TUTUP

Review Idol Showdown, Game Fighting Penggemar hololive Kualitas Edan!

Salah satu game fighting gratis terbaik sepanjang masa?

Idol Showdown merupakan sebuah proyek game fighting oleh penggemar hololive di Besto Game Team selama 2 tahun! Mau tahu impresi kami? Cek dulu di sini!

1. Variasi game yang PAS!

Idol Showdown. duniaku.com/Adhitya Daniel

Dari bermain offline, melawan AI, sampai online matchgame ini terasa luar biasa komplit untuk kelasnya. Malah, menu yang rapi untuk sebuah fangame selebrasi agensi Virtual YouTuber ini saja sudah menjadi pembuka yang mengejutkan.

2. Roster karakter dan update yang cepat!

Idol Showdown. duniaku.com/Adhitya Daniel

Ketika dimainkan dalam awal peluncurannya, pilihan-pilihan karakter starter-nya dari nama-nama yang tidak asing seperti Shirakami Fubuki dan Hoshimachi Suisei sampai pilihan tidak terduga seperti Kiryu Coco dan Aki Rosenthal, belum terhitung karakter-karakter support-nya seperti Ayunda Risu (?!) menjadi roster yang liar dan bikin semangat mulai dari variasinya sendiri.

3. Mode Virtual Frontier yang akurat lore-nya?!

Idol Showdown. duniaku.com/Adhitya Daniel

Referensi dalam stream maupun luar stream sampai ke meme dan talentanya pun tidak hanya sebatas palet warna dan kemampuan karakter yang kamu pilih semata, karena game ini menawarkan mode single-player unik bertajuk Virtual Frontier.

Mode survival ini diawali dengan kamu memilih satu dari empat item yang sama sekali merupakan referensi holostars TEMPUS dan menghadapi berbagai skenario dengan upgrade sampai debuff (juga penuh dengan lore kehidupan streaming para talenta COVER), dan memberikan konten single player seru yang jarang sekali ada di fighting game.

Baca Juga: hololive x World of Warships Kolaborasi Lagi! Ada Moona!

4. Apa, rollback netcode?!

Idol Showdown. duniaku.com/Adhitya Daniel

Dengan GGPO, game buatan penggemar yang sekali lagi, gratis ini sudah jauh melampaui sebagian besar game fighting berbayar lainnya untuk urusan netcode. Koneksi yang menggunakan metode rollback untuk solusi ping tinggi tentu saja lumayan membantu menciptakan permainan online yang mulus di dalam pengaturan peer-to-peer dan menggunakannya di dalam fan game ini sudah jadi plus gede!

5. Kontrol anime fighter!

Idol Showdown. duniaku.com/Adhitya Daniel

Kontrol a la anime fighter dengan skema low, medium, heavy, special dengan eksekusi yang tidak kalah sederhananya menjadi pilihan yang cerdas untuk mengundang banyak pemain baru yang ingin mencoba game fighting.

Namun, mekanismenya yang lebih sederhana tanpa air tech yang lebay nan intimidatif seperti teman-teman sesama anime fighter-nya juga tidak bisa diremehkan, karena 

6. Dari soundbite jadi voiceover?!

Idol Showdown. duniaku.com/Adhitya Daniel

Awalnya game ini menggunakan soundbite-soundbite yang ditempatkan dengan rapi untuk setiap karakternya, namun di waktu para talenta hololive Production memberi input dadakan yang direspon dengan dadakan pula, game ini tiba-tiba mendapatkan restu tidak resmi untuk disuarakan para talentannya sendiri (dan juga mungkin di masa depan seperti yang dilakukan Usada Pekora dan Omaru Polka.)

Suara-suara interaksinya pun tidak terasa lelet dan aneh. Setiap pukulan sampai super yang tumpang tindih pun juga menambah keseruan bermain dengan akurasinya. Di sisi lain, lagu-lagu tema yang berputar di belakang arena pertarungan mungkin merupakan satu-satunya hal yang terasa terbatas di dalam versi awal game ini.

Versi sederhananya, untuk game fighting gratis yang luar biasa dikembangkan secara rapi dan menyenangkan sedari awal diluncurkan, tentu saja wajar kalau nilai 4/5 layak diberikan untuk game yang salah ketik sedikit sudah jadi referensi game fighting samurai lain.

Jadi iya, fan game yang satu ini kualitasnya memang edan. 

Sudahkah kamu mencoba Idol Showdown di Steam? Sampaikan melalui kolom komentar!

Baca Juga: hololive Indonesia 3rd Anniversary Cafe Buka Dalam Waktu Terbatas!