TUTUP

Teori: Kaguya vs Isshiki Sebelum atau Sesudah Memakan Buah Chakra?

Jadi Kaguya menyerang Isshiki sudah makan Buah Chakra belum?

Ada satu momen paling besar dari cerita Boruto, yaitu terungkapnya fakta kalau Kaguya dan Isshiki dulu pernah berhubungan.

Mereka adalah partner yang mana Isshiki adalah kasta atas dan Kaguya adalah kasta bawah di mana Kaguya harusnya ditumbalkan ke Juubi, tapi dia melawan Isshiki bahkan hampir membunuhnya.

Yang jadi pertanyaan, kapan Kaguya menyerang Isshiki, sebelum atau sesudah dia memakan Buah Chakra?

1. Perbedaan kisah lama Kaguya di versi Naruto dan Boruto

crunchyroll.com/naruto-shippuden

Ada beberapa perbedaan yang terjadi di Naruto dan Boruto, terutama jika kita ingin memasukan episode filler Kaguya di anime Naruto.

Di Naruto (kita menghitung filler juga) Kaguya diceritakan datang ke Bumi di lokasi yang dekat dengan Pohon Sakral di Bumi alias Pohon Chakra. Singkat cerita dia memakan Buah Chakra dari pohon tersebut dan mendapatkan Rinne Sharingan lalu menggunakan Mugen Tsukuyomi.

Di Boruto, terungkap lebih jauh kalau Kaguya diceritakan datang bersama dengan Isshiki di mana mereka harus memanen Buah Chakra dan Kaguya sebagai kasta bawah harus ditumbalkan ke Juubi atau Pohon Chakra agar Buahnya semakin kuat. Tapi Kaguya melawan dan akhirnya memakan Buah Chakra sendiri.

2. Kalau Kaguya melawan, lalu bagaimana Buah Chakra bisa dipanen? Siapa tumbal Otsutsukinya?

crunchyroll.com/naruto-shippuden

Dijelaskan di Boruto kalau Juubi adalah benih dari Pohon Chakra. Untuk menumbuhkan Juubi menjadi Pohon, harus ditumbalkan nyawa Otsutsuki ke Juubi.

Nah kalau Kaguya awalnya direncanakan sebagai tumbal, lalu dia melawan, dan akhirnya memakan Buah Chakra sendiri, lalu siapa yang dijadikan tumbal untuk Buah Chakra yang dimakan Kaguya? Isshiki tidak mati dan tidak dijadikan tumbal, lho.

Bisa juga tujuan Isshiki dan Kaguya ke Bumi untuk menanam Pohon Chakra kedua, sehingga di rencana awalnya Isshiki harusnya memakan dua Buah Chakra, tapi tak ada buah yang kedua karena Kaguya memakan yang pertama dan melawan?

Kita tunggu saja penjelasan soal ini agar tidak menjadi plot hole, ya.

Baca Juga: Profil Isshiki Otsutsuki, Pemimpin Sejati Kara di Boruto!

3. Lalu apakah Kaguya menyerang Isshiki sebelum atau sesudah ia memakan Buah Chakra?

Studio Pierrot/Boruto

Kaguya adalah Otsutsuki kasta bawah sedangkan Isshiki kasta atas, kita sudah diperlihatkan bagaimana kuatnya kedua Otsutsuki itu.

Tapi perlu kita ingat kalau Isshiki bisa mempercundangi Naruto dan Sasuke, dalam kondisi Isshiki belum memakan Buah Chakra dan tidak dalam kondisi sempurna karena wadahnya (Jigen) tak bisa menampung seluruh kekuatannya.

Berdasarkan fakta ini, kemungkinan Kaguya sebelum memakan Buah Chakra itu kekuatannya di bawah Isshiki, karena Naruto dan Sasuke yang baru mendapatkan kekuatan Rikudou bisa melawan Kaguya dulu.

4. Berdasarkan penggambarannya di manga dan anime, kemungkinan Kaguya menyerang Isshiki setelah memakan Buah Chakra

crunchyroll.com/naruto-shippuden

Dalam gambar di poin 3, itu adalah penggambaran saat Kaguya menyerang Isshiki, di manga juga kurang lebih sama. Kita perhatikan di situ Kaguya sudah membangkitkan Rinne Sharingan.

Berarti kemungkinan besar Kaguya memakan Buah Chakra yang pertama sebelum dia ditumbalkan untuk Pohon Chakra kedua, sehingga dengan kekuatan barunya ini dia melawan Isshiki.

Jika kita lihat kekuatan Isshiki tanpa Buah Chakra saja bisa menghajar Naruto dan Sasuke, kemungkinan Kaguya memang tidak bodoh dan tidak asal menyerang Isshiki ketika dia tahu kalau kekuatannya belum sekuat itu, karena itu dia memakan Buah Chakra, baru melawan Isshiki.

Nah, itu teori saya.

Sayangnya, anime dan manga Boruto belum menjawab misteri ini. Soalnya Isshiki mati tanpa sempat diperlihatkan bercerita atau flashback soal Kaguya. 

Kalau menurutmu, Kaguya melawan Isshiki itu sebelum atau sesudah memakan Buah Chakra?

Baca Juga: 5 Karakter yang Bisa Melawan Kaguya Selain Tokoh Utama Naruto!