TUTUP

Review PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs (Versi PS5)

PAC-MAN multiplayer yang rusuh

Saya rasa, gamer tua dan muda pastinya tahu permainan PAC-MAN.

Ada judul baru PAC-MAN nih untuk berbagai platform, yaitu PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs.

Yang saya mainkan adalah yang versi PS5. 

Gimana kesan saya? Simak di bawah ini! 

1. Aksi multiplayer rusuh

Screenshot PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs, diambil Fahrul Nurullah di PS5. (Dok. Bandai Namco Entertainment Asia/PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs)

PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs adalah game PAC-MAN multiplayer.

Permainannya sendiri pada dasarnya cukup rusuh.

Basic dari game ini seperti PAC-MAN biasanya, yaitu kamu mengendalikan PAC kamu untuk memakan bundaran-bundaran pellet sambil menghindari para GHOST. Kalau PAC kamu kena GHOST kamu akan kehilangan 1 live. Kalau live kamu habis, ya kamu tereliminasi.

Tapi ada beberapa twist untuk PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs ini...

-Kamu akan bersaing menghadapi 64 pemain. Jadi kamu harus bertahan lebih lama dari para pesaing lain. 

-Kamu akan memulai permainan di satu labirin. Tapi selama permainan, kamu bisa mengakses labirin lain, yang bisa jadi berisi PAC pemain lain dan juga GHOST lain.  

Ada juga kemungkinan GHOST pemain lain ini bisa masuk ke labirin tempat kamu berada.

Nah, mekanik ini bisa membuat permainan semakin rusuh. Kenapa? Karena kamu bisa saja memangsa PAC pemain lain! 

Begitu PAC kamu memakan power pellet, yang bisa kamu mangsa bukan hanya GHOST yang ketakutan, tapi juga PAC pesaing. Mengejar-ngejar PAC kompetitor lain bisa jadi keseruan tersendiri. 

-Ada juga berbagai Power-up yang bikin aksi bisa lebih seru. Ada yang fungsinya sederhana, seperti membuat para GHOST menjauhi kamu. Tapi ada juga yang bisa membuat GHOST jadi lebih cepat. 

Tentu saja, Power-up yang membuat GHOST jadi lebih cepat itu akan merugikan kalau digunakan dalam  situasi normal... tapi kalau di labirin tempatmu berada ada PAC lain? Itu bisa dipakai untuk merecoki mereka. 

-PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs ini juga cross platform, dan memungkinkan hingga empat pemain untuk gabung ke permainan yang sama. Kalau kamu punya teman-teman untuk diajak mabar, gameplay rusuh game ini bisa bikin permainan makin seru. 

-Supaya PAC kamu lebih unik dibanding musuh-musuhmu, kamu bisa menggunakan poin yang kamu dapat setelah memainkan Elimination Mode untuk kustomisasi PAC kamu. Kamu bisa memberi aksesoris macam topi, kacamata, dan lain-lain ke PAC. 

Baca Juga: PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs Telah Rilis!

2. Macam-macam mode

(Dok. Bandai Namco Entertainment Asia/PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs)

PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs memiliki mode berikut:

-Elimination Mode: pada dasarnya cukup sederhana, pemain dari ranking apapun (termasuk yang masih unranked) bisa langsung main mode ini, berkompetisi dengan pemain lain untuk meraih kemenangan. Kamu lalu bisa mendapatkan Token untuk membeli aksesoris-aksesoris kustomisasi.

-Ranked Mode: kalau ini sudah lebih serius. Kamu akan dipasangkan dengan pemain yang kemampuannya mendekati kamu. Kalah menangnya kamu akan menentukan posisi kamu di leadeboard global. 

Ada juga Training Mode untuk latihan. 

3. Cukup seru, tapi...

Screenshot PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs, diambil Fahrul Nurullah di PS5. (Dok. Bandai Namco Entertainment Asia/PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs)

Menurut saya sih PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs ini cukup seru.

Sejak awal mekanik klasik PAC-MAN memang sudah berkesan, dan sekarang ada twist multiplayer yang bikin aksi mengendalikan PAC jadi lebih mendebarkan, dan kadang ada twist seru macam mengunjungi labirin pemain lain, atau berurusan dengan PAC pemain lain yang harus kamu pikirkan.

Tapi untuk saat ini, ada beberapa hal yang saya kurang suka:

-Ranked Match terasa kurang menawarkan hadiah menarik. 

-Penyajian menu utama di game ini terasa kering dan hambar untuk saat ini. Terlalu sederhana.

-Game ini seru untuk dimainkan, terutama kalau kamu penggemar PAC-MAN. Namun setelah menghabiskan sekitar 15 jam lebih memainkan game ini, saya merasa ada titik jenuh dimana pemain mungkin sudah merasa melihat semua yang ditawarkan PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs dan malas main lagi. 

Terutama karena, sekali lagi, Ranked Match yang bisa jadi mode utama untuk dimainkan pemain yang kompetitif kurang menyajikan hadiah atau hal baru yang menarik. 

Sementara itu sedikitnya mode permainan yang tersedia kurang memberi variasi jika pemain bosan dengan Elimination. 

4. Kesimpulan

Screenshot PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs, diambil Fahrul Nurullah di PS5. (Dok. Bandai Namco Entertainment Asia/PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs)

Saya akan memberikan PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs nilai 3 dari 5 bintang.

Sejak awal, mekanik dasar PAC-MAN itu klasik dan kompetisi multiplayer yang disajikan di sini terasa rusuh dan seru, terutama kalau kamu punya tiga teman yang bisa diajak berkompetisi di satu permainan.

Namun untuk saat ini, saya merasa Ranked Match kurang memberi hadiah menarik, dan sedikitnya mode membuat variasi permainan terasa minim.

Menu utama yang terasa kering dan terlalu sederhana juga jadi poin minus.

Nah itu review PAC-MAN Mega Tunnel Battle: Chomp Champs dari saya.

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Review Pac-Man Museum+, Kompilasi Pac-Man yang Paling Bener!