Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama

Stardew Valley Guide: Panduan tahun pertama untuk bertani, mengumpulkan tanaman liar, merakit alat-alat, bersahabat dengan warga, dan banyak lagi!

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama

Kamu bisa bikin pertanian yang efisien dengan Stardew Valley Guide ini!

Stardew Valley Guide - Stardew Valley adalah game PC yang baru rilis 2 minggu lalu di Steam dan sudah mendulang rating "overwhelmingly positive". Developernya, ConcernedApe, adalah penggemar berat Harvest Moon yang berhasil seorang diri membuat Harvest Moon versinya sendiri. Bahkan, meskipun berbeda platform, dapat dikatakan kepopuleran Stardew Valley jauh mengalahkan Story of Seasons.

[read_more id="186067"]

Jalan cerita Stardew Valley kurang lebih sama dengan Harvest Moon: pemain mendapatkan warisan lahan pertanian untuk digarap hingga menjadi petani yang sukses dan akrab dengan warga Pelican Town. Bagaimana definisi sukses dan akrab sesungguhnya terserah citizen sebagai pemain. Apakah citizen ingin mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, membangun lahan terindah, membantu Pelican Town menjadi kota yang lebih baik? Apakah citizen ingin berumah tangga saja atau berteman dengan semua warga?

Apa pun rencana citizen, Duniaku punya Stardew Valley Guide untuk tahun pertama citizen di Stardew Valley. Tujuan jangka panjangnya adalah membangun pertanian yang efisien sehingga kita dapat leluasa menjelajahi berbagai hal lain pada tahun kedua.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Lahan yang jarang dibersihkan lama-lama menjadi seperti hutan[/caption]

Spring Tahun Pertama

Tentu saja ini masa tersulit secara keuangan. Citizen perlu mengumpulkan modal sebanyak-banyaknya, hanya berbekal segelintir fasilitas pertanian. Untuk panduan harga item di Stardew Valley, citizen dapat memeriksa stardewvalleywiki. Hal yang perlu diingat adalah karakter kita harus tidur sebelum jam 2 pagi. Di mana pun kita berada, kita pasti ketiduran kalau belum mencapai kasur pada jam 2 pagi. Keesokan harinya kita akan mendapatkan tagihan pengobatan dan uang kita berkurang.

Membersihkan Lahan

Saat membersihkan lahan, gunakan kapak untuk menebang pohon (perlu 15 kali). Dari penebangan pohon, kumpulkan sap, acorn seed, pine seed, dan maple seed untuk dijual. Kalau sudah punya 50 wood, buatlah chest (klik E, cari crafting); ini sangat bermanfaat untuk menampung barang-barang. Jangan jual wood dan fiber. Wood bermanfaat untuk membuat bangunan dan crafting, sementara fiber dapat digunakan untuk membuat scarecrow. Juga simpan stone dan coal karena dijual pun harganya tidak seberapa, lebih baik dikumpulkan untuk crafting.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Sebagian alat hasil crafting[/caption]

Bertani

Di Stardew Valley kita bisa bercocok tanam dengan formasi 3x3 tanpa khawatir tanaman di pusat tidak tersiram. Kita bisa melewati tanaman yang sudah tumbuh tinggi sekalipun, kecuali segelintir tanaman merambat seperti Grape yang menggunakan kayu. Sebaiknya lahan dibuat dekat dengan kolam agar mudah mengisi ulang penyiram air.

Seperti disarankan oleh IGN, menabunglah untuk membeli strawberry seed di Egg Festival (13 Spring). Pada akhir Spring, simpan dua atau tiga stroberi di chest untuk diubah menjadi biji dengan seed maker yang bisa kita craft nanti. Jadi pada Spring tahun kedua kita bisa menanam Stroberi tanpa menunggu Egg Festival.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Isi salah satu chest pada awal tahun kedua[/caption]

Memungut (Foraging)

Banyak tanaman tumbuh secara acak di Stardew Valley, biasanya di lahan kosong, yang dapat kita pungut. Periksa juga pantai karena di sana ada kerang atau karang yang juga bisa dipungut. Hasilnya dapat kita jual atau berikan kepada NPC (sebagian besar wanita suka bunga) karena kita belum mampu memberikan hadiah berupa hasil tani kita. Pada pertengahan Spring dan Fall, semak-semak dapat berwarna merah (Spring) atau biru (Fall), tekan x di dekat semak-semak itu untuk mendapatkan banyak berry. Harga berry murah, jadi simpan saja berry di tas untuk diberikan kepada NPC (hanya sebagian orang suka) atau kita makan sendiri untuk menambah tenaga. Setiap awal musim pada tahun pertama, kumpulkan masing-masing satu jenis tanaman liar untuk dibawa ke Community Center.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Kalau melihat cacing, gunakan hoe/pacul. Kita akan mendapatkan sesuatu.[/caption]

Community Center

Pertama kali kita ke Community Center, kita akan melihat penampakan makhluk gaib. Pergilah ke ruangan di sebelah kiri dan baca semacam pelat bersinar di sana. Kunjungi penyihir di sebelah barat hutan di bawah lahan pertanian kita; dia akan membantu kita membaca pelat itu. Isi pelat itu adalah quest untuk mengumpulkan macam-macam item (tanaman liar, hasil pertanian, hasil ternak, ikan, dll) yang dibagi dalam berbagai bundle. Forage bundle adalah yang termudah dan perlu kita lakukan setiap awal bulan untuk mendapatkan reward modal biji-bijian. Isi juga bundle crop setiap musim, walapun kita sangat memerlukan uang saat ini, karena kita akan mendapatkan reward yang bermanfaat seperti akses ke tempat baru atau kendaraan.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama

Lanjut ke Halaman Kedua untuk Stardew Valley Guide lainnya!

Hadiah Ulang Tahun dan Membantu Warga

Dua hari sekali mampirlah ke Pierre's (toko di tengah kota). Ada kalender dan papan pengumuman di samping pintunya. Di kalender kita bisa melihat siapa saja yang berulang tahun pada bulan ini. Di papan pengumuman ada permintaan warga yang minta dibawakan sesuatu. Memberikan hadiah ulang tahun dan membantu warga adalah cara cepat untuk mendapatkan hati mereka. Biasanya apa yang disukai seorang NPC dapat diketahui dari tempat nongkrong mereka atau permintaan mereka, misalnya Haley suka menunggui kedai es krim (hanya Summer) dan dia menyukai es krim.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Lokasi kalender dan papan pengumuman[/caption]

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Reaksi salah satu NPC ketika diberi hadiah yang paling disukainya saat berulang tahun[/caption]

Menambang

Menambang mungkin terkesan tidak penting pada Spring tahun pertama, tapi pergilah menambang saat hujan. Ada gua di timur laut, masuklah untuk menambang di sana. Seorang petualang akan memberi kita pedang untuk melawan monster di sana. Jangan khawatir kalau lupa membawa atau kehilangan pedang itu, kita bisa menggunakan sabit untuk melawan monster. Selalu bawa bekal saat menambang. Jangan sampai kita kehabisan health di tambang, karena kita akan kehilangan 10 level dan beberapa item dari tas kita.

Copper ore banyak ditemukan di antara level 10-40. Iron ore banyak ditemukan di antara level 40-80. Gold ore banyak ditemukan di antara level 80-110. Iridium ore banyak ditemukan di antara level 110-150. Idealnya kita turun 40 level setiap bulan, tapi 20 level pun sudah cukup bagus. Ore dan coal penting dikumpulkan untuk upgrade alat pertanian dan craft beberapa barang lain.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama bekal murah meriah[/caption]

Memancing

Kalau tidak mendapatkan pancingan dari sebuah cutscene, kita bisa membelinya di rumah paling selatan di pantai. Memancing di Stardew Valley lebih sulit daripada di Harvest Moon, jadi sebaiknya tidak menjadi fokus Spring tahun pertama.

Summer Tahun Pertama

Saat ini kita punya uang, tapi tidak yakin bagaimana sebaiknya uang ini kita manfaatkan. Buat Furnace agar kita bisa membuat copper bar dan iron bar. Kombinasi ini dapat menghasilkan sprinkle. Pasang sprinkle secara strategis (lihat video) agar kita tidak perlu menyiram tanaman lagi. Tanamlah banyak jagung, karena jagung bertahan 2 musim (Summer dan Fall). Simpan beberapa tanaman terbaik di chest untuk dipamerkan di Stardew Valley Fair (16 Fall).

Crafting - Artisan Goods

Mulai kumpulkan artisan goods (klik E, cari crafting). Buat paling tidak masing-masing satu bee house, preserves jar, keg, dan tapper. Bee house dan tapper adalah alat paling mudah, tinggal ditempatkan dan ditunggu hasilnya. Preserves jar memerlukan vegetable/fruit dan keg memerlukan fruit, tapi hasilnya berharga dua kali lebih banyak daripada tanaman yang langsung dijual. Artisan Goods juga bisa diperoleh dengan melengkapi bundle di Community Center.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Annoying Dog dari mod di http://community.playstarbound.com/threads/dog-replacement-annoying-dog-from-undertale.107834/[/caption]

Fall Tahun Pertama

Pada musim ini kita punya kelonggaran karena masih ada jagung dari Summer. Belilah tas yang paling besar untuk mempermudah pergerakan kita. Kita dapat memulai pendekatan serius kepada NPC berstatus single (klik E, cari social). Setiap calon pasangan punya masalah yang dapat secara bertahap kita bantu atasi, misalnya Elliott yang berambisi menulis novel terkenal.

Jangan sampai kita tidak punya penghasilan saat Winter. Buat lebih banyak preserves jar, keg, dan tapper. Simpan sebagian vegetable dan fruit untuk diproses dengan preserves jar dan keg pada Winter. Pada akhir Fall jangan lupa upgrade axe dan pickaxe untuk mempermudah kegiatan winter.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Elliott dan masalahnya[/caption]

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Stardew Valley Fair (16 Fall), penilaian pameran produk[/caption]

Beternak

Temui Robin (salah satu bangunan di utara) untuk memesan pembangunan silo. Setelah silo selesai dibangun, kita babati rumput untuk mengumpulkan hay (langsung masuk ke dalam silo). Sebaiknya silo dibangun sebelum kandang (coop/barn). Bangun kandang dan beli binatang dari Marnie (tetangga kita di selatan). Tempatkan kandang-kandang berdekatan, agar bisa dipagari bersama-sama (atau tidak, kalau citizen punya rencana berbeda).

Di lahan yang dipagari, tanami grass starter (beli di Pierre's), biarkan rumput tumbuh lebat. Kalau sudah lebat, buka pintu kandang agar binatang-binatang bisa merumput sendiri. Sayangnya, produksi telur dan susu malah berkurang apabila binatang dikeluarkan. Mereka kembali ke dalam kandang setiap jam 6 sore dan tidak keluar dari kandang apabila cuaca buruk. Jangan lupa pasang heater pada hari terakhir Fall agar mereka tidak kedinginan.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Hemat pakan tapi produksi berkurang[/caption]

Winter Tahun Pertama

Winter adalah waktu yang tepat untuk membabat pohon dan memancing. Kayu dikumpulkan untuk pembangunan berikutnya. Kalau belum punya mayonnaise machine dan cheese press, sekarang kita sangat memerlukannya untuk menggenjot pendapatan hasil ternak. Tingkatkan kemampuan memancing hingga level 3 agar kita bisa memakai crab pot. Alat ini cukup ditinggalkan di air bersama umpan dan dipanen keesokan harinya.

Tanpa greenhouse, kita masih bisa menanam winter seeds. Hasilnya memang tidak seberapa, tapi tidak jadi masalah kalau kita sudah punya sprinkle. Pasanglah tapper sebanyak mungkin pada pohon-pohon di lahan pertanian; kita bisa panen tanpa bersusah payah mengurus pohonnya.

Pada akhir Winter, buatlah beberapa lightning rod. Alat ini dapat menghasilkan battery pack sesudah badai petir. Battery pack dapat dijual seharga 500G atau dicraft bersama item lain menjadi Iridium Sprinkler, sprinkler terbesar yang sangat mempermudah pekerjaan kita!

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Lightning Rod dan Battery Pack[/caption]

Berkebun

Pierre's menjual sapling pohon yang dapat berbuah setiap hari sesuai musimnya (dua jenis pohon untuk setiap musim). Sayangnya, sapling mahal dan perlu waktu 28 hari sebelum berbuah. Pada awal winter beli dan tanamlah sapling pohon Spring. Pada awal Spring beli dan tanamlah sapling pohon Summer. Pada awal Summer beli dan tanamlah sapling pohon Fall.

Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama Daerah tapper dan sapling pada tahun kedua, dirintis dari tahun pertama[/caption]

Dengan berbekal Stardew Valley Guide ini, citizen dapat menjadi petani yang efisien pada tahun kedua. Biasanya pemain ingin menikah pada tahun kedua, tapi mungkin citizen punya rencana lain. Ceritakan di kolom komentar ya!

Artikel terkait

Latest