TUTUP

Urutan Film DC Universe Sesuai Kronologi Cerita 

Dimulai saat Perang Dunia I, lho!

Seperti yang kita tahu, DC merupakan salah satu penerbit karakter superhero ikonik terbesar di dunia. Karakter-karakter itu pun telah dibuatkan filmnya dan tergabung dalam semesta DC Extended Universe (DCEU)

Namun, film-film dari DC tersebut ternyata tidak semuanya termasuk dalam DCEU. Hanya beberapa film yang memiliki konektivitas satu sama lain dan tidak berdiri sendiri. Untuk kalian yang baru ingin mengikuti film-film DC, berikut kami tampilkan urutan film DC Universe yang benar sesuai kronologi cerita agar kalian tidak kebingungan.

Sekali lagi: ini berdasarkan kronologi waktu di dalam filmnya, bukan berdasar tanggal rilis film. 

1. Wonder Woman (2017)

cbr.com

Urutan film DC Universe yang pertama ada film solo superhero Wonder Woman yang rilis pada tahun 2017. Dengan berlatar pada Perang Dunia I, Wonder Woman dianggap sebagai film pertama dari semesta DC Extended Universe (DCEU). Filmnya sendiri mengisahkan petualangan Wonder Woman dalam mencari musuh bebuyutannya, Ares. 

2. Wonder Woman 1984 (2020)

comicbook.com

Urutan selanjutnya masih berfokus pada kisah Wonder Woman yang kini memiliki sekuel dengan judul Wonder Woman 1984. Sesuai judulnya, film ini berlatar tahun 1984 atau tepatnya saat masa perang dingin. Di sekuelnya ini, Wonder Woman berhadapan dengan seorang supervillain bernama Barbara yang bekerjasama dengan pebisnis jahat, Maxwell Lord.

3. Man of Steel (2013)

variety.com

Urutan film DC Universe ke-3 ada film Man of Steel yang dirilis pada tahun 2013. Meskipun rilis di awal, namun dalam semesta DCEU film ini berlatar setelah peristiwa Wonder Woman 1984. Film ini menjadi awal kemunculan dari Superman di DCEU yang memiliki identitas sebagai Clark Kent.

4. Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Cuplikan film Batman v Superman: Dawn of Justice (dok. Warner Bros/ Batman v Superman: Dawn of Justice)

Berlatar tepat setelah peristiwa Man of Steel, film selanjutnya adalah Batman v Superman: Dawn of Justice yang mengisahkan konflik antara dua superhero paling ikonik. Di film ini kedua superhero tersebut termanipulasi oleh jenius psikopat, Lex Luthor yang memang ingin memisahkan keduanya. 

5. Suicide Squad (2016)

rainbowfest.altervista.org

Baca Juga: Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilis

Berbeda dengan karakter-karakter superhero sebelumnya, di urutan ke-5 ini DC memperkenalkan tim antihero unik bernama Suicide Squad. Mereka adalah sekumpulan kriminal psikopat yang dibentuk oleh Amanda Waller, seorang agen pemerintah. Tujuan dari dibentuknya tim tersebut adalah untuk mengantisipasi kemunculan makhluk kuat yang bisa mengancam manusia.

6. Harley Quinn: Birds of Prey (2020)

facebook.com/BirdsOfPreyMovie

Setelah melakukan debutnya di film Suicide Squad, Harley Quinn yang tergabung dalam tim tersebut akhirnya merilis film solo. Di film solonya ini ia menjalin hubungan pertemanan dengan bocah bernama Cassandra Cain yang merupakan buronan penjahat, Roman Sionis. Demi melindungi Cassandra, Quinn pun bergabung dengan antihero perempuan lainnya untuk melawan Sionis beserta anak buahnya.

7. Justice League (2017)

cbr.com

Kembali ke kisah petualangan para superhero, DC pun merilis film berjudul Justice League yang berlatar 2 tahun setelah peristiwa Superman v Batman. Dengan tidak adanya lagi Superman setelah tewas di Dawn of Justice, kini Batman dan Wonder Woman harus mengumpulkan superhero lain untuk melawan alien yang menginvasi bumi. Dalam pertarungan sengit itu, The Flash, Aquaman dan Cyborg bergabung dan menghadapi ancaman tersebut bersama-sama.

8. Aquaman (2018)

Aquaman di DC Comics. (Dok. Warner Bros/DC Comics)

Urutan film DC Universe selanjutnya ada film solo Aquaman yang sebelumnya ikut terlibat di peristiwa Justice League. Di film ini Aquaman terlibat konflik dengan kakak tirinya sendiri, Orm, yang sangat berambisi untuk menghancurkan daratan. Hal itu dikarenakan Orm menganggap manusia telah mencemari laut, tempat ia dan pasukannya tinggal.

9. Shazam! (2019)

theverge.com

Urutan film DC Universe yang terakhir ada film berjudul Shazam! yang pertama kali tayang pada 2019 kemarin. Berbeda dengan film-film sebelumnya, film superhero ini sangat kental dengan komedinya. Filmnya sendiri mengisahkan seorang bocah bernama Billy Batson yang dipilih oleh seorang penyihir untuk menjadi seorang superhero dengan kekuatan yang luar biasa.

Demikianlah urutan film DC Universe yang benar sesuai kronologi cerita yang termasuk dalam semesta DCEU. Film-film diatas adalah film yang memiliki keterkaitan dengan film lain, meskipun DC sendiri memiliki banyak film yang tidak termasuk dalam semesta DCEU atau berdiri sendiri. Jadi diantara film di semesta DCEU, mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 4 Kelemahan Film DC yang Membuatnya Terasa Kurang Bagi Penggemar