Teori: Apa yang Terjadi Kalau Aliansi Kid Dulu Jadi Melawan Shanks?

Kalau terjadi sih, Kid bakal kalah lagi dari Shanks?

Teori: Apa yang Terjadi Kalau Aliansi Kid Dulu Jadi Melawan Shanks?

Eustass Kid sempat mencoba membuat aliansi untuk melawan Shanks di One Piece. Aliansi itu tadinya terdiri dari kelompok Kid, kelompok Apoo, dan kelompok Hawkins.

Masalahnya kemudian Kaido datang di lokasi aliansi Kid. Ternyata sejak awal, Apoo sudah berafiliasi dengan Kaido. Killer dan Kid mencoba melawan tapi berujung kalah. Sementara itu Hawkins memutuskan gabung Kaido. 

Aliansi itu pun buyar sebelum terwujud. 

Nah, kita misalkan kalau aliansi Kid dulu jadi melawan Shanks. Apa yang akan terjadi? 

1. Yang terlibat dalam aliansi itu...

Teori: Apa yang Terjadi Kalau Aliansi Kid Dulu Jadi Melawan Shanks?Eustass Kid dan Scratchmen Apoo. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Seperti sudah disebutkan di atas, yang terlibat dalam aliansi Kid adalah kelompok Kid (termasuk Killer), kelompok Apoo, dan kelompok Basil Hawkins.

Ini tiga karakter dengan kekuatan yang cukup unik.

Kid sendiri kemudian terbukti bisa mengalahkan seorang Yonko, yaitu Big Mom, dengan bantuan Trafalgar Law. 

Baca Juga: 6 Worst Generation Paling Sial di One Piece! Sering Bernasib Buruk

2. Gambaran kekuatan kelompok Rambut Merah

Sebelumnya, kelompok Shanks sudah disebut-sebut di bab 957 sebagai kelompok yang tidak punya titik lemah. 

One Piece Film: Red kemudian memperlihatkan kita gambaran kekuatan banyak anggota Rambut Merah.

Bukan hanya Shanks, Beckman, Yasopp, dan Lucky Roux, tapi juga eksekutif lain seperti Hongo, Bonk Punch, Monster, Building Snake, dan Gab terlihat kuat di film itu. Demikian juga dengan anggota seperti Rockstar, yang belum jadi eksekutif. 

Jadi kelompok Rambut Merah itu memang terlihat sebagai kelompok solid, dengan kapten dan eksekutif perkasa. 

3. Gimana jadinya kalau kelompok Rambut Merah lawan Aliansi Kid?

Jujur, saya sih berpendapat Kid "beruntung" aliansi ini buyar sebelum dia melawan Shanks.

Apoo memiliki kemampuan yang sangat menarik, dan bisa saja melukai eksekutif kelompok Shanks kalau mereka lengah.

Yang jadi masalah adalah Apoo ini sosok yang gak bisa dipercaya. 

Ada momen di Onigashima ketika Apoo dan Drake melawan CP0. Apoo kemudian berujung kabur meninggalkan Drake, sementara Drake terkapar.

Saya curiga jika Apoo ikut lawan kelompok Rambut Merah, dia akan melakukan tindakan seperti itu begitu dia merasa aliansi terdesak. 

Sementara itu Hawkins....

Hawkins itu sempat dihajar beberapa kali selama alur Wano. Dia sempat kena tebasan Zoro, dimana dia selamat karena dia masih punya boneka tumbal. Dia sempat dihajar oleh Trafalgar Law, ketika stok boneka Hawkins sedang habis.

Hawkins pun kemudian berujung kalah dari Killer.

Eustass Kid dan Killer sih terasa cukup kuat. Tapi mengingat anggota lain kelompok Kid kurang menonjol, bisa jadi mereka malah akan dikeroyok kelompok Shanks jika situasinya begini.

4. Kekuatan Basil Hawkins bisa jadi faktor tak terduga?

Teori: Apa yang Terjadi Kalau Aliansi Kid Dulu Jadi Melawan Shanks?Basil Hawkins di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Pertarungan Kid dan Law melawan Big Mom membuat saya merasa kalau Kid bisa saja menang melawan Yonko, tapi dia harus didukung oleh support yang kuat.

Law sih memang kekuatannya sangat bagus untuk mendukung karakter lain dalam pertarungan.

Tapi jika Kid hanya beraliansi dengan Hawkins dan Apoo, maka yang bisa membantu Kid untuk bisa meraih kemenangan ya tarot Hawkins.

Kartu Hawkins itu soalnya memiliki beragam efek, ada yang menguntungkan ada yang merugikan.

Yang jadi masalah adalah kekuatan Hawkins ini beneran gak bisa ditebak. Jadi kalau kartu yang ditarik gak menguntungkan, aliansi justru bakal repot. 

Hawkins juga bisa menjadi bantuan besar, kalau dia secara ajaib dapat menghubungkan bonekanya dengan kelompok Rambut Merah. Saya rasa Shanks dan anak buahnya akan ragu bertarung jika Hawkins punya boneka tumbal yang terhubung ke mereka.

Meski begitu, saya curiga petarung level Yonko seperti Shanks punya cara untuk mencegah atau mengatasi trik seperti itu. 

Bahkan, kalau boneka tumbal Hawkins terhubung ke Shanks, ya Shanks atau anak buahnya tinggal menggunakan cara yang sama dengan Killer ketika Killer melawan Hawkins: serang tangan kiri Hawkins. Lengan kiri Shanks sudah lama hilang. 

5. Bakal lebih repot melawan Shanks atau Kaido?

Teori: Apa yang Terjadi Kalau Aliansi Kid Dulu Jadi Melawan Shanks?Kemunculan Shanks di One Piece 1055. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Saya sebenarnya curiga kalau dari segi ketahanan fisik, Shanks masih kalah dari Kaido.

Soalnya Shanks itu bukan pemakan Buah Iblis, sementara Kaido itu pemakan Mythical Zoan

Meski begitu... bisa jadi dari kemampuan destruktif, Shanks gak kalah dari Kaido.

Patut diperhatikan kalau Shanks tampaknya adalah salah satu bajak laut yang direspek Kaido. 

Selain itu, Shanks punya Haoshoku Haki luar biasa yang dapat mengintimidasi Ryokugyu yang seorang admiral dari jarak jauh.

Kemampuan berpedang dan kelincahan Shanks juga luar biasa.

Memang, cerita utama One Piece Film: Red mungkin tidak canon. Tapi salah satu hal menarik yang diperlihatkan di film itu adalah Shanks mampu mengimbangi kecepatan Kizaru.

Jika Shanks memang secepat dan sekuat itu, lalu dia bisa melapisi pedangnya dengan Haoshoku Haki-nya yang ngeri, maka ia bisa menjadi ancaman yang mampu mengalahkan musuh dengan sekali serang. 

Satu hal lagi: kalau Haoshoku Haki Shanks bisa mengintimidasi admiral Angkatan Laut, bukan gak mungkin seluruh anak buah Kid, Apoo, dan Hawkins yang kurang penting akan tumbang begitu Shanks mengerahkannya.

Bahkan mengingat sifat Hawkins dan Apoo, saya kok curiga jika Shanks mengerahkan Haoshoku Haki-nya secara maksimal, mereka juga bisa ikutan tumbang. 

6. Kesimpulan

Kesimpulan saya: mungkin Kid sebenarnya beruntung aliansi ini gak jadi melawan Shanks.

Hawkins dan Apoo sepertinya bukan sekutu yang cocok untuk menghadapi mereka.

Saya sih merasa kalau Kid ingin menang dari Shanks, maka dia harus beraliansi antara dengan Kurohige atau dengan aliansi di Onigashima, yaitu dia, Topi Jerami, Trafalgar Law. Worst Generation lain kelompoknya terasa kurang.

Nah itu analisis saya soal apa yang terjadi kalau aliansi Kid dulu jadi melawan Shanks.

Gimana menurutmu?

Baca Juga: Peringkat 6 Mantan Anggota Rocks Terkuat di One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU