TUTUP

Sinopsis Battle of Surabaya, Sejarah Indonesia dalam Animasi

Visualisasi peristiwa bersejarah.

Battle of Surabaya adalah salah satu karya anak bangsa yang patut untuk diapresiasi. Film animasi 2D ini tayang pada tahun 2015 dengan menghabiskan dana sebanyak 15 miliar dalam proses garapannya.

Penasaran dengan isi film animasi ini? Simak sinopsisnya berikut, yuk!

1. Sinopsis Battle of Surabaya

dok. MSV Pictures/ Battle of Surabaya

Film Battle of Surabaya akan mengangkat tragedi 10 November 1945 di Surabaya, dengan berfokus pada kisah remaja bernama Musa. Musa adalah seorang tukang semir sepatu. Di samping itu, Musa juga bekerja sebagai 'kurir'.

Bukan sembarang kurir, sebab Musa harus kehilangan harta benda bahkan orang tersayang demi pekerjaan mulianya tersebut. Bagaimana perjuangan Musa demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia?

Baca Juga: 7 Tokoh Anime Lain yang Bisa Kalahkan Cosmic Fear Garou One Punch Man

2. Pengisi suara

dok. MSV Pictures/ Battle of Surabaya

Sederet artis kenamaan Indonesia turut serta dalam garapan film animasi ini. Mereka adalah Reza Rahardian dan Maudy Ayunda yang masing-masing mengisi suara karakter Danu dan Yumna. Sementara itu, suara karakter Musa sendiri diisi oleh Ian Syahbani.

Kemudian, pengisi suara lain yang juga ikut berkecimpung di antaranya ada Jason William (Kapten John Wright), Tanaka Hidetoshi (Kapten Yoshimura), Patrick (Ploegman), Alejandro Esteban (A.W.S. Mallaby), Sana Hamada (Kioko), Vanhoebrouck Patrick Bernard (P.J.G. Huijer), Marco (Abdan), Khairi Van Bastern (George Van Der), dan masih banyak lagi.

3. Peraih penghargaan 'Best Animation'

dok. MSV Pictures/ Battle of Surabaya

Film animasi 2D garapan MSV Pictures ini berhasil menyabet banyak awards, salah satunya yaitu sebagai 'Best Animation' pada bermacam-macam ajang Festival Film Internasional. Battle of Surabaya juga berhasil masuk nominasi dalam berbagai kategori pada banyak ajang penghargaan.

Film Battle of Surabaya yang digarap oleh Aryanto Yuniawan selaku sutradara sekaligus penulis naskah bersama M. Suyanto berhasil menarik banyak respons positif sejak penayangan perdananya, yaitu 20 Agustus 2015.

Itulah sinopsis dan seputar informasi mengenai film animasi 2D karya bangsa, Battle of Surabaya. Perlu diingat, meskipun cerita yang diangkat dalam film ini berdasarkan peristiwa bersejarah yang pernah terjadi, tetapi tetap ada bumbu fiktif yang ditambahkan sebagai pendukung cerita.

Baca Juga: Rekomendasi 14 Film Pahlawan Indonesia, Tumbuhkan Semangat Juang