TUTUP

Mengenal Sejarah dan Implementasi Fitur PvP dalam MMORPG

Plus simak penjelasan dan tutorial Arena of Atlantis, fitur PvP baru dalam Atlantica Online

Seperti yang sudah kita ketahui, Atlantica Online baru saja mengimplementasikan satu mode Player versus Player baru, Arena of Atlantis dengan berbagai fitur inovatifnya. Nah, untuk menyambut update besar dari Atlantica Online tersebut, maka Duniaku membuat sebuah artikel khusus mengenai sejarah PvP, hingga mode PvP dari beberapa game yang inovatif dan adiktif. Fitur Player versus Player atau lebih dikenal PvP rupanya sudah menjadi sebuah fitur wajib bagi MMORPG dewasa ini. Fitur yang juga dikenal dengan Player Killing di berbagai game ini seolah memberikan nuansa berbeda dalam sebuah MMORPG diluar Player versus Environment (PvE) yang biasanya menjadi menu utama. Mulai dari sekedar pertarungan satu lawan satu, hingga pertarungan yang melibatkan guild, clan, realm atau komunitas yang lebih besar, PvP sudah berevolusi dari satu generasi ke generasi. Namun, ada satu titik lemah di fitur PvP yang bisa menjadi kontroversial jika tidak diperhatikan dengan baik oleh developer. Jika tidak hati-hati, maka PvP bisa menjadi ajang "bullying" yang dilakukan oleh pemain dengan level tinggi kepada pemain dengan level yang ada di bawahnya. Bukan hanya itu, keberadaan item mall juga kerapkali membuat perbedaan siapa yang memenangkan sebuah pertandingan PvP dalam MMORPG. Ultima Online, akar dari perkembangan MMORPG dan juga fitur PvP-nya[/caption] Cukup sulit untuk menemukan, game mana yang bisa disebut sebagai "akar" dari fitur PvP ini. Namun jika melihat dari MMORPG bergrafis pertama yang memiliki fitur ini, maka Neverwinter Nights bisa menjadi jawabannya. Game ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1989 dan mulai beroperasi di AOL pada tahun 1991. PvP dalam MMORPG semakin berkembang pesat setelah kehadiran Ultima Online pada tahun 1997, game yang disebut-sebut sebagai game MMO "sesungguhnya" yang pertama.

Klasifikasi PvP

Jika [outbound_link text="diklasifikasikan" link="http://en.wikipedia.org/wiki/Player_versus_player"], PvP terbagi lagi menjadi beberapa cabang sebagai berikut.
[page_break no="1" title="Player Killing"]
Cabang PvP yang paling mendasar, yang berakibat kepada tewasnya satu orang karakter. Dalam kebanyakan MMORPG, karakter yang sudah tewas akan mendapatkan penalti yang dipotong dari experience yang sudah didapat. Beberapa game menawarkan Open PvP, dimana seorang pemain bisa menyerang pemain lain di mana saja di dalam game, tanpa harus masuk ke server atau map tertentu. Ada juga tipe Pure PK (Player Killing), dimana dalam game tersebut PvP adalah satu-satunya gameplay yang ditawarkan.
[page_break no="2" title="Dueling"]
Dueling lebih kepada sebuah pertarungan PvP yang lebih terstruktur. Dalam Dueling, terdapat sebuah liga dimana para pemain harus saling bertarung untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam liga tersebut. Berbeda dengan Player Killing, karakter yang kalah atau tewas dalam Dueling tidak selalu mendapatkan penalti saat hidup kembali atau melanjutkan petualangan PvE-nya.
[page_break no="3" title="Flagging"]
Hampir sama dengan Player Killing, namun dalam Flagging pemain tidak boleh sembarangan menyerang pemain lain di map. Pemain yang sudah siap diharuskan memberikan tanda (atau dengan kata lain menyalakan flag) untuk memulai proses PvP. Untuk menyalakan dan mematikan tanda ini ada berbagai macam cara, tergantung dari game-nya. Ada yang hanya bisa memberikan tanda dengan menghubungi NPC, ada yang tidak.

Lanjut ke halaman 2 untuk pengenalan Arena of Atlantis dalam Atlantica Online

Pengenalan Arena of Atlantis dalam Atlantica Online

Memasuki kuartal pertama di tahun 2015, Tim Atlantica Online Indonesia menghadirkan [outbound_link text="update baru" link="http://www.gemscool.com/berita/read/2015/03/04/11847/news.html"] yang tentunya sudah dinantikan oleh para Atlantian (sebutan bagi pemain Atlantica Online). Ya, update terbaru itu bernama [outbound_link text="Arena Of Atlantis" link="http://atlantica.gemscool.com/landingpage/landingpage"] (AOA), yang sudah bisa dinikmati para Atlantian sejak Rabu, 4 Maret 2015, tepatnya setelah maintenance rutin.

AOA adalah sistem PvP terbaru dari Atlantica Online. AOA dapat dimainkan kapanpun (tidak ada waktu khusus). Kamu hanya harus daftar AOA, lalu menunggu sampai sistem menemukan lawan untuk kalian.

AOA Berbeda dengan mode PvP yang telah ada sebelumnya dalam Atlantica Online (seperti League Mode/Coloseum Mode). Pada AOA, kalian bisa menggunakan semua mercenary, bahkan yang tidak kalian miliki. Semua karakter level dan skill level pada AOA sudah ditentukan oleh sistem, Begitu pula dengan equipment yang menggunakanequipment special AOA pada semua mercenary dan main character. Dan jangan kaget bila ada beberapa perubahan skill effect dan serangan pada mode AOA ini.

Pemilihan karakter untuk AOA sendiri terdiri dari beberapa fase, mulai dari pemilihan karakter utama (Main Char Pick), Ban Phase untuk memilih mercenary yang di-ban alias tidak boleh digunakan, Pick Phase untuk memilih mercenary, dan mengatur formasi. Untuk lebih jelasnya mengenai tahapan-tahapan AOA, kamu bisa menyimak artikel Guide kami sebelumnya.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/05/tutorial-arena-of-atlantis-atlantica/" title="Tutorial Arena of Atlantis, Update Besar dari Atlantica Online!"]

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang AOA dalam Atlantica Online

  • Waktu setiap turn adalah 45 Detik
  • Level karkater utama dan mercenary disamakan
  • Seluruh skill karakter utama dan mercenary telah di tentukan oleh sistem dan tidak dapat di ubah.
  • Semua karakter menggunakan equipment khusus AOA dan seluruh status karakter telah di sesuaikan, sehingga tidak seperti Colosseum League.
  • Kalian akan mendapatkan Arena Points (AP) Setiap kalian selesai melakukan pertandingan AOA. Kedua pihak (Menang/Kalah) akan mendapatkan Point yang berbeda jumlahnya.
  • Arena Points (AP) dapat kalian tukarkan menjadi item item yang menarik seperti Level up ticket mercenary, Equipment Box, dan juga Sealed Orb Mercenary.
  • Pada AOA Battle, kamu bisa mengetahui cooldown skill.
  • Pada AOA Battle, kamu juga bisa melihat skill yang telah kamu / lawan keluarkan. Skill yang berwarna Hijau adalah skill yang kamu keluarkan, sedangkan yang berwarna merah adalah skill yang di keluarkan lawan.

Tutorial Arena of Atlantis dalam Atlantica Online

Lanjut halaman 3 untuk melihat 10 MMORPG dengan fitur PvP yang inovatif

10 Game dengan PvP yang Inovatif















settingguildvoting



experiencepoint 

open worldloadingshare