TUTUP

Mekanika Dota 2 : Penjelasan 3 Tipe Damage di Dota 2

Dalam game MOBA khususnya Dota 2, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui seperti tipe damage yang ada dalam game. Ada 3 tipe damage di Dota 2 yaitu magical, physical dan pure damage. Ingin tau perbedaan dari ketiga tipe damage tersebut? yuk simak pembahasan berikut ini.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/11/11/20161111mekanika-dota-2-disjoint-part-2/2/" title="Mekanika Dota 2: Disjoint Bagian 2! Macam-Macam Ability yang Dapat Dihindari"] Jika kalian bermain Dota pasti tau tentang 3 tipe damage ini, masing-masing tipe damage memiliki kelebihannya sendiri. Kerusakan yang dihasilkan kepada musuh tergantung dari tipe damage yang kita gunakan dan juga tergantung dari resistance yang dimiliki musuh. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan tentang ketiga tipe damage berikut ini.

Physical Damage

[duniaku_adsense] Tipe damage ini pada umumnya dihasilkan dari serangan biasa yang dilakukan oleh hero atau creep, ada beberapa spell juga menghasilkan physical damage. Damage dari tipe ini bisa dikurangi dari jumlah armor yang kamu punya serta beberapa item dan spell memiliki kemampuan dapat mengeblok damage yang bertipe fisik. Physical damage tidak dapat melukai unit/hero yang sedang berstatus ethereal. Ada beberapa item yang bisa membuat hero berstatus ethereal seperti ghost scepter atau ethereal blade. Ada juga hero yang memiliki skill yang dapat membuat dirinya atau unit lain menjadi ethereal seperti Pugna dengan skill   Decrepify miliknya atau Necrophos dengan  Ghost Shroud. Berikut daftar spell yang mempunyai damage bertipe fisik.
Alchemist - Acid Spray   Alchemist - Unstable Concoction
  Anti-Mage - Mana Break1 2   Battle Fury - Cleave2
  Beastmaster - Wild Axes Bounty Hunter - Shadow Walk
  Bristleback - Quill Spray Centaur Warrunner - Return
  Clinkz - Searing Arrows Dazzle - Poison Touch
  Dazzle - Shadow Wave   Death Prophet - Exorcism2
  Diffusal Blade - Manabreak1 2   Dragon Knight - Elder Dragon Form splash2
  Elder Titan - Earth Splitter3   Elder Titan - Echo Stomp3
  Ember Spirit - Sleight of Fist1 2   Juggernaut - Omnislash
  Kunkka - Tidebringer2   Leshrac - Diabolic Edict
Lifestealer - Feast1 2 Luna - Moon Glaive4
Magnus - Empower (cleave and splash)2   Necronomicon Warrior - Mana Break1 2
  Nyx Assassin - Vendetta   Razor - Eye of the Storm
Riki - Cloak and Dagger1 2 Roshan - Bash1 2
Shadow Blade - Shadow Walk1 2 Silver Edge - Shadow Walk1 2
Slardar - Bash of the Deep1 2 Slardar - Slithereen Crush
Sniper - Headshot1 2 Spirit Bear - Entangling Claws
Sven - Great Cleave2 Templar Assassin - Meld
Tidehunter - Anchor Smash Tiny - Grow cleave2
Ursa - Fury swipes1 2 Viper - Nethertoxin1 2
Weaver - The Swarm4
  *Catatan :
  1. Damage langsung dimasukkan kedalam serangan biasa.
  2. Damage yang dihasilkan dari ability ini dipengaruhi oleh armor.
  3. Setengah damage yang dihasilkan adalah physical, setengah lagi magical damage.
  4. Damage dapat di kurangi oleh damage block.

Magical Damage

Magical damage biasanya dihasilkan oleh spell pada umumnya. Damage dari tipe ini dapat dikurangi oleh magic resistance, tapi damage yang dihasilkan ke musuh yang berstatus ethereal menjadi tinggi. Damage yang dihasilkan oleh tipe ini dapat diperkuat dengan beberapa item amplifier seperti   Veil of Discord  atau spell dari hero Skywrath -  Ancient Seal​. Magical damage juga dapat di blok/absorb dengan skill   Flame Guard milik Ember Spirit serta  Pipe_of_Insight.png Barrier dari Pipe of Insight. Hampir semua spell di Dota 2 pada umumnya bertipe magical, hanya beberapa saja yang bertipe fisik seperti list diatas dan ada juga beberapa yang bertipe pure. [duniaku_baca_juga]

Yuk buka halaman 2 agar tahu maksud dari pure damage...

Pure Damage

[duniaku_adsense] Tipe damage ini tidak dikurangi oleh magic resistance, armor dan damage block. Tipe damage ini juga tidak dapat diperkuat oleh magic amplifiers seperti  Veil of Discord. Namun damage dari tipe ini dapat dipengaruhi dengan spell yang dapat mengurangi/menambah damage yang dihasilkan seperti Dispersion​ atau Soul Catcher. [read_more link="http://www.duniaku.net/2017/02/17/cara-memanfaatkan-helm-of-the-dominator/" title="Ini Cara Memanfaatkan Helm of the Dominator yang Bakal Bikin Kamu Menang Mudah"] Pure damage dapat memberikan damage ke musuh yang spell immune tetapi beberapa spell dengan pure damage tidak dapat digunakan kepada unit yang spell immune, contoh spell Brain Sap​ yang memiliki damage bertipe pure tetapi tidak dapat digunakan ke unit yang spell immune. Berikut spell yang memiliki damage bertipe pure :
Abaddon - Mist Coil1 Axe - Counter Helix
Bane - Brain Sap Bane - Nightmare
Bloodseeker - Blood Rite Bloodseeker - Rupture
Chen - Test of Faith Doom - Doom
Enchantress - Impetus Enigma - Midnight Pulse
Enigma - Black Hole Invoker - Sun Strike
Iron Talon - Chop Lina - Laguna Blade2
Lone Druid - Summon Spirit Bear backlash Medusa - Mystic Snake3
Nyx Assassin - Spiked Carapace Omniknight - Purification
Outworld Devourer - Arcane Orb Pudge - Meat Hook
Queen of Pain - Sonic Wave Silencer - Glaives of Wisdom
Spectre - Desolate Templar Assassin - Psi Blades
Timbersaw - Chakram Timbersaw - Chakram
Timbersaw - Timber Chain Timbersaw - Whirling Death4
Tinker - Laser Urn of Shadows - Soul Release
  *catatan :
  1. Mist Coil hanya menghasilkan pure damage untuk abaddon sendiri, target yang di tuju hanya mendapatkan magical damage
  2. Laguna Blade hanya akan bertipe pure ketika sudah memiliki
3. Aghanim's Scepter, jika belum Laguna Blade hanya akan menghasilkan magical damage. 4. Damage dari Mystic Snake hanya akan bertipe pure ketika musuh terkena efek 5. Stone Gaze dan berubah menjadi batu, jika tidak maka hanya akan menghasilkan magical damage. 6. Whirling Death hanya akan bertipe pure ketika berhasil memotong pohon sewaktu spell tersebut digunakan, jika tidak maka hanya akan menghasilkan magical damage. [duniaku_baca_juga] Seperti itu lah 3 tipe damage yang ada di dota 2, masing-masing tipe memiliki kelebihannya masing-masing. Jika dilihat damage bertipe pure-lah yang terkuat, karena damage dengan tipe tersebut tidak dapat dikurangi oleh magic resistance dan armor musuh. Tetapi beberapa spell yang bertipe pure memilki kondisi jika ingin menghasilkan damage yang bertipe pure. Sumber : Dota2.gamepedia.com. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari