[One Piece] 5 Fakta Kekuatan Shanks yang Telah Diketahui Saat Ini

Kekuatan Shanks masih paling misterius dari semua Yonko!

[One Piece] 5 Fakta Kekuatan Shanks yang Telah Diketahui Saat Ini

Sekuat apa sebenarnya Shanks? Itu masih jadi misteri. Di satu sisi, nilai buruannya lebih rendah dari Big Mom, Kaido, dan Whitebeard. Mihawk pun tidak mau berduel dengan Shanks karena sekarang si rambut merah ini hanya punya satu lengan.

Di sisi lain, Angkatan Laut seperti gentar menghadapinya, jadi dia jelas sama sekali tidak lemah. Sekuat apa sih Shanks? Sampai sejauh ini, ada lima petunjuk soal kekuatan Shanks. Inilah mereka!

1. Satu-satunya Yonko yang tidak memakan Buah Iblis

Kemampuan berenang Shanks pernah ditonjolkan di dua adegan: saat dia menolong Luffy dari monster laut, dan saat dia menolong Buggy yang tenggelam.

Ini menariknya: dua kejadian itu membuktikan kalau Shanks bukanlah pengguna Buah Iblis. Apapun kekuatan Shanks, dia tidak akan tiba-tiba berubah menjadi manusia api, karet, kegelapan, cahaya, dan sejenisnya. 

Sejauh ini, dia satu-satunya Yonko yang tidak memakan Buah Iblis. Kaido bisa berubah jadi naga, Big Mom memiliki kekuatan Soru Soru no Mi dari Carmel, Teach menggunakan dua Buah Iblis, sementara Whitebeard yang sudah meninggal dulu memiliki Gura Gura no Mi

Baca Juga: [One Piece] 5 Petunjuk Kalau Shanks Sebenarnya Sangat Berbahaya

2. Haoshoku Haki-nya melampaui level Luffy saat ini

Masih ingat adegan di atas? Pameran kekuatan Shanks ini menjadi lebih heboh lagi kalau kamu memikirkan baik-baik situasinya. Waktu awal sih kamu bisa mengira Shanks hanya pamer kekuatan dengan merontokkan anak buah dari kru bajak laut kecil. Tapi patut diingat: yang dia rontokkan di atas itu bukan anggota kru bajak laut biasa. Mereka ini anak buah Whitebeard. Kalau soal Haoshoku Haki saja, kapten mereka juga punya.

Tetap saja begitu Shanks muncul, mereka yang tidak siap langsung ambruk tak sadarkan diri. Lalu ada pengungkapan menarik dari Eiichiro Oda di rubrik SBS One Piece volume 65.

Luffy sebelumnya berhasil meng-K.O. 50.000 bajak laut anak buah Hody Jones hanya dengan pancaran Haoshoku Haki miliknya. Shanks? Oda menyampaikan Shanks dan Rayleigh bisa menjatuhkan dua kali lipatnya! Itu berarti Shanks juga sudah berada di level kekuatan Rayleigh.

Masalahnya, sementara Rayleigh sudah tua, Shanks masih di usia prima. Bisa jadi kalau Shanks harus beradu dengan Rayleigh, fisik prima ini yang akhirnya bisa menjadi kunci kemenangan Shanks.

3. Dia pernah beradu pedang dengan imbang melawan Mihawk

[One Piece] 5 Fakta Kekuatan Shanks yang Telah Diketahui Saat Inispotern.com

Mihawk adalah ahli pedang terhebat di dunia One Piece saat ini. Bahkan musuh seperti Vesta saja tidak bisa membuatnya serius. Tapi dari dialog Mihawk dan Shanks saat sang ahli pedang nomor satu menyampaikan soal Luffy, tampaknya Mihawk dan Shanks pernah berduel pedang dulu saat lengan Shanks masih dua.

Hanya saja Mihawk tidak berminat berduel dengan Shanks yang hanya tinggal memiliki satu lengan. Kalau Shanks saja direspek begitu oleh Mihawk, jelas sudah kekuatan Shanks dari kemampuan berpedang sangat luar biasa. Mungkin dia berada di lima peringkat ahli pedang terbaik One Piece sebelum kehilangan tangannya.

Kehilangan satu lengan mungkin mengurangi kekuatan Shanks. Tapi dia sepertinya juga masih jago. Buktinya di Marineford Mihawk salah satu yang memutuskan mundur begitu Shanks datang dan meminta pertempuran dihentikan. Tampaknya Mihawk saja sadar kalau menghadapi Shanks dan armadanya bukan keputusan baik. Padahal saat itu Mihawk juga masih cukup segar, tidak menderita luka atau terlihat kelelahan.

Oh, ngomong-ngomong sejauh ini Shanks hanya pernah terlihat memiliki satu luka permanen: tiga cakaran di sisi wajahnya. Dan yang menorehkan itu adalah Blackbeard, bukan Mihawk. Jadi Mihawk si ahli pedang nomor satu di dunia saja tidak mampu memberi Shanks bekas luka. 

4. Dia naik menjadi Yonko saat dirinya tinggal memiliki satu lengan

[One Piece] 5 Fakta Kekuatan Shanks yang Telah Diketahui Saat Inionepiece.fandom.com

Terungkap di One Piece 957 kalau Shanks baru menjadi Yonko enam tahun sebelum alur Wano. Bila dihitung-hitung, itu berarti Shanks dapat gelar ini enam tahun setelah meninggalkan desa Luffy. 

Saat Shanks meninggalkan desa Luffy, lengannya hanya tinggal satu. Tapi ia tetap bisa naik dari bajak laut ternama sekalian menjadi salah satu penguasa di New World. 

Walau Mihawk tidak mau berduel dengan Shanks karena lengan Shanks tinggal satu, fakta ini menunjukkan kalau Shanks tidak mendadak jadi lemah. 

5. Shanks cukup kuat untuk adu fisik dengan Whitebeard dan Akainu

Memang, ini Whitebeard yang sudah lebih tua. Tapi lihat baik-baik gambar di atas. Whitebeard yang tubuhnya masih sangat perkasa mengayunkan senjatanya. Apa yang dilakukan Shanks? Menghindar? Tidak. Dia menahannya dengan pedangnya!

Duel keduanya tidak diperlihatkan, namun efeknya sampai membuat langit terbelah. Tapi sekali lagi, Shanks mampu mengadu kekuatan fisik dengan Whitebeard! 

Apakah kalau Shanks datang untuk menghabisi Whitebeard ia bisa mengalahkan Whitebeard seorang diri, tanpa bantuan dari siapa pun? Mungkin akan tetap sulit, tapi ia berpeluang bisa melakukannya.

Di Marineford, Shanks juga bisa menahan pukulan Akainu dengan pedangnya. Shanks tidak terdorong oleh pukulan itu, dan tidak ada cipratan magma yang mengenai dia maupun Sabo yang ia lindungi.

Memperhitungkan lima fakta kekuatan Shanks ini, dia tampaknya benar-benar lawan yang tangguh. Shanks juga dikonfirmasi oleh Databook sebagai pengguna tiga jenis Haki. Kita sudah melihat seberapa jago Haoshoku Haki-nya. Bisa jadi Busoshoku dan Kenbunshoku-nya pun luar biasa.

Gimana menurut kamu soal kekuatan Shanks tersebut?

Baca Juga: [One Piece] Shanks dan Buggy Sudah Ikut Gol D. Roger Sejak Kecil!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU