Comscore Tracker

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang!

Anehnya udah kebangetan banget soalnya!

Ada banyak cara bagi para developer untuk membuat game mereka menjadi sesuatu yang menjanjikan hingga akhirnya digandrungi oleh para gamer. Salah satu caranya adalah menerapkan sebuah mekanisme baru yang segar serta memberikan pengalaman baru nantinya.

Mekanisme yang segar dan baru ini setidaknya bakal terus bertahan selama beberapa tahun. Tapi sayangnya kesuksesan ini terkadang membuat para developer malas melakukan inovasi. Mereka menghiraukan inovasi karena terlalu bergantung dengan mekanisme yang sukses tadi. Tentu saja lama kelamaan mekanisme yang dipercaya tersebut bakal usang dan menjadi sebuah mekanisme aneh di masa depan.

Memang hal ini sangat wajar karena sebuah mekanisme tak bisa terus relevan untuk memuaskan hasrat gamer. Kali ini Duniaku.net bakal membahas mengenai mekanisme aneh di game yang wajib hilang. Langsung saja yuk, tujuh mekanisme aneh di game ini wajib ilang lhocekidot!

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang!

Membatasi lari merupakan hal yang aneh serta tak lagi relevan saat ini. Apa yang melandasi bahwa mekanisme aneh di game ini wajib ilang? Karena saat ini developer membangun dunia yang sangat luas terutama untuk game-game open world. Melimitasi sprint hanya akan merugikan gamer apalagi mereka harus melakukan perjalanan yang jauh dari titik A ke titik B.

Alangkah baiknya jika sedang dalam mode traveling, gamer tak perlu mendapatkan limitasi sprint. Mungkin masih oke bila limitasi sprint ini dilakukan ketika sedang berhadapan dengan musuh. Tapi ketika dalam mode traveling, mungkin sudah tak revelan lagi menyuntikan mekanisme ini. Di awal kemunculannya, mekanisme ini memang sangat keren.

Tapi inovasi ini sudah dianggap usang dan mungkin ada baiknya untuk menghilangkannya sebelum para developer memiliki mekanisme yang baru terkait hal ini.

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang!

Mekanisme romansa memang menjadi formula yang cukup baik di awal-awal perkenalannya. Tapi saat ini mekanisme seperti ini bisa dianggap tak lagi relevan. Game-game seperti Mass Effect, Fallout 4, dan Dragon Age sepertinya tak memerlukan lagi mekanisme seperti ini. Seperti pedang bermata dua, mekanisme romansa ini bakal membuat orang-orang lebih tertarik pada karakter tertentu.

Di samping itu, mekanisme romansa kebanyakan game benar-benar berpusat pada alur cerita saja. Bila ingin memasukkan mekanisme ini secara total, mungkin para developer bisa meniru CD Projekt Red di mana untuk mendapatkan cinta dari seorang wanita, mereka harus melakukan banyak hal seperti di dunia nyata. Itulah yang akhirnya membuat romansa antara Geralt dengan Triss serta Yennefer menjadi sangat menarik.

Beberapa mekanisme aneh di game ini wajib ilang juga ternyata, yuk berangkat ke halaman ketiga!

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang!

Menyuntikkan batasan waktu pada sebuah misi merupakan salah satu hal yang kurang relevan saat ini. Mekanisme aneh di game ini wajib ilang apalagi bila mekanisme tersebut disuntikkan untuk genre open world yang memang menjual kebebasan.

Meskipun sekarang game-game open world sudah banyak yang berbenah untuk mengatasi hal ini, tapi beberapa masih banyak yang melimitasi waktu sebuah misi. Karena bermain game sejatinya lebih nikmat apabila kita bisa memilih misi mana yang lebih penting untuk diselesaikan duluan. Melimitasi waktu untuk menyelesaikan misi sama saja mempersempit game itu sendiri.

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang!

Tingkat kesulitan berlebih menjadi sesuatu yang telah usang sekarang. Pemikiran gamer yang sudah jauh berkembang malah menjadikan kesulitan berlebih sebagai olok-olokan belaka. Mekanisme aneh di game ini wajib ilang dan hal tersebut sudah tidak bisa ditawar! Saat ini gamer menganggap bahwa mekanisme tingkat kesulitan berlebih hanyalah alat untuk menghambat mereka menyelesaikan gamenya lebih cepat.

Di samping itu, kesulitan berlebih bakal membuat si gamer sendiri merasakan kebosanan karena untuk menyelesaikan misi tertentu mereka diharuskan untuk melakukan grinding terus menerus agar akhirnya bisa mencapai level yang ditentukan. Saya pribadi sering kali merasakan hal ini dan tentu saja sangat membosankan. Alangkah baiknya developer melakukan hal lain untuk memperpanjang waktu gameplay sebuah game ciptaanya.

Di halaman selanjutnya masih ada tiga mekanisme aneh di game yang wajib hilang lho!

Source: EA[/caption]

Pohon dialog sangat berbeda dengan pilihan dialog. Pohon dialog memang menghadirkan pilihan juga tapi lebih saklek dibandingkan dengan pilihan dialog. Artinya kalian wajib melakukan seluruh dialog untuk bisa mendapatkan clue, sedangkan pilihan dialog terbilang lebih bebas untuk melakukan percakapan. Kalian juga bisa mendapatkan pilihan yang lainnya.

Pohon dialog kini sudah menjadi mekanisme yang sangat usang karena sudah ada pilihan dialog yang lebih asyik dan lebih realistis. Bahkan di tahun 2018 bakal ada salah satu game besutan Ubisoft yang bakal menggunakan pilihan dialog, game tersebut adalah Assassin's Creed: Odyssey. Oiya, terkadang dalam pilihan dialog kita bisa mendapatkan banyak kejutan, sedangkan di pohon dialog lebih monoton!

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang! Source: Metal Arcade[/caption]

Salah satu hal yang menjadi masalah di game-game zaman sekarang adalah misi yang digarap kurang dalam. Mekanisme aneh di game ini wajib ilang tentunya! Sekarang zamannya game modern dan tidak ada alasan bagi para developer untuk membuat misi yang lebih dalam serta menarik. Misi yang kurang dalam biasanya hanya membawa kalian pergi dari satu tempat ke tempat A.

Setelah itu kita tinggal mencari sebuah benda dan misi selesai. Mekanisme seperti ini perlu diperbaiki menjadi lebih dalam dengan menambahkan unsur cerita, menambahkan karakter yang terlibat, atau menambahkan durasi misi dengan banyaknya puzzle yang berserakan. Semakin lama misi tentu saja bakal memberikan kesan tersendiri untuk para gamer.

Mengapa The Witcher 3 sukses? Mereka menggarap semua misi dengan serius meskipun itu hanya sekadar misi sampingan saja! Untungnya sekarang ini para developer peka dan sudah membenai sistem misi menjadi lebih dalam.

Ga Guna! 7 Mekanisme Aneh di Game ini Wajib Hilang! Sumber: Steam[/caption]

Mekanisme aneh di game ini wajib ilang, ya tembok transparan di dalam game harus diubah! Game-game dengan berbagai genre khususnya untuk game aksi atau open world membatasi gerak gamer dengan cara yang aneh. Ketika gamer tidak bisa mengakses tempat tertentu, mereka tiba-tiba bakal terhenti seperti terkena tembok. Padahal di situ sama sekali tidak diperlihatkan tembok sama sekali.

Sebetulnya hal tersebut memang lumrah, namun mungkin mekanisme aneh ini harus diganti menjadi sesuatu yang lebih realistis lagi. Misalnya menambahkan sebuah benda atau misalnya membuat gunung yang sangat tinggi akan lebih baik dibandingkan dengan tembok transparan dan pemberitahuan bahwa kalian tak bisa lewat.


Mungkin itulah tujuh mekanisme aneh di game yang wajib dihilangkan. Sebetulnya tanpa dihilangkan pun mekanisme ini masih bisa digunakan tapi dengan beberapa perbaikan yang tentu saja membuat permainan menjadi lebih baik. Karena jujur saja, ketujuh mekanisme itu telah lawas untuk diimplementasikan di era gaming modern seperti saat ini.


Mau dapat PS4 dan Nintendo Switch? Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, event industri game terbesar se-Indonesia pada tanggal 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta! Kunjungi laman ini untuk mendaftarkan dirimu GRATIS!

Diedit oleh Doni Jaelani

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game