Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Game fighting yang banyak ditunggu penggemar Dragon Ball adalah Dragon Ball Z Battle of Z. Seri game baru berbasis serial manga dan anime Dragon Ball ini ditangani oleh Artdink dan akan dipasarkan oleh Bandai. Sebelumnya hanya disebutkan game ini dirilis di Jepang pada Januari 2014. Namun kemarin kami mendapatkan kepastian jika game untuk Xbox 360, PlayStation 3, dan PlayStation Vita ini akan dirilis pada 28 Januari 2014 mendatang di Amerika. Khusus untuk PS Vita di luar Jepang hanya tersedia melalui format digital. Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Battle of Z terfokus pada pertarungan team. Hingga delapan pemain bisa saling baku hantam bersama dalam satu arena pertarungan, sehingga pola permainannya menyerupai Dragon Ball: Zenkai Battle Royale, game arcade Dragin Ball yang juga fokus pertarungan multiplater, namun hanya eksis di Jepang. Karena memang dimainkan multiplayer, empat pemain bisa memainkannya secara cooperative play melawan empat pemain lainnya. Sehingga akan ada pemain yang mungkin berperan untuk menyerang, atau yang lain bisa mendukung dengan memulihkan karakter lain. Game ini juga mendukung pertarungan online multiplayer, atau untuk pemain handheld, bisa memanfaatkan koneksi ad-hoc PS Vita. Namun khusus multiplayer-nya ada batasam. Dua player tidak bisa memainkannya dalam konsol yang sama, dengan harapan setiap pemain multiplater bisa mendapatkan tampilan yang maksimal melalui layar televisinya. Seandainya dalam satu televisi tampilannya terbagi untuk dua pemain, pasti akan ada bagian yang tidak terlihat oleh player. Karena basisnya pertarungan team, Battle of Z pun mengajukan banyak karakter. Sejauh ini sudah dikonfirmasikan lebih dari 70 karakter, termasuk karakter yang hanya bisa dimainkan dalam pertarungan team, seperti Great Ape Vegeta, Great ApeGohan, dan Hirudegarn. Namun seperti game Dragon Ball sebelumnya, karakter yang memiliki perubahan fisik tertentu akan terpisah menjadi karakter yang berbeda, bukannya dianggap menjadi satu karakter. Karena itulah tidak heran jika pilihan karakternya cukup besar. Dan karakter tidak mendapat opsi berubah ke wujud yang lebih kuat selama pertarungan. Gameplay pertarungannya sendiri masih membawa nuansa pertarungan cepat (di darat dan udara) seperti seri game sebelumnya. Membuatnya langsung terasa berbeda adalah pertarungan team-nya dengan empat karakter dalam satu team. Mereka berbagi satu energy meter spesial yang disebut GENKI Gauge. Genki akan terisi ketika menyerang musuh, dan ketika penuh, memungkinkan karakter melakukan serangan ultimate. Karena dibagi untuk empat karakter, setiap anggota team bisa memutuskan siapa yang akan menggunakannya. Seperti yang juga kita jumpai selama adegan pertarungan serial animasinya, karakter bisa melakukan serangan gabungan dengan rekan setimnya. Beberapa serangan yang kami ketahui melalui trailer yang sudah dirilis seperti Synchro Rush, Meteor Chain, dan Revive Soul. Meteor Chain melibatkan rekan setim bekerjasama melancarkan rangkaian serangan, dan tidak memberi kesempatan musuh meng-counter. Serangan ini cocok untuk membangun GENKI Gauge. Sedangkan melalui Synchro Rush, karakter dan partnernya akan mendekat cepat ke musuh dan menyerang bersamaan. Kemudian Revive Soul berfungsi untuk membangkitkan partner yang kehabisan health. Selain GENKI yang terbagi, karakter dalam satu team bisa saling membagikan ki mereka melalui Energy Share. Artdink berusaha menjaga hubungan antara karakter dan musuh seperti dalam cerita aslinya. Jadi seandainya dalam satu team kamu memasukkan karakter Villians dan Heroes, maka ketika melakukan gerakan seperti membagikan ki atau memulihkan energi pada karakter yang berlawanan, mereka akan menunjukkan respon yang kurang baik. Karakter Terbagi Dalam Empat Kelas Pertarungannya yang berbasis team juga memberi peluang pada developer untuk membagi puluhan karakter tersebut menjadi empat kelas berbeda. Mereka antara lain:
- Fighting Type: ahli pertarungan jarak dekat, bisa melakukan combo dengan serangan melee. Tipe serangannya seperti Kaio-ken Attack, Dance of the Sword, Recoome Kick.
- Ki Blast Type: ahli pertarungan jarak jauh, bisa melakukan serangan beruntun dengan mengonsumsi GENKI Gauge. Tipe serangannya seperti Consecutive Energy Blast, Death Beam, Spirit Ball.
- Support Type: mereka dibekali kekuatan seperti health regeneration dan support ability. Tipe gerakannya seperti Health regain blast, Fighting Pose.
- Interference Type: dibekali kemampuan untuk mengganggu gerakan musuh. Tipe serangan mereka seperti Solar Flare, Chocolate Beam, Drain Energy.
- Goku (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 2, Super Saiyan 3, Super Saiyan God)
- Kid Gohan
- Teen Gohan (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 2)
- Adult Gohan (Super Saiyan)
- Ultimate Gohan
- Piccolo
- Krillin
- Yamcha
- Tien Shinhan
- Future Trunks (Sword) (Base, Super Saiyan)
- Future Trunks (Super Saiyan, Super Trunks)
- Trunks (Base, Super Saiyan)
- Goten (Base, Super Saiyan)
- Gotenks (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 3)
- Super Vegito
- Bardock (Base, Super Saiyan)
- Saibaman
- Raditz
- Nappa
- Vegeta (Base, Super Saiyan, Super Saiyan 2, Majin)
- Guldo
- Jeice
- Burter
- Recoome
- Captain Ginyu
- Frieza (1st Form, 2nd Form, 3rd Form, Final Form, 100% Power)
- Frieza Soldier
- Cooler (Base, Final Form)
- Meta-Cooler
- Dr. Gero
- Android 19
- Android 18
- Android 17
- Android 16
- Cell (Imperfect Form, Semi-Perfect Form, Perfect Form, Super Perfect Form)
- Cell Jr.
- Broly (Super Saiyan, Legendary Super Saiyan)
- Dabura
- Majin Buu
- Super Buu (Base, Gohan)
- Kid Buu
- Bills
- Whis
Giant Boss
- Great Ape Bardock
- Great Ape Vegeta
- Great Ape Gohan
- Metal Cooler (nucleus)
- Hirudegarn (Final Form)
Dragon Ball Z Battle of Z - PS3 / X360 / PSVITA - The Ultimate Brawl
Dragon Ball Z: Battle of Z - PS3/X360/PSVITA - Battle Royal