Kenapa Pengorbanan James Potter Tidak Melindungi Lily dan Harry?

Padahal James Potter juga bermaksud melindungi keluarganya

Kenapa Pengorbanan James Potter Tidak Melindungi Lily dan Harry?

Seperti yang kita semua ketahui, James dan Lily Potter harus mengalami kematian sadis di tangan Voldemort saat melindungi Harry Potter yang masih bayi. Pengorbanan yang dilakukan oleh James dan Lily Potter memang sukses melindungi Harry dari kematian.

Di saat pengorbanan Lily Potter dapat melindungi Harry Potter semasa hidupnya, lantas kenapa pengorbanan James Potter tidak dengan melindungi Lily dan Harry? Padahal James Potter adalah orang pertama yang menghadapi Voldemort di peristiwa tersebut.

Mari kita simak teori yang dapat menjawab pertanyaan tersebut!

1. Pengorbanan di dunia sihir

Kenapa Pengorbanan James Potter Tidak Melindungi Lily dan Harry?dok. Warner Bros/Harry Potter

Di dunia sihir Harry Potter, pengorbanan yang didasari dengan cinta adalah mantra pertahanan terkuat yang tidak dapat dikalahkan. Jika seseorang berkorban untuk satu orang atau lebih dan didasari oleh cinta yang sangat dalam, maka seseorang yang menerima pengorbanan tersebut akan terlindungi dari bahaya semasa hidupnya. Pengorbanan yang didasari cinta ini juga dapat membuat mantra mematikan seperti Avada Kedavra tidak mempan, atau berbalik arah.

2. Pengorbanan Lily Potter yang tetap melindungi Harry semasa hidupnya

Kenapa Pengorbanan James Potter Tidak Melindungi Lily dan Harry?dok. Warner Bros/Harry Potter

Oleh karena itu, pengorbanan Lily Potter terhadap Harry Potter selalu mengikuti sejak Harry kecil hingga dewasa. Hal itu terjadi karena cinta yang Lily berikan kepada Harry adalah cinta seorang Ibu yang sangat dalam. Terbukti, Harry terlindungi dari segala bahaya, bahkan terlindungi dari Voldemort. Jika seperti itu, lantas kenapa pengorbanan James Potter tidak dengan melindungi Lily dan Harry?

3. Alasan sebenarnya kenapa pengorbanan James tidak melindungi Lily dan Harry

Kenapa Pengorbanan James Potter Tidak Melindungi Lily dan Harry?dok. Warner Bros/Harry Potter

Sesampainya Voldemort di kediaman keluarga Potter, James Potter adalah orang pertama yang menghadapinya, namun sayangnya, James tidak membawa tongkat sihirnya dan nyawanya hilang begitu saja di tangan Voldemort. Setelah itu Voldemort berhadapan dengan Lily Potter yang melindungi Harry. Voldemort sempat meminta Lily untuk pergi agar ia dapat membunuh Harry dengan mudah. Tetapi Lily sebagai seorang Ibu tidak meninggalkan anaknya begitu saja. Akhirnya, Lily juga mati begitu saja di tangan Voldemort, tetapi mantra yang Voldemort layangkan justru berbalik kearahnya dan juga kearah Harry. Hal ini membuat Harry memiliki bekas luka yang ikonik dan juga membuat Voldemort memiliki hubungan jiwa dan pikiran dengan Harry Potter.

Ada teori yang dapat menjadi jawaban kenapa pengorbanan James tidak melindungi Lily dan Harry. James Potter memang ditakdirkan untuk mati, karena Voldemort tidak memberikan dirinya kesempatan untuk memiliki pilihan seperti halnya Voldemort memberikan Lily pilihan untuk pergi dari hadapannya sebelum akhirnya membunuhnya juga. Snape ternyata meminta kepada Voldemort untuk mengampuni nyawa Lily Potter, dan Voldemort menerima hal tersebut. Namun, hal tersebut tentu tidak dapat ditepati karena Lily menghalangi usaha Voldemort untuk membunuh Harry.

James Potter tidak memiliki kesempatan untuk mendapat pilihan di momen tersebut, jadi pengorbanannya tidak dapat melindungi Lily dan Harry. Namun, Lily bersikeras untuk menghalangi Voldemort saat dirinya sudah memberikan pilihan, tetapi Lily tetap memilih untuk mati, dan sejak saat itu, pengorbanan Lily yang didasari cinta yang sangat dalam selalu mengiringi Harry semasa hidupnya.

Itu dia teori dari pertanyaan kenapa pengorbanan James Potter tidak melindungi Lily dan Harry. Gimana menurutmu?

Penulis: Zaki Narayan Satria

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut: 

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 8 Karakter Harry Potter yang Bernasib Sial dan Kurang Beruntung

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU