TUTUP

Patut Ditunggu, Ini 6 Rumor PlayStation 5 yang Diharapkan Jadi Kenyataan

Rumor apasaja sih yang greget bila benar-benar ada di PS5?

Saat ini saya merasa bahwa era PlayStation 4 sudah mendekati akhir. Setidaknya PlayStation 4 telah menemani kita sebagai gamer di usia yang keempat tahun. PlayStation 4 dirilis pada tahun 2014 dan sekarang sudah memasuki tahun 2018.

Biasanya, umur PlayStation itu berkisar antara enam hingga delapan tahun dan bisa dibilang sekarang ini merupakan fase akhir dari era PlayStation 4. Bakal berakhirnya era sebuah konsol biasanya ditandai dengan adanya berbagai macam isu suksesornya, dalam kasus ini adalah PlayStation 5.

Ya, PlayStation 5 telah banyak beredar isunya di internet. Bahkan, ada beberapa developer yang memang sengaja merahasiakan game buatan mereka dan dianggap game tersebut diperuntukkan untuk PlayStation 5. Seperti CD Projekt Red yang memang pernah berbicara bahwa meskipun Cyberpunk 2077 diperuntukkan untuk PlayStation 5, mereka jelas akan siap. Belum lagi beberapa hari yang lalu ada rumor mengatakan bahwa Final Fantasy VII Remaster itu bakal dirilis pada tahun 2023 yang kemungkinan di tahun tersebut PlayStation 5 bisa saja sudah rilis.

Nah, dari berbagai rumor mengenai PlayStation 5 yang ada, ada beberapa rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan lho. Karena bila rumor tersebut benar-benar diimplementasikan untuk PlayStation 5, maka mungkin saja ia bakal jadi konsol yang superior dan menjadi suksesor yang pantas dari konsol generasi sebelumnya.

Yuk langsung saja kita bahas mengenai enam rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan.

Di masa lalu Sony pernah melakukan kesalahan dengan harga dan hasilnya banyak gamer yang mengeluh dengan kebijakan Sony ini. Ya, kesalahan itu mereka lakukan ketika menjual PlayStation 3 dengan harga yang bisa dibilang kurang wajar.

PlayStation 3 kala itu dijual dengan harga yang menyakitkan, apalagi konsol tersebut lebih mahal dari Xbox 360. Kesalahan ini merupakan wujud dari kepercayaan diri Sony bahwa dijual dengan harga yang mahal, konsol mereka bakal tetap laris.

Tapi untungnya protes tersebut membuat Sony tersadar kala mereka memproduksi PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro. Ya, Sony tidak mematok harga yang tinggi untuk dua konsol tersebut dan segalanya terasa wajar-wajar saja.

Bila PlayStation 4 Pro masih di atas Rp5 juta, tentu itu sangat wajar karena konsol tersebut mendukung resolusi 4K. Bahkan PlayStation 4 Pro masih lebih murah dibandingkan dengan Xbox One X. Tentunya tren harga bersaing ini sepertinya masih bakal dilakukan oleh Sony ketika PlayStation 5 rilis.

Salah satu rumor harga inilah yang kemudian menjadi salah satu rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan. Bahkan disebutkan, kemungkinan PlayStation 5 bakal dijual dengan harga sekitar $ 350 - $ 399 atau sekitar Rp4,9 juta - Rp5,5 juta. Tentunya bila rumor tersebut benar, maka PlayStation 5 kemungkinan bakal kembali memegang pasar seperti pendahulunya.

Salah satu rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan adalah diciptakannya sebuah konsol handheld khusus untuk PlayStation 5. Sebelumnya Sony memiliki fitur remote play di PlayStation 4 yang cukup diremehkan. Padahal fitur ini cukup memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi lebih dalam.

Kalian sejatinya hanya butuh laptop dan dualshock 4 saja untuk bisa main di manapun asal ada koneksi internet tentunya. Yang jelas, Sony semakin terus menyempurnakan fitur-fitur tersebut.

Salah satunya ya tadi, dengan menggunakan handheld konsol agar bisa main PlayStation 5 di mana pun. Meskipun bila benar-benar terjadi, fitur ini kurang lebih bakal sama seperti Nintendo Switch yang bisa dimainkan secara handheld. Saya pribadi berharap fitur handheld ini hadir, tidak usah masuk ke dalam bundling PlayStation 5-nya, tapi cukup menjadi bundling tambahan agar gamer bisa semakin mudah bermain game di manapun dan kapan pun.

Nah, ada rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan apalagi ya? Yuk langsung saja meluncur ke halaman selanjutnya.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, ada beberapa game yang sepertinya tidak akan rilis dalam waktu dekat. Ya, game-game seperti Death Stranding besutan Hideo Kojima, Horizon Zero Dawn 2Cyberpunk 2077, dan yang lainnya kemungkinan bakal dirilis untuk PlayStation 5. Hingga saat ini tidak ada informasi yang bocor sama sekali mengenai game-game tersebut. Salah satu yang jadi bahan pembicaraan hanyalah game-game tersebut tidak akan muncul dalam waktu dekat.

Nah, Mungkin salah satu rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan adalah bahwa sederet game yang telah saya sebutkan di atas benar-benar dihadirkan untuk PlayStation 5. Dibuat dengan engine yang terbaru, game-game tersebut otomatis sangat membutuhkan mesin yang lebih superior daripada PlayStation 4 atau PlayStation 4 Pro agar bisa berjalan optimal. Karena apabila sederet game tersebut keluar saat ini, maka hal tersebut tentunya bakal sangat disayangkan.

Harus diakui spesifikasi PlayStation 4 ketika pertama kali keluar berada di atas konsol Xbox One. Keadaan itu berlanjut kala Sony memperkenalkan PlayStation 4 Pro. Tapi saat ini PlayStation bukan lagi dianggap sebagai konsol terkuat karena Xbox One X kini menjadi konsol dengan hardware yang paling mumpuni, setidaknya secara spesifikasi begitu. Memang meskipun  PlayStation 4 Pro atau PlayStation 4 itu kuat dan punya spesifikasi yang bagus, harus diakui mereka tidak selalu menggunakan hardware kelas atas.

Sehingga diharapkan di era PlayStation 5, Sony mempersenjatai konsol yang satu itu dengan sebuah tenaga canggih tapi tetap murah. Sehingga harga jualnya bisa membuat gamer senang. Intinya, si PlayStation 5 itu paling tidak harus bisa menjalankan sebuah game dengan reslosi tertinggi 4K dengan framerate 60 per second. Bila sudah begitu, mungkin PlayStation 5 juga diharapkan bakal overkill apabila dimainkan di televisi dengan resolusi 1080p.

Tunggu, masih ada dua rumor lagi yang belum kita bahas, apakah itu? Langsung meluncur ke halaman selanjutnya.

Salah satu hal yang sangat disayangkan di PlayStation 4 adalah absennya fitur untuk memainkan game-game lawas atau kita bisa menyebutnya backward compatibility. Ya, dulu di era PlayStation 3, kita bisa memainkan game PlayStation 1 dan 2. Tapi kemudian Sony berubah haluan dengan menerapkan sistem streaming untuk game-game lawas mereka. Fitur ini pun harus disayangkan hilang begitu saja dari PlayStation 4. Tapi meski begitu, ada kabar baru yang mengatakan bahwa PlayStation 5 bakal memasukkan kembali Backward Compatibility.

Ya, ini harus diakui merupakan rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan bro. Bagaimana tidak, kita bisa main game PlayStation 1 hingga PlayStation 4 dalam satu konsol. Tentunya hal tersebut cukup membanggakan apabila benar-benar diwujudkan oleh Sony. Tentu saja luka lama yang tadinya terbuka lebar bakal langsung tertututp dengan sistem tersebut.

Tahun 2020 dipercaya menjadi tahun yang paling kuat untuk perilisan PlayStation 5. Meskipun banyak yang mengatakan PlayStation 5 bakal keluar dalam waktu dekat, namun yang paling akurat adalah konsol generasi selanjutnya ini bakal rilis pada tahun 2020. Memang ada banyak faktor yang menjelaskan mengapa tahun 2020. Salah satunya adalah saat ini konsol eksklusif Sony sedang dalam keadaan yang kuat. Setelah beberapa game di awal tahun 2018 ini, diperkirakan game-game eksklusif Sony masih akan laku hingga tahun 2019.

Hal ini artinya gamer akan berfokus untuk menabung dan membeli game-game eksklusif tersebut. Sony juga otomatis tidak boleh merusak fokus tersebut agar gamer tidak terpecah. Bila rumor PlayStation 5 merebak dan tiba-tiba Sony mengumumkan waktu perilisannya dalam waktu dekat, sudah pasti penjualan game eksklusif bakalan terganggu. Sangat layak ditunggu apakah hal ini benar adanya dan ini menjadi rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan.


Nah, sepertinya itulah enam rumor PlayStation 5 yang diharapkan jadi kenyataan. Memang yang namanya rumor belum tentu benar, tapi dengan adanya rumor, tidak ada salahnya kan bila kita mengharapkan yang terbaik. So,  kita tunggu saja berita atau rumor selanjutnya yang bakal beredar mengenai PlayStation 5 ini.

Sumber: Whatculture

Diedit oleh Doni Jaelani