Teori: Siapa Yonko Terlemah di One Piece?

Yonko sih, yang paling lemah juga masih jadi ancaman besar

Teori: Siapa Yonko Terlemah di One Piece?

Siapa Yonko terlemah di One Piece?

Ini pertanyaan sulit, karena para Yonko semuanya disajikan sebagai ancaman besar. Bahkan saya rasa Angkatan Laut tetap akan mengerahkan semua kekuatan mereka untuk menghadapi Yonko terlemah. 

Selain itu ada juga faktor misteri kekuatan dari Yonko seperti Shanks, yang belum diperlihatkan bertarung serius. 

Kalau kita menghitung empat Yonko dari era setelah timeskip, juga Whitebeard yang mati di Marineford, ini teori saya soal siapa Yonko terlemah di One Piece.

Catatan: untuk saat ini saya tidak menghitung Luffy. Morgans memang menyebut Luffy sebagai Kaisar Kelima, tapi dia sepertinya belum diakui seperti itu oleh Angkatan Laut dan Yonko lain. 

1. Kalau dari segi bounty, Teach adalah Yonko yang bounty-nya paling rendah

Teori: Siapa Yonko Terlemah di One Piece?Marshall D. Teach alias Kurohige. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Saat artikel ini ditulis (13/1/2022), Marshall D. Teach adalah Yonko dengan bounty paling rendah. Bounty dia adalah 2.247.600.000. Itu masih lebih tinggi dari Luffy, tapi masih lebih rendah dari para Yonko lain.

Tapi apakah itu otomatis berarti Teach adalah Yonko terlemah? Mungkin tidak. 

Bounty 2 miliar Teach ini bisa jadi lebih disebabkan karena dia adalah sosok baru, yang tadinya memiliki bounty 0 dan meroket jadi Yonko dalam waktu yang sangat singkat.

Kita juga tahu Teach itu jago menyembunyikan kekuatan dan rahasia. Saya jadi curiga bounty 2 miliar itu karena Angkatan Laut tidak sepenuhnya tahu potensi kengerian Teach. 

Dari segi kekuatan, Teach yang punya Yami Yami no Mi dan Gura Gura no Mi sekaligus bisa menciptakan kehancuran besar. Sebelum memperoleh kekuatan Buah Iblis, Teach juga dulu mampu menorehkan luka di wajah Shanks. 

Dari segi ketangguhan fisik, Teach seharusnya menderita rasa sakit lebih parah dari orang normal akibat efek Yami Yami no Mi, tapi ia selalu bisa bangkit setelah diserang, kecuali saat ia kena racun Magellan. 

Hanya saja... masalah Yami Yami no Mi membuat Teach menderita rasa sakit lebih parah dari manusia normal itu bisa jadi kelemahan tersendiri. Soalnya Big Mom dan Kaido tidak memiliki masalah tersebut, dan kita sudah melihat sendiri betapa tangguhnya mereka.

Kalau misalnya Teach dihadapkan pada situasi Kaido, dimana dia dilukai oleh Akazaya Nine, sebagian Worst Generation, serta Yamato, maka dia bisa jadi akan tumbang. Kecuali kalau dia masih punya kekuatan rahasia yang gak kita ketahui. 

Baca Juga: Teori: Menebak Kemungkinan Nasib Big Mom di Onigashima One Piece

2. Kalau kita memperhitungkan semua Yonko, maka Edward Newgate era Marineford bisa diperhitungkan lemah karena penyakitnya

Teori: Siapa Yonko Terlemah di One Piece?Whitebeard menyerang dengan menggunakan kekuatan Buah Gura Gura. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Apakah orang yang mati berdiri dengan 267 luka pedang, 152 luka tembak, dan 46 kali ditembak meriam bisa disebut sebagai Yonko terlemah?

Semasa primanya sih Edward Newgate alias Whitebeard adalah Manusia Terkuat di Dunia. Sosok yang mampu beradu kekuatan dengan Gol D. Roger sampai membuat langit belah.

Namun Whitebeard di Marineford memang terasa sudah melemah dibanding masa primanya.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah kejadian di bab 568, dimana dia tiba-tiba memegangi dada dan batuk darah. 

Situasi Whitebeard itu berdampak buruk. Bukan hanya kemudian Akainu bisa menyerang Whitebeard, Marco pun jadi lengah hingga dia bisa diserang Kizaru dengan mudah. 

Whitebeard sendiri sempat tak berdaya melihat Ace hampir dieksekusi di bab 569. Untung di bab itu Haoshoku Haki Luffy masih mampu merubuhkan para algojo. 

Sementara itu, Kaido dan Big Mom tidak terlihat memiliki masalah kesehatan yang bisa mendadak menghambat mereka di tengah perang. 

3. Mihawk tak tertarik lagi duel dengan Shanks setelah Shanks kehilangan lengan

Di bab 96, Mihawk mengatakan dirinya tak tertarik menantang Shanks yang hanya memiliki satu lengan.

Itu seperti mengindikasikan Shanks dengan dua lengan dulu kekuatannya bisa jadi jauh lebih hebat dibanding dirinya yang sudah kehilangan satu lengan. 

Selain itu di antara empat Yonko orisinal (Shanks, Whitebeard, Big Mom, dan Kaido), Shanks memang punya bounty paling rendah. 

Apakah itu berarti Shanks lemah? Sebenarnya tidak juga. Kalau Shanks baru jadi Yonko enam tahun sebelum alur Wano, itu berarti dia jadi Yonko justru setelah dia kehilangan satu lengan.

Kita juga sudah melihat saat Shanks muncul di Marineford, Angkatan Laut memutuskan menghentikan perang. 

Masalahnya, Shanks ini memang masih misteri sih. Meski dia sudah muncul di bab 1, sampai artikel ini ditulis kita belum tahu kekuatan penuhnya seperti apa. 

4. Jadi, siapa Yonko terlemah?

Teori: Siapa Yonko Terlemah di One Piece?Edward Newgate sang Whitebeard di OPPW 4. (Dok. Bandai Namco/One Piece Pirate Warriors 4)

Teach bounty-nya terendah di antara para Yonko, dan dia punya kelemahan, yaitu menderita rasa sakit lebih hebat dari normal akibat efek Buah Yami Yami. Tapi sekarang dia punya kekuatan Buah Gura Gura, yang membuat potensi destruktifnya lebih ngeri. Selain itu, kekuatan Teach setelah time skip juga masih misteri.

Sementara itu di bab 96 Mihawk tak tertarik melawan Shanks yang hanya punya satu lengan, tapi saat Shanks muncul di Marineford, ia dan kelompoknya masih diwaspadai oleh Angkatan Laut. 

Untuk Shanks ini juga ada faktor misteri. Sampai Januari 2022, kita belum melihat jurus-jurus dan kemampuan bertarungnya.

Karenanya, saya merasa kalau untuk saat ini, Whitebeard era Marineford mungkin adalah Yonko terlemah. 

Terutama setelah saya melihat aksi Big Mom di Whole Cake Island hingga Wano, serta Kaido di Onigashima. Dua itu sangat kuat, sangat sulit dijatuhkan, dan tidak memiliki masalah kesehatan serius seperti Whitebeard. 

Hanya saja, seperti yang bisa kita lihat di Marineford, meski Whitebeard melemah sekalipun menjatuhkannya tetap sangat sulit.

Untuk era setelah kematian Whitebeard, Teach dengan kelemahannya akibat Buah Yami Yami terasa lebih lemah dibanding Kaido dan Big Mom. Meski begitu, seperti sudah disebutkan sebelumnya, Teach ini masih memiliki sisi misteri tersendiri, jadi kita mungkin belum melihat potensi sejatinya. 

Nah itu teori saya soal siapa Yonko terlemah di One Piece. Apa kamu setuju? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: One Piece: Ini 5 Kemiripan Luffy dan Buggy! Cocok Disebut Rival?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU