TUTUP

5 Kehebatan Azula di Serial Avatar Aang! Penakluk Ba Sing Se

Pernah menaklukkan Ba Sing Se tanpa perlu perang

Untuk penjahat di serial Avatar Aang, Azula lebih terasa sebagai ancaman untuk Tim Avatar ketimbang Ozai. Ozai baru melawan Aang langsung di akhir serial. Azula? Sejak awal season 2, dia menjadi pemburu yang lebih efektif ketimbang Zuko atau Zhao.

Yang jadi masalah bagi Aang, Azula ini sangat berbakat untuk pengendalian api dan juga pemikir yang cerdik. Ia pun jadi ancaman yang bisa mengungguli Tim Avatar dari segi taktik maupun kekuatan.

Apa saja sih kehebatan Azula di serial Avatar Aang? Ini lima contohnya! 

1. Satu dari sangat sedikit pengendali api yang bisa pengendalian petir juga

Nickelodeon/Avatar: The Last Airbender

Pengendalian petir adalah cabang dari pengendalian api. Namun bahkan tak semua ahli pengendalian api bisa melakukan teknik ini.

Di seri Avatar Aang, Zuko dan Jeong Jeong yang jago saja tak bisa melakukan pengendalian petir. Hanya Azula, Iroh, dan Ozai yang dapat melakukannya. Ozai dan Iroh adalah dua pengendali api terhebat di dunia, dan kemampuan ini memberi indikasi Azula bisa saja menandingi mereka saat ia dewasa nanti.  

Baca Juga: 5 Kehebatan Toph Beifong di Serial Avatar Aang! Earthbender Terkuat?

2. Pernah menaklukkan Ba Sing Se tanpa perlu perang

Nickelodeon/Avatar: The Last Airbender

Ba Sing Se adalah kota yang sukar ditembus. Terlindung oleh tembok tinggi dan kokoh, itu adalah wilayah teraman Kerajaan Bumi selama Perang Seratus Tahun.

Iroh sang Naga dari Barat adalah sosok yang hampir menaklukkan Ba Sing Se lewat perang. Tapi itu pun Iroh akhirnya mundur setelah perang berujung merengut nyawa Lu Ten, putranya.

Azula? Dia dapat menyelinap ke Ba Sing Se memanfaatkan penyamaran sebagai Pejuang Kyoshi. Lalu ia memanfaatkan Dai Li untuk mengkudeta pemerintahan Raja Bumi Kuei dan menyingkirkan para panglimanya. 

Saat Long Feng ingin mengkhianati Azula, Dai Li malah tidak mematuhinya. Dai Li kemudian dikuasai Azula, hingga tiba saatnya season 3 di mana masalah paranoia Azula membuat ia menyingkirkan sekutu-sekutunya. 

3. Memiliki api biru

Nickelodeon/Avatar: The Last Airbender

Api biru Azula ini sangat langka. Bahkan Iroh dan Ozai pun warna apinya masih normal. 

Api biru dikatakan lebih panas dari api jingga. Tampaknya, orang biasa pun tak bisa sembarangan memiliki teknik ini. Karenanya sekedar bisa membuat api biru, sementara di masa kecilnya api Azula masih normal, menunjukkan prestasi Azula. 

4. Pernah nyaris mengakhiri siklus Avatar

netflix.com/Avatar: The Last Airbender

Azula pernah menyerang Aang saat dia sedang dalam Avatar State. Serangan itu fatal dan Aang nyaris mati. Kalau saja Katara tidak menyimpan air khususnya, Aang mungkin sudah mati beneran saat itu.

Jika Aang mati saat itu, maka siklus Avatar berakhir sudah. Negara Api sudah menang dari season 2.  

Walaupun kemudian Aang hidup lagi, sekedar benar-benar hampir mengakhiri siklus Avatar saja sudah prestasi tersendiri bagi gadis ini. 

5. Semua prestasi di atas dicapai Azula dalam usia 14 tahun saja

Nickelodeon/Avatar: The Last Airbender

Tapi yang paling mencengangkan dari Azula sih, di seri animasi Avatar Aang dia ini baru 14 tahun. Meski begitu dia sudah jadi penakluk Ba Sing Se, bisa pengendalian petir, dan juga punya api biru yang unik. 

Jadi penasaran juga sebenarnya gimana nasib Azula. Terakhir terlihat di Smoke and Shadow, dia masih berpotensi akan berulah lagi. 

Itulah lima kehebatan Azula di serial Avatar Aang. Gimana menurut kamu?

Diterbitkan pertama 10 Juli 2020, diterbitkan kembali 9 April 2024. 

Baca Juga: Kalau Ada, Ini 5 Hal yang Bisa Menyulitkan Penerus Avatar Korra!