TUTUP

11 Musuh Doctor Strange Terkuat Versi Komik! Ada Shuma-Gorath

Banyak yang bikin Doctor Strange kewalahan

Berkat kesuksesannya di MCU, kini nama Doctor Strange semakin populer dibanding sebelumnya. Dalam filmnya sendiri, Doctor Strange pernah berhadapan dengan berbagai macam musuh hebat seperti Thanos, Kaecilius dan terbaru Scarlet Witch. 

Sedangkan dalam versi komiknya, Doctor Strange memiliki beragam musuh yang beberapa diantaranya adalah penjahat paling kuat di seluruh alam semesta Marvel. Berikut kami tampilkan musuh Doctor Strange terkuat yang mungkin belum kamu ketahui.

Yang perlu diperhatikan: 11 nomor ini tidak berurutan. 

1. Scarlet Witch

Dok. Marvel Comics

Kalau di komik, salah satu momen Strange melawan Wanda adalah di Avengers Disassembled #4

Banyak hero mencoba menghadapi Wanda, namun kekuatan Wanda di situ berhasil merepotkan para hero. Pada akhirnya Strange adalah yang mampu melawan Wanda.

Dengan Eye of Agamotto, Strange pun berujung bisa mengalahkan Wanda. 

Baca Juga: Review The Black Phone, Film Thriller dari Sutradara Doctor StrangeĀ 

2. Satannish

Satannish (Marvel/ Satannish)

Sebagai salah satu entitas iblis paling kuat di alam semesta Marvel, Satannish adalah ancaman terparah yang telah ditangani beberapa kali oleh Doctor Strange. Karakter satu ini memulai debutnya di komik Doctor Strange #174 sebagai iblis ciptaan Dormammu. Lalu di edisi komik berikutnya, Satannish membentuk kelompok sekte pemujanya bernama Sons of Satannish yang menyerang Doctor Strange dan menculik pacarnya, Clea.

3. Dweller-in-Darkness

Dweller in Darkness di komik. (Dok. Marvel Comics)

Di film, Dweller-in-Darkness adalah musuh Shang-Chi.

Padahal kalau di komik makhluk ini adalah musuh Doctor Strange.

Dia juga ancaman yang cukup berbahaya! 

4. Umar

Umar (Marvel/ Umar)

Debut di komik Strange Tales #150, Umar adalah penguasa kegelapan yang diciptakan oleh Faltine, makhluk yang seluruhnya terdiri dari sihir murni. Umar diceritakan sebagai saudara kembar dari Dormammu yang diusir dari dimensi mereka dan jatuh ke dimensi gelap. Walaupun tidak sekuat Dormammu, karakter ini dianggap sebagai salah satu pengguna sihir Marvel yang paling hebat

5. Kaluu

Kaluu (Marvel/ Kaluu)

Sebagai ciptaan asli dari Dennis O’Neil, karakter satu ini memulai debutnya di komik Strange Tales #147 pada tahun 1966. Ia lahir di sebuah kota pegunungan Tibet lebih dari 500 tahun lalu dan menjadi teman masa kecil The Ancient One. Suatu hari ia diajari tentang mantra dari Darkhold yang membuatnya tamak sehingga menginginkan kendali penuh atas pikiran orang-orang.

6. Baron Mordo

Baron Mordo (Marvel/ Baron Mordo)

Memulai debutnya di komik Strange Tales #111 pada tahun 1963, Baron Mordo adalah musuh lama dari Doctor Strange. Keduanya pertama kali bertemu ketika berlatih dibawah ajaran The Ancient One untuk menjadi ahli seni mistik. Namun keduanya terlibat konflik ketika Doctor Strange mengetahui rencana Mordo yang ingin membunuh The Ancient One dan menggantikan posisinya sebagai Sorcerer Supreme.

7. Nightmare

Nightmare (Marvel/ Nightmare)

Nightmare dikenal sebagai entitas jahat yang dapat merasuki jiwa manusia dan menyiksa mereka secara mental dengan mimpi buruk. Doctor Strange sendiri sebenarnya bukanlah satu-satunya makhluk yang disiksa oleh Nightmare, melainkan sebelumnya ada Spider-Man dan Hulk.

8. Mephisto

Mephisto (Marvel/ Mephisto)

Mephisto adalah iblis yang menguasai dimensi realitas yang ia anggap neraka. Memulai debutnya di komik Silver Surfer #3, Mephisto sering dinilai sebagai ancaman mengerikan di alam semesta Marvel. Seiring dengan munculnya edisi baru di komiknya, Mephisto kerap terlibat konflik dengan sang Sorcerer Supreme, Doctor Strange.

9. Doctor Doom

Doctor Doom (Marvel/ Doctor Doom)

Victor Von Doom alias Doctor Doom adalah salah satu penjahat Marvel yang paling terkenal di dunia. Selain pernah melawan banyak pahlawan seperti Fantastic Four dan Iron Man, Doom juga mendatangkan malapetaka pada kehidupan Doctor Strange. Ia terobsesi dengan kemampuan sihirnya dan ingin membuktikan dirinya sebagai penyihir paling hebat.

10. Dormammu

Dormammu (Marvel/ Dormammu)

Sempat muncul di film Doctor Strange, Dormammu adalah salah satu entitas iblis paling kuat di alam semesta Marvel. Di komiknya ia digambarkan sebagai sosok yang memiliki kemampuan hebat, mulai dari penggunaan tongkat sihir sampai bertarung dengan tangan kosong. Selain Doctor Strange, sangat sedikit makhluk di alam semesta Marvel yang bisa menandingi level kekuatan Dormammu.

11. Shuma-Gorath

Shuma-Gorath/ Gargantos (Marvel/ Shuma-Gorath/ Gargantos)

Musuh Doctor Strange terkuat urutan 11 adalah Shuma-Gorath. Di komiknya, Shuma-Gorath adalah dewa tua penguasa ratusan alam dengan kekuatan yang sangat dahsyat. Dia adalah musuh yang sangat merepotkan. 

Itulah 11 musuh Doctor Strange terkuat versi komik yang wajib kamu ketahui. Dari deretan nama diatas, mana menurutmu karakter yang paling kuat?

Baca Juga: Potret Anggota Illuminati di Doctor Strange 2!