Gastronot: Belajar Makanan Sehat Lewat Board Game

Pemain juga diajak untuk menanam, memetik dan memasak sayur

Gastronot: Belajar Makanan Sehat Lewat Board Game

Board game tidak hanya didesain sebagai media hiburan untuk mengisi waktu luang. Board game juga bisa disispkan dengan kisah inspiratif dan pesan moral yang tidak hanya menambah wawasan, namun juga memberikan edukasi buat para pemainnya.

Nah, kali ini ada board game asli Indonesia yang tak hanya asyik dimainkan, namun juga memberikan informasi bermanfaat seputar makanan yang bergizi dan sehat. Yuk kenalan dengan Gastronot!

1. Gastronot ingin sosialisasikan pentingnya gizi seimbang

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018, ternyata masih ada 17,7% balita mengalami permasalahan gizi. Secara rincinya ada 3,9% balita penderita gizi buruk, dan 13,8% sisanya kekurangan asupan gizi yang cukup. Sementara itu di kota Bandung, pada tahun 2018 tercatat 25,8% anak-anak terkena stunting. Angka ini turun 0,5% pada tahun 2019 menjadi 25,3%.

Karena inilah, game consultant asal kota Bandung Kummara bekerja sama dengan komunitas gastronomi House The House dan Komunitas 1000 Kebun, serta tim peneliti kesehatan masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung dan Generasi Baru Dapur Indonesia untuk memproduksi board game dan pilot project Gastronot.

Baca Juga: Ada Tahilalats! Ini 6 Board Game Lokal "Primadona" di Essen SPIEL 2019

2. Gastronot gunakan pendekatan "Main, Metik, Masak"

Gastronot (https://gastronot.id/) merupakan pilot project berbentuk board game yang betujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan pemahaman gizi dan pola makan sehat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Gastronot menggunakan pendekatan game-based learning sebagai media sosialisasi tentang gizi seimbang dan pola makan sehat.

Dalam Gastronot, ada tiga konsep/tahapan utama yang ditekankan, yaitu Main, Metik, Masak. Pada tahap Main, peserta diajak untuk bermain board game Gastronot yang akan mengenalkan tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan sehat. Kemudian pada tahap Metik, peserta diajak untuk menanam dan memetik sayuran secara langsung. Kemudian pada tahap Masak, peserta akan belajar memasak dan menyantap hasilnya bersama-sama.

3. Pilot project dilaksanakan di kota Bandung

Pilot project Gastronot sudah dijalankan pada tanggal 23 November 2019 di SDN 200 Leuwipanjang Bandung. 50 orang peserta dari kelas 5 dan 6 berpartisipasi dalam board game Gastronot dimana mereka membentuk tim astronot yang berkelana dari planet ke planet untuk mengumpulkan berbagai bahan makanan bergizi.

Gastronot akan kembali diadakan pada tanggal 30 November 2019 di SDN Asmi Bandung. Untuk informasi lebih lanjut seputar Gastronot, kamu bisa cek situs mereka di https://gastronot.id/

Baca Juga: Hago Buka Kompetisi Jawara Game Indonesia, Hadiahnya Rp 60 Juta!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU