Kenapa Thor Lemah di Avengers: Endgame? Begini Situasinya!

Sempat kuat sekali di Infinity War, melemah di Endgame

Kenapa Thor Lemah di Avengers: Endgame? Begini Situasinya!

Thor di Infinity War adalah versi terkuatnya di fase 1 hingga fase 3 MCU. Dia menyadari dirinya adalah dewa petir bukan dewa palu di Thor: Ragnarok, lalu di Infinity War dia memperoleh Stormbreaker yang kuat. 

Thor bahkan nyaris membunuh Thanos saat pertempuran Wakanda, meski Thanos sudah punya Infinity Gauntlet lengkap. Sayang dia tidak langsung menyerang kepala Thanos. 

Lalu Thor lemah di Endgame. Kenapa? Yah, begini situasinya! 

1. Kondisi Thor setelah membunuh Thanos

Kenapa Thor Lemah di Avengers: Endgame? Begini Situasinya!cinemablend.com

Setelah timeskip, Thor jelas-jelas mengalami depresi, dan mencoba meredam rasa dukanya dengan minuman beralkohol. Efeknya? Setelah timeskip lima tahun, kita melihat tubuh Thor tak lagi prima seperti di awal film. 

Saya bahkan ragu Thor melatih tubuhnya dalam waktu lima tahun itu. Thor biasanya diperlihatkan melawan monster di Thor 1 hingga Ragnarok, dan bisa jadi ia tak melakukannya dalam jeda lima tahun dari kematian Thanos hingga waktunya Time Heist

Situasi itu bisa membuat insting bertarung Thor tumpul dibandingkan di Infinity War. 

Fisik Thor secara keseluruhan juga sepertinya melemah dibanding biasanya. Ya, dia masih bisa bertarung.  Hanya saja, saat Thor hendak menggunakan Infinity Gauntlet, Tony Stark mencegahnya. Tony mengatakan kondisi Thor tidak memadai.

Itu juga sepertinya bukan hanya persepsi Tony Stark. Dalam tanya jawab dengan sutradara film ini, Russo Bersaudara, juga pernah ada yang bertanya kenapa harus Iron Man yang melakukan final snap, bukan orang seperti Thor, Star-Lord, Dan Captain Marvel yang sebelumnya sudah menghadapi kekuatan Infinity Stone

Secara menarik, dalam jawabannya disebutkan kalau Thor di film ini tidak bisa melakukannya. Memberi implikasi kalau Thor di film lain mungkin bisa, tapi dia yang di Endgame tidak bisa. 

Baca Juga: 5 Trailer Film Marvel yang Menipu Fans! Menyembunyikan Kejutan?

2. Thor gak punya waktu melatih tubuhnya dan insting bertarungnya

Kenapa Thor Lemah di Avengers: Endgame? Begini Situasinya!collider.com

Mungkin kalau Thor diberi motivasi dan waktu, ia bisa melatih lagi tubuhnya.

Thor yang sudah bertemu Frigga dan "meminjam" Mjolnir dari era Thor: The Dark World tampak sudah lebih baik kondisi mentalnya ketimbang dirinya saat baru dijemput di New Asgard, hingga dia siap tempur saat Thanos datang. 

Kalau Thor yang itu diberi waktu untuk melatih fisiknya lagi, dia mungkin dapat kembali prima setelah beberapa bulan. 

Namun kita lihat sendiri Thor gak punya waktu untuk melakukan itu. Begitu time heist dimulai, segalanya berjalan cepat hingga dimulainya pertempuran lawan Thanos. 

Saat Thor bersiap-siap melawan Thanos di akhir film, ya pada dasarnya dia masih Thor yang tidak prima. 

Meski Thanos yang di Endgame harusnya lebih lemah dari di Infinity War (Thanos yang itu bahkan gak punya satu Infinity Stone hingga masih harus memakai armor), Thor jadi tidak bisa mengalahkannya. 

Singkatnya begini: ini kasusnya seperti atlet tinju yang setelah tidak latihan lima tahun disuruh kembali ke ring untuk melawan juara dunia. 

3. Meski begitu Thor masih punya pengalaman tempur ribuan tahun, dan dia pada dasarnya Asgardian, dan itu terlihat di pertempuran akhir

Kenapa Thor Lemah di Avengers: Endgame? Begini Situasinya!Thor di Avengers: Edngame. (Disney+ Hotstar/Avengers: Endgame)

Meski Thor memang melemah di Endgame, kita bisa lihat dia sebenarnya masih tangguh kalau dibandingkan manusia biasa. Gak heran mengingat dia Asgardian, dan dia punya pengalaman tempur panjang. 

Dia tetap bisa melawan Thanos di pertempuran akhir, dan bahkan terus bertarung meski menerima hantaman-hantaman kuat Thanos. 

Serangan-serangan palu dan petir Thor juga masih bisa mengatasi prajurit-prajurit Thanos saat pertempuran besar terjadi.

Ini menakjubkan sebenarnya. Kalau manusia biasa tidak latihan lima tahun dan terus-terusan mengonsumsi bir, mereka bisa jadi akan kepayahan saat disuruh bertarung lagi. Stamina dan kekuatan fisik mereka bakal kacau. 

Sementara itu Thor di Endgame masih cukup tangguh untuk menghajar prajurit-prajurit Thanos, dan bahkan bertarung melawan Thanos.

Itu situasi soal Thor lemah di Avengers: Endgame. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar!  

Baca Juga: 4 Anggota Eternals yang Cocok Jadi Avengers di Film Marvel

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU