TUTUP

Review Astro Bot, Salah Satu Game Terbaik 2024 Sejauh Ini 

Astro Bot benar-benar game platformer yang luar biasa

GENRE: Platform

PUBLISHER: Sony Interactive Entertainment

DEVELOPER: Team Asobi

RELEASE DATE: 6 September 2024

RATING: 5/5

Astro Bot resmi rilis sejak 6 September 2024 kemarin.

Setelah beberapa hari, saya telah menuntaskannya.

Gimana kesan saya soal game ini? Simak review Astro Bot di bawah ini! 

1. Gambaran cerita Astro Bot

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Cerita Astro Bot itu begini, "Kapal induk PS5 telah hancur, meninggalkan ASTRO dan kru BOT yang tersebar di seluruh galaksi. Saatnya mengendarai Dual Speeder terpercayamu untuk melintasi lebih dari 50 planet yang penuh dengan kesenangan, bahaya, dan kejutan.

Dalam perjalananmu, manfaatkan kekuatan baru ASTRO semaksimal mungkin dan bertemulah kembali dengan banyak pahlawan ikonik dari dunia PlayStation."

Baca Juga: DualSense Wireless Controller – ASTRO BOT Siap Terbang!

2. Satu kata yang saya pikirkan setelah menamatkan game ini: "Kreatif."

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Astro Bot ini game yang terasa luar biasa kreatif bagi saya. 

Kreativitas sangat terasa di desain level, power up, dan berbagai aspek lain. 

Pada setiap galaksi, selalu ada saja gimmick baru pada planet-planet di dalamnya.

Ada planet kasino, dimana banyak hal bergerak sangat cepat. Supaya bisa menyelesaikannya kamu harus mengandalkan power up yang melambatkan waktu, dan mekanik melambatkan waktu ini terasa mantap. Demikian pula dengan visualnya. Ketika kamu menghajar musuh saat waktu melambat ini, saya jadi merasa sedang memainkan Quicksilver dari film X-Men

Ada planet dimana power up-nya membuat kamu bisa menyusut...

Ada planet dimana kamu jadi seperti memiliki karakteristik spons, dimana kamu bisa menyerap air untuk menjadi besar. Kamu pun bisa menyemburkan air di dalam tubuh si Bot untuk menangani rintangan api...

Ada level seperti Danger Dojo yang bisa membuat kamu merasa seperti ninja. 

Dan ini baru sebagian contohnya saja.

Hingga level terakhir, selalu ada planet yang menyajikan gimmick atau tantangan yang terasa baru. Petualangan di game ini pun senantiasa terasa fresh

3. Dunia kreatif ini disajikan dengan visual luar biasa

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Nah, dunia Astro Bot yang kreatif ini disajikan dengan visual luar biasa.

Mulai dari dunia yang cerah dan penuh warna, hingga dunia yang vibe-nya Halloween, semuanya tersaji dengan mantap dan jelas.

Detail dari setiap area ini menurut saya tersaji dengan begitu mantap dan tanpa kendala, hingga dalam banyak kasus, cara terbaik kamu untuk menemukan rahasia beneran hanya coba lihat sekelilingmu.

Cek apa ada jalan atau area yang bisa kamu jangkau. Cek apa jangan-jangan di bawah tempatmu berdiri ada platform yang bisa kamu capai, padahal itu bukan jalur utama misi. 

Efek seperti air, lava, dan lain-lain juga tampil dengan luar biasa.  

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

4. VIP Bot bisa jadi bahan nostalgia untuk pemain PlayStation veteran

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Di Astro Bot ini ada banyak VIP Bot yang bisa kamu temukan. 

Mereka ini adalah Bot dengan kostum berbagai karakter game populer.

Bukan hanya karakter 1st Party Sony, seperti Kratos. Sejumlah karakter 3rd Party yang game-nya populer di PlayStation pun bisa kamu temukan!

Karakter-karakter ini juga variasinya banyak. Ada yang dari era PS1 hingga PS5.

Menemukan karakter seperti PaRappa the Rapper bisa membuat gamer PlayStation bernostalgia...

Sementara pemain PS generasi baru bisa takjub menemukan kameo karakter seperti Kratos dan Nathan Drake. 

Dengan situasi itu, VIP Bot di Astro Bot ini terasa sebagai selebrasi dari sejarah panjang PlayStation hingga titik ini. 

5. Tingkat kesulitan di Astro Bot awamnya fair, dan peningkatannya terasa oke... tapi ada beberapa level yang akan menantangmu

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Dulu, ketika saya dapat kesempatan memainkan versi preview Astro Bot, saya memikirkan game ini cocok untuk dimainkan pemain segala umur.

Tingkat kesulitannya terasa tidak terlalu brutal saat itu, dan saya rasa pemain anak-anak maupun orang dewasa akan dengan cepat memahami cara main game ini.

Gimana kesan saya setelah memainkan versi penuhnya?

Yang cukup saya respek sekarang adalah peningkatan levelnya. Level di galaksi awal mungkin terasa mudah, namun galaksi-galaksi berikutnya terasa ada planet yang menantang. 

Namun perkembangan dari tingkat kesulitan ini terasa begitu smooth hingga saat saya sadar tingkat kesulitan suatu level sudah terasa lebih dahsyat dibanding sebelumnya, ya saya merasa sudah menerima tingkat kesulitan tersebut.

Hanya saja, ada jenis level yang benar-benar menantang dibanding level standar: Lost Void.

Ada Lost Triangle Void, Lost Circle Void, Lost Cross Void, Lost Square Void, masing-masing mewakili simbol segitiga, bundar, X, dan kotak di controller PlayStation.

Level-level di Lost Void ini terasa sebagai ujian kemampuan akhir para pemain. Setiap level tidak punya checkpoint (jadi kalau kamu mati ya kamu kembali ke awal), dan memiliki beragam tantangan dari game platformer klasik, seperti penempatan perangkap dan musuh yang bisa terasa kejam.

Ini adalah level-level yang paling bikin saya frustrasi, dan bisa bikin kesulitan pemain muda maupun tua. 

Tips saya sih: kalau kamu frustrasi dengan Lost Void ini, coba selesaikan misi-misi reguler dulu. Lalu baru kembali nanti.

Dengan tingkat kesulitannya, dan masing-masing level Lost Void hanya memiliki 1 VIP Bot untuk diselamatkan, ini bisa jadi semacam tantangan yang kamu selesaikan setelah menuntaskan semua planet reguler... 

6. Game yang memanfaatkan penuh controller DualSense

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Pemain PS5 saya rasa sudah mencoba Astro's Playroom?

Game itu sudah pre-installed di semua PS5.

Astro's Playroom itu terasa sebagai semacam tech demo supaya pemain PS5 mencoba fitur-fitur DualSense.

DualSense sendiri menurut saya adalah controller yang menarik, tapi kebanyakan game terasa belum memanfaatkan penuh fitur-fiturnya.

Nah Astro Bot ini sih terasa memanfaatkan penuh DualSense

DualSense memiliki fitur Haptic Feedback. Fitur yang artinya, "Teknologi yang dapat menciptakan pengalaman sentuhan dengan menerapkan gaya, getaran, atau gerakan kepada pengguna."

Saat protagonis kita menapak di permukaan yang berbeda, sensasinya di DualSense juga beda. Dan ada banyak jenis permukaan yang ditapaki protagonis kita di game ini, mulai dari rerumputan, air, pasir, es, dan banyak lagi. Semuanya sensasinya unik. 

Sepanjang permainan, akan ada momen dimana kamu harus membidik dengan fungsi gyro. Ada juga momen dimana kamu harus meniup. Semua itu menonjolkan keunikan dari DualSense.

7. Apakah ada keluhan?

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Menurut data di PS App, saya menghabiskan 18 jam total memainkan Astro Bot.

18 jam itu kira-kira hampir 1/3-nya saya habiskan untuk menyelesaikan misi Lost Void yang menantang. Jadi kalau tidak menghitung itu, waktu dari saya memulai game hingga mengalahkan final boss mungkin hanya 12-13 jam.

Jadi kalau soal keluhan ya game ini terasa agak singkat.

Setelah menuntaskan boss terakhir, dan mengumpulkan semua Bot, ada sedikit perasaan hampa. Seperti saya ingin melihat lebih banyak aksi dan level kreatif, dan belum siap perjalanan saya berakhir.

Namun dilansir gamingbolt, Nicolas Doucet dari Team Asobi, bakal ada 15 level speedrun untuk game ini sebelum akhir tahun, yang bakal disajikan sebagai DLC gratis. Jadi setidaknya nanti bakal ada konten gratis yang semakin menambah durasi main game ini. 

Keluhan lain ya... terkait dengan poin 5, beberapa tantangan Lost Void itu beneran brutal. Namun yang ini tidak mempengaruhi penilaian saya untuk review. 

8. Kesimpulan?

Screenshot Astro Bot dari PS5, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Dok. Team Asobi/Astro Bot)

Saya memberikan Astro Bot nilai 5 dari 5 bintang.

Sebagai platformer, Astro Bot terasa mantap, dengan level serta power up yang kreatif. Setiap galaksi selalu saja ada planet yang benar-benar terasa menyajikan hal baru, dan itu terasa beneran hingga menjelang pertempuran akhir. 

Lalu gameplay yang solid itu didukung visual dahsyat, pemanfaatan DualSense yang luar biasa, serta faktor-faktor macam VIP Bots yang menggugah nostalgia. 

Ini adalah platformer terbaik yang saya mainkan di 2024, dan berpotensi jadi salah satu kandidat Game of the Year.

Kalau kamu adalah orang tua yang mau beli PS5, Astro Bot ini ideal untuk game pertama untuk dibeli. Karena anak-anak maupun orang dewasa saya yakin akan bisa menikmatinya. 

Nah itu review Astro Bot dari Duniaku.com.

Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Impresi Mencoba Astro Bot: Cerah, Fun, dan Terasa Menjanjikan