TUTUP

Teori: Mungkinkah The Elder JW 3 Masih Hidup di John Wick 4?

Penggantinya sendiri sudah memberi petunjuk

Seperti yang kita tahu, The Elder yang muncul di John Wick 3 dikonfirmasi telah digantikan oleh orang baru yang muncul di bagian awal sekuel keempatnya. Dari situ, banyak yang mengira kalau The Elder yang lama telah meninggal.

Namun, ada beberapa petunjuk yang mengisyaratkan kalau aslinya The Elder yang diperankan Saïd Taghmaoui sendiri masih hidup.

Penasaran? Berikut pembahasannya!

Baca Juga: Kenapa Tracker Membantu John Wick? Begini Situasinya!

1. Pengganti The Elder berkata bahwa cincin John hilang seperti pendahulunya

John Wick tiba di tempat yang diduga adalah kediaman The Elder ( Dok. Lionsgate / John Wick 4)

Dalam awal film, The Elder yang baru mengatakan dialognya sebagai berikut:

"Your ring is gone, like The Elder before me."

Dari perkataannya tersebut, ia seperti ingin menegaskan bahwa The Elder yang dicari Baba Yaga itu telah lenyap entah ke mana seperti cincin kawin John.

Jika memang The Elder yang lama telah meninggal, harusnya si penerus tinggal berkata "The Elder before me is gone" tanpa menyinggung cincin yang dicari John atau menggunakan kata lain yang maknanya lebih jelas.

2. Penjagaan dari pasukannya terlalu lemah

John mengejar para penunggang kuda ( Dok. Lionsgate / John Wick 4 )

Sebagai otoritas tertinggi di High Table, sudah wajar jika The Elder dilindungi oleh pasukan tangguh.

Masalahnya, pasukan The Elder yang muncul di awal film sendiri terbilang cukup lemah hingga John pun bisa menghabisi mereka tanpa banyak kesulitan.

Tidak hanya itu, jumlah mereka untuk melindungi orang nomor satu di High Table itu terbilang sangat sedikit.

Bandingkan dengan pasukan milik Marquis yang bersenjata jauh lebih lengkap dan juga memakai armor anti peluru. Jumlah mereka juga terbilang cukup banyak untuk operasi pengejaran Baba Yaga.

Jadi, kesannya pasukan The Elder yang muncul di awal film hanyalah sisa-sisa dari pasukan utamanya yang sengaja ditinggal untuk menjaga umpan mereka, The Elder yang baru.

3. Lokasi The Elder yang baru terlalu mudah ditemukan

Pemandangan momen John mengejar para anak buah The Elder ( Dok. Lionsgate / John Wick 4 )

Semua orang yang terlibat dengan High Table pasti tahu menemukan lokasi The Elder itu sangat sulit. Hanya segelintir orang yang tahu persis di mana orang itu berada seperti Berrada atau The Adjudicator.

John sendiri bisa ke tempat tersebut karena ia dibawa oleh anak buah The Elder yang menemukannya. Oleh karena itu, harusnya John tak tahu persis di mana titik lokasinya.

Jadi akan sangat aneh mengapa lokasi The Elder yang baru tiba-tiba gampang ditemukan tanpa panduan rasi bintang Canis Minor di awal sekuel keempatnya.

The Elder yang lama seolah-olah seperti ingin memancing John ke tempat yang sudah dipersiapkan dan menunjukkan bahwa semua usaha mantan pembunuh itu akan tetap sia-sia.

4. Kediaman The Elder yang baru terkesan seperti ditelantarkan

Perbandingan kediaman The Elder baru dan yang lama ( Dok. Lionsgate / John Wick 3&4 )

Selain terlalu gampang ditemukan, lokasi The Elder yang sekarang terkesan seperti ditinggalkan.

Bandingkan dengan kediaman The Elder di sekuel ketiganya. Meski sama-sama berbentuk perkemahan, milik The Elder yang lama jauh lebih lengkap dan tentu nyaman untuk ditinggali.

Bandingkan dengan kediaman The Elder baru yang sekarang cuma beratapkan langit. Jumlah perkemahannya pun jauh lebih sedikit ketimbang versi pendahulunnya tersebut.

Bisa dibilang, The Elder yang lama seperti memutuskan pergi begitu saja namun ia meninggalkan beberapa properti miliknya dan menunjuk orang baru sebagai umpan untuk menahan John Wick.

5. Alasan The Elder membawa cincin John hingga sekarang

The Elder menerima cincin John ( Dok. Lionsgate / John Wick 3 )

Buat yang mengikuti sekuel ketiganya, pasti masih ingat adegan di mana John memotong jari manisnya dan memberikan cincin kawinnya pada The Elder.

The Elder sendiri diketahui menerima cincin tersebut sebagai hadiah kesetiaan dari John. Di sekuel ke kempatnya, ia dan cincin itu menghilang. 

Masih belum jelas apa motif sesungguhnya The Elder tetap membawa benda tersebut bersama dirinya.

Namun jika kita melihat John yang menganggap betapa berharganya cincin tersebut, bisa saja The Elder sengaja melakukan hal itu sebagai bentuk siksaan psikologis.

6. Kesimpulan

The Elder memaparkan keheranannya saat melihat perjuangan John ( Dok. Lionsgate / John Wick 3 )

Dari kelima petunjuk di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kemungkinan The Elder masih hidup tidaklah nol.

Hal itu sendiri sudah lama ditunjukkan dari dialog penerusnya yang hanya mengatakan bahwa pendahulunya menghilang, bukan meninggal karena ia menyamakan kondisi The Elder lama dengan cincin John yang memang menghilang.

Jika memang The Elder lama sudah meninggal, maka penggantinya cukup mengatakan sang pendahulu sudah pergi tanpa menyinggung cincin John.

Selain dari dialog, kondisi kediaman The Elder yang baru terlihat seperti diatur untuk menyambut kedatangan John yang tak akan mendapatkan apa-apa.

Jumlah pasukan yang menjaganya juga terbilang sangat sedikit untuk penjagaan orang nomor satu di High Table tersebut.

Hanya saja untuk memastikan kebenaran tersebut, kita memang harus menunggu sampai sekuel kelimanya terkonfirmasi akan diproduksi. Itupun jika Saïd Taghmaoui kembali dilibatkan dalam proyek tersebut.

Itulah pembahasan teori kemungkinan The Elder John Wick 3 masih hidup di sekuel keempatnya.

Bagaimana pendapat kalian?

Baca Juga: Kenapa Winston Mengkhianati John Wick di JW 3? Begini Penjelasannya!