Jangan Tertukar, Ini Bedanya Mythical Zoan dan Ancient Zoan One Piece!

Masih ada yang salah paham!

Jangan Tertukar, Ini Bedanya Mythical Zoan dan Ancient Zoan One Piece!

Meski sama-sama Zoan istimewa, tapi Ancient Zoan dan Mythical Zoan sama sekali berbeda! Bedanya apa? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

1. Apa itu Ancient Zoan?

Jangan Tertukar, Ini Bedanya Mythical Zoan dan Ancient Zoan One Piece!crunchyroll.com/One Piece

Buah Iblis Ancient Zoan merupakan salah satu cabang dari kelompok buah Zoan. Seperti namanya, Ancient Zoan mampu mengubah penggunanya jadi hewan yang pernah hidup di masa lalu!

Contoh Buah Iblis Ancient Zoan yang sudah muncul sejauh ini semuanya ada dalam kelompok Kaido dan sebagian besar memiliki kekuatan dinosaurus.

Dari 5 pengguna Ancient Zoan yang sudah diperlihatkan, 4 di antaranya adalah dinosaurus dan yang 1 adalah Mammoth.

Berhubung kebanyakan kekuatan Ancient Zoan berasal dari hewan raksasa, pengguna Ancient Zoan sejauh ini diperlihatkan memiliki kekuatan fisik yang lebih besar daripada Zoan biasa.

Tak heran, Ancient Zoan disebut-sebut lebih langka daripada Zoan biasa!

2. Apa itu Mythical Zoan?

Jika Ancient Zoan berasal dari hewan yang pernah ada di masa lalu, Mythical Zoan ini berasal dari hewan yang bahkan tidak pernah ada!

Namanya saja Mythical Zoan, tentunya sumber kekuatan mereka adalah hewan-hewan mitologi. Namun agak berbeda dengan Zoan yang lain, Mythical Zoan memberikan kekuatan tambahan selain bertransformasi!

Seperti Marco misalnya. Tak cuma berubah jadi Phoenix, Marco juga memiliki kekuatan regenerasi dengan menghasilkan api biru dari tubuhnya!

Meski begitu, kekuatan-kekuatan tambahan yang didapatkan pengguna Mythical Zoan hanya bisa digunakan jika mereka berubah sebagian atau seluruhnya menjadi hewan tersebut.

Sampai sekarang baru ada 5 orang yang ditunjukkan memiliki kekuatan Mythical Zoan. Wajar saja, Mythical Zoan dibilang lebih langka dari Logia!

Baca Juga: Ini Dia 5 Pasangan One Piece yang Mungkin Bakal Jadian!

3. Lalu apa bedanya Mythical Zoan dan Ancient Zoan?

Jangan Tertukar, Ini Bedanya Mythical Zoan dan Ancient Zoan One Piece!onepiece.fandom.com

Seperti yang sudah diulas dalam penjelasan sebelumnya, ada beberapa hal yang jelas membedakan Ancient Zoan dan Mythical Zoan.

Perbedaan yang pertama, kekuatan Ancient Zoan berasal dari hewan yang benar-benar ada di zaman dahulu. Sementara Mythical Zoan, sumber kekuatannya adalah hewan yang tak pernah ada atau tidak muncul secara alami!

Tapi bukankah dinosaurus masih ada di Little Garden? Lalu bagaimana dengan Kaido? Bukankah naga betulan ada di dunia One Piece?

Little Garden ini bisa dibilang pengecualian karena Little Garden memiliki alur waktu yang agak berbeda, tapi bisa dilihat bahwa sebagian besar dinosaurus di dunia One Piece memang sudah punah.

Little Garden juga menegaskan kalau ya, dinosaurus memang ada di dunia One Piece

Sementara soal naga, perlu diingat bahwa naga yang muncul di dunia One Piece hanyalah naga buatan Dr. Vegapunk dan itupun berbeda wujud dengan naga Kaido.

Kemunculan naga selain itu juga hanya ada di filler anime atau dengan kata lain tidak ada dalam cerita canon yang resmi dari Oda. Kalau begitu, bisa dibilang hewan naga memang tak pernah ada di dunia One Piece!

Memang ada kisah Ryuma membunuh naga, tapi itu pun belum diketahui apakah di cerita One Piece ini si naga itu adalah hewan beneran. (Seperti di Monsters). Atau, karena Wano di One Piece beda dengan negeri yang dikunjungi Ryuma di Monsters, naga itu adalah pemakan Buah Iblis sebelum Kaido. 

Perbedaan kedua, Ancient Zoan hanya memberi kemampuan bertransformasi jadi hewan purba sementara Mythical Zoan menambahkan kemampuan lain bagi penggunanya.

Seperti Marco dengan api biru regenerasi dan Kaido dengan kemampuan shock wave miliknya, Mythical Zoan memberikan kemampuan yang unik bagi setiap penggunanya.

Jadi tak hanya berubah jadi hewan yang sesuai dengan Buah Iblis Zoan mereka, pengguna Mythical Zoan juga punya kekuatan super!

Begitulah kira-kira itu dua perbedaan penting antara Ancient Zoan dan Mythical Zoan. Apakah ada yang masih bingung? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Ada 5 Mythical Zoan yang Muncul di One Piece Sejauh Ini! Apa Saja?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU