TUTUP

7 Fakta Chthon Marvel, Dewa Sang Pencipta Darkhold

Salah satu Elder Gods

Bagi kamu yang sudah menonton film Doctor Strange in the Multiverse of Madness pasti sudah tidak asing dengan kitab Darkhold yang berisi mantra jahat yang sangat berbahaya. Kitab Darkhold ini ditulis oleh sosok Chthon untuk menguasai dunia.

Chthon merupakan salah satu Elder Gods atau dewa yang diciptakan oleh Demiurge bersamaan dengan saudaranya Gaea, Set, dan Oshtur, jauh sebelum adanya peradaban manusia. Ia merupakan dewa yang memiliki sumber ilmu sihir dan kegelapan. 

Ingin mengenal sosok Chthon lebih jauh? Berikut ini fakta-fakta Chthon Marvel, sang pencipta Darkhold.

1. Diciptakan dari Demiurge

Chthon (dok. Marvel Universe)

Chthon merupakan makhluk kuno yang diciptakan oleh Demiurge, kekuatan biosfer bumi yang membentuk perkembangan awal bumi. Ia termasuk salah satu Elder Gods yang hadir sebelum manusia ada di muka bumi.

Ia pertama kali hadir di dalam komik Marvel Chiller #1 yang ditulis oleh Marv Wolfman, Bill Mantlo, Ed Hannigan, dan Yong Montano. Pada awalnya, Chthon dikenal dengan nama The Other di komik yang dirilis pada 1975 tersebut. 

2. Salah satu Elder Gods

Chthon (dok. MCU)

Chthon hadir diciptakan bersama saudaranya yakni, Gaea, Set, dan Oshtur. Gaea lahir sebagai dewi yang penuh kasih sayang termasuk pada dewa-dewa lain, sebaliknya Chthon merupakan makhluk berhati dingin yang dipenuhi kegelapan.

Gaea sempat khawatir para Elder Gods akan mengancam evolusi makhluk hidup, lalu ia memanggil Demiurge dan menghasilkan seorang anak, bernama Atum atau yang biasa disebut Demogorge, the God-Eater.

Beberapa Elder Gods berhasil dihisap oleh Demogorge, the God-Eater, tetapi Chthon dan Set berhasil melarikan diri ke dimensi lain.

3. Menciptakan Flickering Realms Dimension

Chthon (dok. MCU)

Untuk menghindari Demogorge, the God Eater, Chthon berusaha untuk berpindah tempat ke berbagai planet. Namun, ia merasa bahwa hal tersebut tidak dirasa aman, sehingga ia menciptakan sebuah dimensi Flickering Realms Dimension.

Chthon juga sempat meninggalkan salah satu bagain dirinya, di tembok gunung Wundagor, yakni kitab Darkhold yang penuh mantra kejahatan dan bahaya.

4. Menciptakan kitab Darkhold

Scarlet Witch dengan kekuatan dari Darkhold (dok. MCU)

Chthon menciptakan mantra sihir gelap Darkhold di sebuah dinding kastil yang terdapat di gunung Wundagore. Ia menciptakan mantra sihir ini karena terancam dengan keberadaan Demogorge, the God Eater.

Kitab ini memiliki kemampuan yang dapat mencuri jiwa penggunanya. Saat digunakan, secara tidak langsung, orang tersebut menjual jiwanya kepada Chthon.

Baca Juga: 10 Fakta Mumen Rider One Punch Man, Pahlawan Bersepeda!

5. Memahat Darkhold di Gunung Wundagore

Kastil Darkhold (dok. MCU)

Bagi kamu yang sudah menonton Doctor Strange 2, pasti kamu pernah melihat Gunung Wundagore yang di atasnya memiliki kastil.

Kastil tersebut merupakan tempat Chthon menyimpan mantra-mantra Darkhold sebelum pergi dimensi Flickering Realms Dimension untuk menghindari kejaran Demogorge, the God Eater.

6. Dapat memengaruhi tubuh manusia

Scarlet Witch dengan kekuatan dari Darkhold (dok. MCU)

Dengan Darkhold, Chthon dapat memengaruhi tubuh manusia dengan beberapa ritual yang dilakukan manusia. Chthon memberikan sedikit kekuatannya pada manusia yang melakukan ritual tersebut.

Chthon merupakan dewa yang memiliki kekuatan yang mengerikan dan pengetahuan yang sangat luas. Hal ini tentu berasal dari asal-usulnya yang menjadi The Elder Gods.

7. Chthon dapat berpindah-pindah dimensi

Scarlet Witch dengan kekuatan dari Darkhold (dok. MCU)

Salah satu ilmu sihir yang dimiliki Chthon adalah berpindah dimensi dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya. Hal ini juga bisa kamu lihat saat di film Doctor Strange 2, saat Scarlet Witch menggunakan kitab Darkhold untuk bertemu dengan kedua anaknya.

Chthon juga dapat melumpuhkan manusia secara mental atau spiritual dengan ilmu hitamnya. Cukup mengerikan, ya?

Nah, itu dia fakta Chthon Marvel, sang pencipta Darkhold yang kitabnya muncul di dalam film Doctor Strange 2. Sangat menyeramkan, ya?

Baca Juga: 5 Fakta Ratu Felisha, Pemeran Tari di Film Pengabdi Setan