Kenapa Captain America Hanya Membeku dan Tidak Mati? Ini Alasannya

Ada kondisi fisik Steve yang membuatnya tidak mati saat beku

Kenapa Captain America Hanya Membeku dan Tidak Mati? Ini Alasannya

Salah satu situasi unik yang dialami oleh Captain America adalah saat dia "lompat" ke masa depan dengan cara yang tidak natural yaitu membeku.

Tapi jadi pertanyaan, kenapa dia tidak mati dan justru membeku bahkan bisa diselamatkan di masa depan?

1. Captain America membeku di tahun 1945 sampai 2011

Kenapa Captain America Hanya Membeku dan Tidak Mati? Ini AlasannyaChris Evans sebagai Captain America di Captain America: The Winter Soldier. (Dok. Marvel Studios/Captain America: The Winter Soldier)

Steve Rogers adalah pahlawan Amerika yang sudah beraksi sejak Perang Dunia Kedua, namun dia salah satu yang gugur di akhir konfliknya.

Steve mengorbankan dirinya untuk menjatuhkan pesawat bomber Valkyrie milik Red Skull yang akan menyerang Amerika di Samudra Arktik. 

Dalam proses ini, Steve Rogers ikut terjatuh dan secara laporan dia mati dalam misi, yang padahal tubuhnya hanya membeku di Arktik.

2. Membeku sejak 1945 sampai 2011, Steve Rogers bertahan hidup selama 66 tahun

Kenapa Captain America Hanya Membeku dan Tidak Mati? Ini AlasannyaTameng Steve Rogers yang membeku. (Dok. Marvel Studios)

Apakah kamu tahu berapa lama Captain America membeku sampai akhirnya dia ditemukan oleh SHIELD?

Steve Rogers membeku mulai dari tahun 1945 di akhir Perang Dunia Kedua dan akhirnya baru ditemukan di tahun 2011 oleh SHIELD.

Ini berarti Steve Rogers sudah membeku selama 66 tahun. 

Baca Juga: Siapa Saja Captain America di Film Marvel? Ini 3 yang Sudah Muncul!

3. Berdasarkan Marvel Avengers S.T.A.T.I.O.N. di Las Vegas, kondisi fisik Steve yang membuatnya selamat dan hanya membeku

Kenapa Captain America Hanya Membeku dan Tidak Mati? Ini AlasannyaSteve Rogers di Age of Ultron. (Dok. Marvel Studio/Avengers: Age of Ultron)

Di Marvel Avengers S.T.A.T.I.O.N. yang terletak di Las Vegas, Amerika, ada informasi soal kondisi tubuh Steve Rogers yang membuatnya tak mati membeku di Arktik.

Menurut Marvel, saat itu meskipun tubuh Steve Rogers membeku, namun aliran darahnya tidak membeku karena banyaknya glukosa di darahnya berdasarkan hasil tes darah yang tetap bersilkulasi di jantungnya.

Karena hal itu, Steve Rogers masuk ke kondisi cryoprotectant di mana sel di dalam tubuh tidak rusak karena bagian luarnya membeku, mirip seperti beberapa hibernasi dalam hewan seperti katak kayu Alaska.

4. Singkatnya, meskipun badannya membeku tapi organ dan sel di dalam tubuh Steve Rogers masih berfungsi normal, sehingga dia hanya hibernasi

Seperti yang dijelaskan oleh Marvel di poin ketiga, kondisi yang dialami Steve Rogers adalah cryoprotectant yang membuat tubuhnya membeku tapi organ dan sel di dalam tubuhnya masih berfungsi.

Tentu saja itu disebabkan karena serum super soldier yang membuat tubuh Steve Rogers jadi semakin kuat. Bahkan Marvel mengkonfirmasi kalau manusia pertama dalam sejarah Marvel yang bisa masuk ke tahap cryoprotectant hanya Steve Rogers (di dunia nyata hanya beberapa hewan yang bisa begini).

Jadi dia hanya mengalami hibernasi, selama tidur panjang itu organ dalam tubuhnya tidak rusak karena membeku sehingga ketika dicairkan lagi dia bisa selamat. Jadi itu alasannya, bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Apa Kekuatan Captain America di Film Marvel? Ini Penjelasannya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU