TUTUP

4 Kartun Mirip Upin & Ipin Terbaik, Menghibur dan Mendidik!

Ada animasi asal Indonesia juga, lho!

Upin & Ipin adalah serial animasi anak asal Malaysia yang diproduksi oleh Les' Copaque Production. Diciptakan oleh H. Burhanuddin Radzi dan Hj. Ainon Ariff, animasi ini sukses tampil sebagai salah satu pelopor kartun 3D pertama di Negeri Jiran tersebut.

Pertama kali tayang pada 14 September 2007 lalu, Upin & Ipin berangkat sebagai acara tv spesial bulan Ramadan yang awalnya punya segala keterbatasan dari segala aspek, terutama dana dan waktu. Namun, siapa sangka bahwa animasi ini mendapatkan sambutan hangat dari para pemirsanya.

Alhasil, Upin & Ipin bisa kembali hadir menyapa penggemarnya pada momen yang sama di tahun 2008, lalu pada 2009 mulai tayang secara rutin sebagai hiburan mingguan. Dengan begitu, serial ini berkesempatan untuk menyajikan cerita dengan tema yang lebih luas, tetapi tentunya tetap sarat akan pesan-pesan mendidik.

Judul Upin & Ipin sendiri mengacu pada 2 bocah kembar identik yang tampil sebagai protagonis utama cerita. Upin dan Ipin menjalani kesehariannya di Kampung Durian Runtuh dengan belajar dan bermain bersama teman-teman sebayanya.

Popularitas Upin & Ipin saat ini memang tak perlu dipertanyakan. Tak hanya di Malaysia dan Indonesia, serial ini pun juga cukup populer di Singapura dan Brunei Darussalam. Namun, faktanya, ada animasi lain yang sebenarnya tak kalah berkualitas dan menjanjikan.

Nah, inilah deretan rekomendasi kartun mirip Upin & Ipin terbaik yang wajib kamu tonton!

1. Pada Zaman Dahulu

dok. LCP/ Pada Zaman Dahulu

Lahir dari studio yang sama dengan Upin & Ipin, Pada Zaman Dahulu merupakan karya animasi CGI kedua persembahan Les' Copaque Production. Serial animasi satu ini juga tayang di stasiun tv swasta MNCTV sejak tahun 2012 silam.

Ceritanya berpusat pada karakter kakak dan adik yang berasal dari kota, yakni Aris dan adik perempuannya yang bernama Ara. Keduanya dititipkan bersama nenek dan kakeknya selama kedua orang tua mereka pergi ke luar negeri.

Oleh sang kakek yang biasa dipanggil Aki, Aris dan Ara akan diceritakan berbagai macam dongeng tentang Si Kancil dan teman-temannya.

Oh iya, karakter Ara ini juga beberapa kali muncul sebagai cameo dalam kartun Upin & Ipin, lho!

2. Adit & Sopo Jarwo

dok. MD Animation/ Adit & Sopo Jarwo

Kali ini ada animasi buatan Indonesia, nih! Judulnya adalah Adit & Sopo Jarwo. Diproduksi oleh MD Animation, animasi satu ini pertama kali tayang pada 27 Januari 2014 lalu di MNCTV.

Sama halnya dengan Upin & Ipin, Adit Sopo Jarwo juga menyoroti kisah persahabatan antara anak-anak yang tinggal di suatu perkampungan. Karakter utamanya antara lain ialah Adit dan adiknya, Adelya, Dennis, Mitha, dan Devi.

Di samping itu, ada 2 karakter om-om yang seringkali hadir menjadi pengganggu, terutama bagi Adit dan Dennis. Mereka adalah Sopo yang berbadan besar, serta bosnya, yaitu Jarwo.

Baca Juga: 9 Karakter yang Berdagang di Upin & Ipin, Lebih Jago Siapa?

3. Nussa

dok. Little Giantz x 4Stripe Productions/ Nussa

Pada November 2018 lalu, yakni bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW., tayang sebuah animasi bertajuk Nussa melalui kanal YouTube resminya. Animasi tersebut sontak menerima respons positif dari banyak pengguna YouTube, bahkan menjadi trending topic.

Kemudian, pada tahun berikutnya, Nussa pun mulai hadir di sejumlah stasiun TV, mulai dari NET, Indosiar, MQTV, Trans TV, hingga RTV. Bahkan, animasi ini juga pernah tayang di Malaysia, tepatnya di saluran berbayar bernama Astro Ceria.

Nussa bercerita tentang Nussa dan Rara yang merupakan kakak adik. Sang kakak, Nussa, merupakan bocah laki-laki 9 tahun yang memiliki keterbatasan fisik. Namun, dia punya mimpi untuk menjadi seorang astronot dan hafiz Qur'an.

Sementara itu, Rara adalah anak perempuan berusia 5 tahun yang pemberani, riang, dan memiliki imajinasi yang tinggi.

4. Keluarga Somat

dok. PT. Animasi Kartun Indonesia/ Keluarga Somat

Masih dari Indonesia, kartun mirip Upin & Ipin selanjutnya datang dari PT. Animasi Kartun Indonesia, yakni Keluarga Somat.

Pertama kali tayang pada Juni 2013 lalu, Keluarga Somat bercerita tentang keseharian Keluarga Somat yang terdiri dari Pak Somat yang merupakan karyawan pabrik, Bu Inah, serta kedua anak mereka, yaitu Dudung dan Ninung.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kartun mirip Upin & Ipin terbaik yang tak kalah menghibur dan juga mendidik. Selamat menonton!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 6 Episode Tersedih di Upin & Ipin, Bikin Penonton Tersentuh!