanmu akan hilang (kecuali kalau MMORPG tersebut memiliki sistem penyimpanan riwayat obrolan, tapi bukanya juga ribet).

Tidak bisa merealisasikan penampilan yang kamu impikan di dunia nyata akibat keterbatasan biaya? Di game MMORPG perkara fashion merupakan hal yang mudah. Selain fitur character creation, sejumlah MMORPG biasanya memiliki fitur pembelian item untuk fashion dengan uang nyata. Tapi tidak seperti itu saja, ada juga MMORPG yang punya fitur semacam player market dimana kamu bisa membeli item fashion yang kamu inginkan hanya dengan membayar uang dalam game saja.

Harga yang biasanya ditawarkan untuk sebuah item fashion sangat bervariatif tergantung seberapa langka item tersebut. Untuk kamu yang tahu bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat dalam suatu MMORPG tentunya bisa mendapatkan item yang kamu inginkan dengan resiko siapa cepat, dia dapat.


Habis ini biasanya para pemain melakukan apa lagi, ya?

Player Kill atau PK merupakan fitur menyebalkan tapi ada saja di sejumlah MMORPG. Biasanya hal ini dilakukan atas dasar iseng baik ke teman sendiri atau sejumlah pemain. Untuk sejumlah MMORPGplayer killing tidak akan memberikan penalty atau hukuman dari developer karena itu memang fitur dari game. Tapi kalau sanksi moral dari pemain lain, iya.

Tidak punya kamera? Tidak punya baju bagus untuk difoto? Tidak tahu tempat bagus untuk foto-foto? Tidak punya uang untuk sewa fotografer atau studio foto? Ya, mungkin itu memang sebuah masalah untuk tukang narsis di dunia nyata. Tapi di MMORPG, adanya fitur screenshot membuat kamu bisa menonjolkan karakter game kamu ke teman-temanmu.

Fashion, lingkungan yang indah, character action, angle, dan timing yang tepat akan membuat karaker kamu gak kalah kerennya dengan model foto majalah atau foto cosplay di dunia nyata. Kamu bisa menjadi fotografer untuk karakter kamu sendiri di MMORPG, atau kamu bisa menjadi fotografer untuk orang lain jika kamu punya PC high-end dimana kamu bisa mengatur grafis mentok kanan supaya hasil foto yang dihasilkan lebih mantap.

Apa yang lebih keren dari bisa memiripkan karaktermu dengan NPC suatu game? Jadi karakter dari IP (intellectual propety) lain. Hal ini banyak dilakukan di MMORPG yang punya lebih dari ribuan item fashion atau kalau MMORPG tersebut ada kolaborasi dengan IP lain. Kalau pun tidak, dari pemainnya sendirilah yang mengakali item-item fashion yang tersedia sehingga karakter tersebut secara tidak langsung ber-cosplay menjadi karakter IP lain.


Sekiranya itu merupakan aktivitas-aktivitas unik yang dilakukan para pemain MMORPG yang merupakan sisi seru lain dari bermain MMORPG sehingga suatu MMORPG masih bisa hidup hingga saat ini. Apa mungkin ada yang kamu lakukan selain poin-poin diatas sehingga game yang kamu mainkan terasa menarik? Kalian bisa ungkapkan di kolom komentar.

Diedit oleh Doni Jaelani