10 Makhluk dalam Mitologi Jepang dan Filosofinya

Apakah kamu pernah mendengarnya?

caption

Setiap negara memiliki cerita mitologi khusus yang berkembang di lingkungan masyarakat. Di Jepang, terdapat banyak kisah mitologi yang berasal dari hewan-hewan unik dengan penuh makna.

Meski keberadaannya tidak ditemukan dalam dunia nyata, hewan mitologi Jepang ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Beberapa di antaranya bahkan dapat memberikan keselamatan hingga keberuntungan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar makhluk mitologi Jepang dan filosofinya secara lengkap.

1. Ryu

Ryudok. Suki Desu/Ryu

Ryu atau naga merupakan sosok dermawan yang dapat melindungi umat manusia. Dalam mitologi Jepang, naga menggambarkan kekuatan, keberanian, dan kebijaksanaan. Naga Jepang memiliki tiga jari di setiap tangannya.

2. Kirin

Kirindok. Ancient Origins/Kirin

Qilin, atau dikenal juga dengan nama Kirin, senang untuk menghukum orang jahat dan makanannya adalah buah-buahan dan sayuran. Konon, jika kamu melihat Kirin, orang tersebut dianggap akan mendapatkan keberuntungan.

3. Houou

Hououdok. Yokai Fandom

Houou atau Hōō memiliki bentuk yang mirip dengan burung phoenix. Burung ini memiliki makna keberuntungan, kesetiaan, kesopanan, dan juga kebenaran. Houou juga dianggap sebagai salah satu mitologi yang melambangkan umur panjang atau keabadian.

Baca Juga: Ini 10 Urban Legend Jepang yang Misterius dan Menyeramkan!

4. Shachihoko

captiondok. Japan Experience

Makhluk perpaduan ikan dan naga ini disebut dengan Shachihoko. Dalam bahasa Jepang, shachi memiliki arti 'paus pembunuh'. Banyak orang percaya bahwa Shachihoko merupakan keluarga dari ikan paus. Patung Shachihoko sering kali digunakan oleh masyarakat supaya terhindar dari kebakaran.

5. Inari

captionjapantravel.com/Elena Lisina

Inari merupakan rubah Jepang yang menggambarkan kesuksesan, kesuburan, dan kemakmuran. Inari awalnya berwujud dewi yang turun dari surga menunggangi seekor rubah putih dengan membawa biji-bijian di tangannya.

6. Komainu

captiondok. Yabai/Komainu

Komainu dapat kamu temukan di sisi pintu masuk kuli Shinto. Komainu dianggap sebagai sebagai pelindung dan pembawa pesan dari dewa yang berada di kuil tersebut. Patung ini selalu berpasangan dengan salah satu Komainu yang memiliki mulut terbuka dan tertutup.

Baca Juga: 8 Film Godzilla Versi Luar Jepang yang Punya Keunikan Tersendiri

7. Baku

captiondok. Mythus Fandom

Baku memiliki wujud seperti seekor tapir. Makhluk ini memiliki hidung dengan belalai seperti gajah. Ia merupakan pemakan yang rakus terhadap mimpi-mimpi manusia.

Konon, jika seseorang mengalami mimpi buruk, katakan "saya akan memberikan mimpi tersebut untuk baku". Setelah itu, mimpi buruk tidak akan menghampiri orang tersebut.

8. Nue

captiondok. Yokai Fandom

Nue adalah makhluk dengan kepala monyet, badan harimau, dan ekor seperti ular berbisa. Mitologi ini dianggap sebagai pertanda buruk. Sosok Nue dapat mengakibatkan seseorang menderita penyakit hanya dengan melakukan kontak mata.

9. Namazu-Gami

captiondok. History of Geology

Pada zaman dahulu, bangsa Jepang percaya bahwa gempa bumi disebabkan oleh Namazu-Gami, seekor lele yang berukuran besar. Diceritakan, lele ini merupakan peliharaan dewi Kashima.

Saat Kashima lengah, lele ini mencoba melepaskan diri sehingga mengakibatkan gempa bumi yang besar di Jepang.

10. Maneki Neko

captiondok. Wit and Folly

Pernahkah kamu melihat sosok kucing dengan tangan yang melambai-lambai? Kucing tersebut bernama Maneki Neko. Kucing ini dianggap sebagai simbol dari keberuntungan dan kemakmuran. Banyak tempat usaha dan rumah-rumah di Jepang yang memajang Maneki Neko agar mendapatkan keberuntungan.

Nah, itu dia daftar makhluk dalam mitologi Jepang yang memiliki filosofi dan bentuk yang unik. Seekor hewan ternyata dapat memiliki makna yang sangat dalam.

Baca Juga: Ini 10 Karakter Anime yang Cosplay-nya Muncul Melulu di Event Jepang!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU