TUTUP

18 Urutan Kejadian Perang Dunia Ninja Keempat di Naruto!

Dimulai dari Tobi dan diakhiri kemunculan Kaguya!

Perang Dunia Ninja Keempat adalah perang dunia yang dampak dan skalanya terbesar di dunia Naruto, namun konflik berlangsung hanya sekitar 2 setengah hari, dari tanggal 8 Oktober dan selesai di hari ulang tahun Naruto Uzumaki, 10 Oktober.

Konflik antara Aliansi Shinobi melawan Akatsuki dan Kabuto, dengan misi melindungi Naruto dan Killer B ini berlangsung cukup alot dengan beberapa urutan kejadian.

Seperti apa urutan kejadiannya? Yuk simak berikut ini.

1. Deklarasi perang oleh Tobi dari Akatsuki

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Setelah Akatsuki mengumpulkan tujuh dari sembilan Bijuu, serta serangan yang mereka lakukan di berbagai desa, kelima desa yang diwakili kelima Kage berkumpul untuk mendiskusikan tindakan yang harus mereka lakukan dengan masalah Akatsuki ini.

Awalnya masing-masing desa bersitegang karena punya masalah personal masing-masing, namun Sasuke datang menyerang pertemuan lima Kage untuk membunuh Danzo (yang saat itu menjadi Hokage pengganti Tsunade).

Di momen ini, Tobi (Obito) yang sudah mengambil kembali Rinnegan menolong Sasuke dari para Kage dan mendeklarasikan perang. Dia akan menangkap sisa dua Bijuu (Gyuki dan Kurama) lalu menjalankan rencana Mata Bulan, dampaknya adalah kehancuran dunia ninja.

Baca Juga: 8 Karakter Naruto Terpendek, Bukan Cuma Onoki!

2. Dibentuknya Aliansi Shinobi

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Akatsuki sudah datang di pertemuan lima Kage dan mendeklarasikan perang ke semua desa, plus dampak dari rencana Akatsuki adalah hancurnya dunia ninja.

Karena itu kelima desa ninja besar yaitu Konoha, Suna, Iwa, Kiri, dan Kumo, plus Samurai dari negeri Besi membentuk kerjasama untuk mengatasi ancaman Akatsuki, melahirkan Aliansi Shinobi.

Susunan kepemimpinan Aliansi Shinobi adalah Raikage sebagai pemimpin utama aliansi, Gaara/Kazekage sebagai komandan seluruh divisi serta divisi empat.

Darui, Kitsuchi, Kakashi, dan Mifune juga pemimpin divisi lapangan, dengan Shikamaru sebagai pemimpin kedua divisi keempat setelah Gaara, Shikaku ahli strategi, Ao pemimpin divisi sensor, Shizune pemimpin divisi medis, Mei/Mizukage kapten dan pengawal Daimyo.

3. Divisi Tiga yang melawan Edo Tensei dengan Kekkei Genkai

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Divisi intel Anko disergap Kabuto, sehingga mereka butuh bantuan divisi serangan tiba-tiba yang dipimpin Kankuro.

Divisi serangan tiba-tiba justru kesulitan menghadapi Edo Tensei, karena itu Divisi Tiga yang dipimpin Kakashi datang membantu.

Edo Tensei yang hadir adalah pengguna Kekkei Genkai yaitu Haku, Pakura, Gari, lalu ada Zabuza Momochi, yang nantinya Akatsuki butuh bantuan dari Edo Tensei Tujuh Ninja Pedang dari Kiri.

4. Divisi Dua melawan 20 ribu Zetsu Putih

crunchyroll.com/naruto-shippuden

Divisi Dua yang berisi petarung jarak dekat dan dipimpin Kitsuchi dikirim ke perbatasan Kumo karena terdeteksi ada ribuan Zetsu Putih bergerak di bawah tanah. Neji, Hinata, Kurotsuchi, dan Divisi Dua lainnya melawan 20 ribu pasukan Zetsu Putih di sini.

5. Pertarungan di pesisir pantai Negera Petir

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Untuk masuk ke wilayah Kumo (dan mengambil Naruto dan Killer B), Akatsuki melalui jalur laut dan sampai di pesisir pantai Negera Petir (tempat Kumo berada).

Divisi Satu yang dipimpin Darui sudah berada di sana, sehingga mereka menghadapi Edo Tensei Asuma Sarutobi, Hizashi Hyuga, Dan Kato, Kakuzu, Kinkaku, Ginkaku, dan pasukan Zetsu Putih.

Divisi Satu tak bisa sendirian, Divisi Dua dan Divisi Empat datang membantu.

6. Pertarungan kedua di pesisir pantai Negeri Petir

crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Pertarungan di pesisir pantai Negeri Petir sudah sangat menyulitkan, namun setelah Asuma Sarutobi, Hizashi Hyuga, Dan Kato, Kakuzu, Kinkaku, dan Ginkaku berhasil ditangani Aliansi Shinobi, muncul ancaman baru.

Obito hadir dengan patung Gedo Mazo untuk mengambil Kinkaku dan Ginkaku yang punya chakra Kurama.

7. Konflik perlindungan Daimyo menutup perang hari pertama

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Mei Terumi dikirim untuk melindungi evakuasi Daimyo dari kelima negara, karena mereka adalah presiden bagi tiap desa ninja. Dalam misi ini, mereka disergap oleh Zetsu Hitam dan pasukan Zetsu Putih.

Konflik ini menutup perang hari pertama. Namun di malam harinya Aliansi Shinobi mendapatkan pesan kalau Zetsu Putih bisa menyamar jadi manusia, terjadi krisis kepercayaan.

8. Naruto dan Killer B bergabung dalam peperangan

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Sejak hari pertama, Naruto dan Killer B sudah mengetahui situasi kalau para ninja sedang berperang melawan Akatsuki demi melindungi mereka.

Tak ingin hanya menjadi beban, mereka ingin membantu meski harus melawan Raikage yang masih kolot kalau Naruto dan Killer B tidak boleh ikut perang.

9. Edo Tensei Kage terdahulu melawan Divisi Empat, Gaara, dan Onoki

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Hari kedua perang, Akatsuki meningkatkan tekanan dalam menyerang Aliansi Shinobi, dengan mengirim Edo Tensei Mu. Tahu kalau Mu akan jadi ancaman, Onoki yang merupakan murid Mu pun datang membantu.

Selain Mu, ada juga Raikage Ketiga, Mizukage Kedua, dan Kazekage Keempat yang muncul dalam wujud Edo Tensei.

10. Naruto dan Killer B vs Itachi dan Nagato

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Akatsuki mengirim dua Edo Tensei pengguna mata Dojutsu kuat, yaitu Itachi dan Nagato. Keduanya baik sebenarnya, namun dikendalikan Kabuto untuk menangkap Naruto dan B. Itachi menggunakan Kotoamatsukami untuk lepas dari ikatan Edo Tensei Kabuto.

11. Bangkitnya Madara Uchiha

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Divisi Empat, Gaara, Onoki, dan Naruto sukses menyegel beberapa Kage Edo Tensei. Namun mereka dikejutkan karena Madara bangkit dengan Edo Tensei. Lalu siapa pria bertopeng di sisi lain peperangan?

Madara sendirian sukses mengacak-acak Divisi Empat, plus Gaara, Onoki, dan Naruto.

12. Pertarungan para Jinchuriki

studio pierrot/Naruto

Tobi aktif di hari kedua untuk memburu dua Jinchuriki hidup terakhir, Naruto dan Killer B. Dia menggunakan enam Jinchuriki terdahulu dengan chakra Bijuu masing-masing.

Pertarungan skala besar pun terjadi antara para Jinchuriki dan Bijuu mereka. Di sini Naruto bertemu dan berteman dengan Bijuu lainnya.

Nantinya Kakashi dan Might Guy membantu Naruto dan Killer B.

13. Madara vs Lima Kage

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Sadar kalau Madara bukan musuh sembarangan, Aliansi Shinobi membutuhkan ninja terkuat di aliansi mereka. Karena itu A Raikage, Tsunade Hokage, dan Mei Mizukage datang membantu Gaara dan Onoki melawan Madara.

Pada akhirnya mereka berlima kalah melawan Madara.

14. Uchiha bersaudara melawan Kabuto

studio pierrot/Naruto

Itachi yang sebelumnya sudah bebas dari Edo Tensei Kabuto ingin membantu aliansi dengan cara menghentikan pengguna Edo Tensei-nya, Kabuto.

Di sini dia bertemu Sasuke. Kedua Uchiha bersaudara pun melawan Kabuto dan Edo Tensei berhasil dihentikan, sehingga semua pasukan Aliansi Shinobi unggul di berbagai lokasi, kecuali lima Kage di mana Madara bisa membatalkan Edo Tensei juga.

15. Pertarungan melawan Obito dan Madara

studio pierrot/Naruto

Obito sukses memunculkan Juubi, Madara sukses mengalahkan lima Kage, keduanya berkumpul dan menghadapi Naruto.

Di pertarungan ini, berkat Itachi yang menghentikan Edo Tensei, semua divisi ninja lainnya datang membantu Naruto, sehingga pertarungannya adalah Obito, Madara vs Aliansi Shinobi.

Di sini juga momen Obito menyerap Juubi dan menjadi Jinchuriki Kurama.

16. Empat Hokage terdahulu datang membantu, plus grupnya Sasuke

crunchyroll.com/naruto-shippuden

Setelah membantu Itachi, Sasuke berkumpul dengan tim Taka dan mereka menghidupkan Orochimaru. Dia butuh jawaban terkait desa dan Hokage, Orochimaru membantunya dengan membangkitkan keempat Hokage terdahulu.

Nantinya mereka berempat datang ke peperangan dan membantu Aliansi Shinobi melawan Obito dan Madara, menjadi keunggulan bagi Aliansi Shinobi plus Naruto.

17. Madara menjadi Jinchuriki Juubi, rencana Mugen Tsukuyomi sukses

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Obito berhasil dikalahkan, namun Madara memanfaatkan Obito untuk bangkit kembali. Setelah itu Madara menjadi Jinchuriki Juubi.

Dalam prosesnya, Madara hampir membunuh Naruto dan Sasuke, namun Obito dan Kabuto membantu. Might Guy melawan Madara tapi gagal.

Pada akhirnya perlawanan Naruto dan Sasuke gagal, Madara sukses menggunakan Mugen Tsukuyomi dan menjebak satu dunia, kecuali tim 7 yang ada di bawah perlindungan Susano'o Sasuke.

18. Pertarungan melawan Kaguya

Dok. Studio Pierrot

Semua yang dilakukan Madara ternyata untuk membangkitkan Kaguya Otsutsuki, sehingga perang terakhir melawan Kaguya.

Naruto dan Sasuke dengan bantuan chakra Hagoromo akhirnya sukses menyegel Kaguya. Hagoromo mengatakan kalau menghentikan Mugen Tsukuyomi memerlukan Naruto dan Sasuke membuat segel bersama.

Meski setelah itu Naruto dan Sasuke bertarung, tapi secara efektif perang selesai saat Kaguya disegel.

Itu dia urutan Perang Dunia Ninja Keempat di Naruto, bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Karakter yang Mati di Perang Dunia Ninja Keempat Naruto