Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Kalau Joker tokoh utamanya, bukan berarti dia itu hero, bukan?

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Ada banyak macam super hero dan villain, tapi batas di antaranya sudah semakin kabur dan membingungkan! Jelas, pengertian mereka sudah ada yang pas, tapi bagaimana dengan tokoh-tokoh yang tidak bisa digambarkan dengan satu istilah ini?

Sebenarnya, ada banyak variasi dari tokoh hero dan tokoh villain yang bisa kita jadikan sebagai contoh, tapi belum tentu bisa kita gambarkan definisinya. Nah, tahukah kamu kalau ada berbagai macam definisi yang bisa dipakai untuk menggambarkan tokoh-tokoh yang bersifat abu-abu ini?

Supaya kamu nggak bingung dalam menggolongkan tokoh A yang jahat, tapi jadi tokoh utama atau tokoh B yang baik, tapi justru jadi musuh tokoh utamanya, kamu bisa menemukan definisi hero dan villain yang tepat sasaran dengan memahami keenam istilah ini!

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Hero sejatinya adalah pahlawan, seperti terjemahan aslinya. Seorang yang dielu-elukan karena berjasa besar bagi daerah, negara, atau bahkan dunia tersebut. Nah, apakah seorang pahlawan bisa menjadi jahat? Bisa!

Seorang pahlawan tulen bisa saja hidup dan mati membela kebajikan, tapi orang yang kebetulan menyelamatkan dunia juga bisa dianggap sebagai pahlawan, mau sengaja atau tidak. Makanya, banyak sekali cerita superhero yang menekankan siapapun bisa jadi pahlawan.

Contoh dari tokoh sejenis ini sudah pasti, semua pahlawan super dari DC maupu Marvel, Naruto Uzumaki, Son Goku. Monkey D. Luffy pun juga bisa dianggap sebagai pahlawan meskipun ia adalah seorang bajak laut buron Pemerintahan Dunia. Kenapa? Luffy kerap membebaskan daerah kunjungannya dari kejahatan!

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Setelah melihat definisi hero di atas, sudah jelas apa definisi villain, bukan? Villain adalah tokoh-tokoh bermotivasi jahat yang jelas tidak tertarik untuk menyelamatkan dunia, namun justru ingin menghancurkannya!

Villain sendiri juga didefinisikan dengan keinginan mereka untuk menguasai dunia dengan segala cara, khususnya kalau jalan tersebut berarti menjual jiwa mereka kepada iblis!

Contoh-contoh villain yang sederhana tentu saja Madara Uchiha, Donquixote Doflamingo, dan Red Skull. Kesamaan di antara tokoh-tokoh ini tentu karena mereka punya motivasi dan sadar melakukannya demi mencapai kehebatan dan kekuasaan yang lebih besar lagi!

Nah, sudah siapkah kamu dengan istilah yang lebih rumit di halaman sebelah?

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Mungkin kamu juga sering mendengar istilah ini di dalam cerita hero dan villain, tapi apa sebenarnya makna dari anti-hero? Definisinya sedikit berbeda dengan seorang pahlawan tulen, tapi anti-hero juga sama-sama terhitung sebagai salah satu dari sekian banyak pahlawan, lho!

Anti-hero adalah pahlawan yang nilai-nilai dirinya berlawanan dengan apa yang diharapkan dari seorang pahlawan. Bisa jadi sang anti-hero adalah pembunuh bayaran, bisa jadi juga ia adalah seseorang yang sedang membalas dendam ke tokoh jahat di dunia itu, atau justru dia tidak sengaja menyelamatkan dunia.

Kalau dipikir-pikir, tidak semua juga tokoh anti-hero ini adalah Batman. Tokoh seperti Uchiha Sasuke juga menyelamatkan dunia meskipun ia menjadi musuh dunia ninja!

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Anti-Villain adalah hero yang tertunda. Tokoh yang ini seringkali terdampar di sisi para penjahat dalam konflik hero dan villain meskipun sebenarnya, dia juga punya motif yang seringkali tidak salah dalam segala tindakannya!

Masalahnya, karakter anti-villain kerap terpaksa menghadapi para tokoh utama meskipun tidak diinginkan. Atau justru malah sang tokoh utama adalah seorang penjahat yang mati-matian ingin ia hentikan, meskipun pada akhirnya tokoh-tokoh ini menggunakan cara yang dipertanyakan kemanusiaannya!

Tentunya, karena Char Aznable kebetulan bukan tokoh utama seri Gundam, jadi ia termasuk kategori ini. Pain juga ingin mewujudkan perdamaian abadi melalui perang berdarah dan Dr. Victor von Doom Marvel masa kini ingin menjaga keseimbangan dunia!

Bagaimana dengan dua karakter yang lebih rumit lagi? Temukan jawabannya di halaman terakhir!

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Pernahkah kamu melihat seorang pahlawan menggunakan kekuatannya sebagai seorang pahlawan, tapi rupanya ia adalah musuh sang tokoh utama? Yak, ia adalah salah satu Hero Antagonist!

Tokoh seperti ini umumnya terlihat seperti lawan yang harus dibasmi oleh jagoan serial favorit kita, tapi tentunya lama-lama ada yang salah dengan sosok tokoh tersebut. Apa ia sungguh-sungguh ingin menghancurkan dunia seperti tindakannya? Atau justru ia sedang menyelamatkan dunia dari tangan sang tokoh utama?

The Punisher sudah pasti adalah contoh terbaik dalam karakter ini, karena lebih dari sekadar Anti-Hero, ia justru tidak segan-segan membasmi pahlawan lain kalau mereka adalah bagian dari operasi kriminal yang ia basmi. Fujitora dan Smoker justru adalah tokoh Angkatan Laut yang justru lebih memegang nilai keadilan!

Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia 6 Perbedaan Anti Hero dan Villain!

Di dalam dunia hero dan villain yang semakin rumit, ada pula tokoh utama yang tujuannya justru bisa lebih jahat dari seekor monster sekalipun! Villain Protagonist, berbeda dengan tokoh lainnya, justru adalah tokoh utama yang memang sedari awal berniat jahat!

Yang menjadikan tipe yang satu ini lain dari pada yang lain adalah ketika kita justru diajak untuk melihat cerita dunia tersebut dari sudut pandang sosok yang satu ini. Di mana biasanya kisah para pahlawan itu mempertontonkan sifat heroik tokoh utamanya, yang satu ini justru memperlihatkan sisi mengerikan sang tokoh utama!

Sebagai contoh, Light Yagami juga merupakan salah satunya yang tidak menggunakan otot, tapi justru otak dan Death Note di tangannya! Di dalam film Joker nanti, sudah jelas kita diajak untuk melihat dunia dari sudut pandang salah satu musuh bebuyutan Batman ini!

Menurutmu, apakah tokoh favoritmu termasuk ke dalam konflik hero dan villain ini? Bagikan pendapatmu melalui kolom komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU