TUTUP

Tim Thunderbolts atau The Suicide Squad, Mana yang Lebih Kuat?

Thunderbolts Marvel atau Suicide Squad DC yang lebih kuat?

Tim Thunderbolts* MCU sejauh ini mungkin terasa seperti Suicide Squad. Kumpulan yang terdiri dari sosok bermasalah.

Tapi kalau tim Thunderbolts dan Suicide Squad versi film diadu yang menang siapa?

Ini analisis saya. 

1. Tim Thunderbolts versi film

Para calon anggota Thunderbolts ( Dok. Marvel Entertaiment / Thunderbolts )

Dari yang terlihat di trailer dan promo, anggota Thunderbolts terdiri dari enam sosok bermasalah:

-Ghost

-Taskmaster

-John Walker

-Bucky Barnes

-Red Guardian

-Black Widow (Yelena Belova) 

Ada juga sosok Bob yang tampaknya adalah Sentry, namun belum diketahui Sentry akan berujung jadi sekutu atau malah musuh. 

Ini adalah tim yang terdiri dari manusia yang sangat terlatih (Yelena), petarung dengan kemampuan unik (Taskmaster dengan refleks fotografisnya), serta sosok yang beneran tergolong Super Soldier (Red Guardian, Bucky, John Walker). 

Yang kemampuannya paling unik adalah Ghost yang bisa menembus objek padat. 

Baca Juga: 5 Anggota Thunderbolts Marvel Versi Film yang Pernah Jadi Villain 

2. Anggota The Suicide Squad

(Dok. Warner Bros./The Suicide Squad)

Untuk Suicide Squad, saya akan menggunakan versi dari film live action terbaru mereka yaitu The Suicide Squad.

Tim finalnya pada akhirnya terdiri dari segelintir Tim 1 (yang pertama diterjunkan) dan Tim 2 (yang diterjunkan setelah Tim 1 hampir semuanya mati): Rick Flag, Harley Quinn, Peacemaker, Bloodsport, King Shark, Ratcatcher 2, Polka-Dot Man. 

Ini adalah tim yang cukup variatif. Rick Flag dan Harley terasa sebagai manusia biasa namun sangat jago dalam bertempur, demikian pula dengan Peacemaker dan Bloodsport. Untuk Bloodsport, dia juga punya senjata api yang bisa berubah-ubah bentuk hingga fleksibel untuk digunakan.

Untuk King Shark, dia punya kekuatan dan ketangguhan fisik luar biasa. Menjatuhkan dia akan sangat repot. 

Selain itu ada Polka-Dot Man dan Ratcatcher 2. Kekuatan dua ini mungkin awalnya terasa remeh (satunya meluncuran polka dot satunya mengendalikan tikus). Tapi polka dot yang ditembakkan Polka-Dot Man itu sangat berbahaya dan bahkan mampu menyakiti tubuh Starro. Sementara itu Ratcatcher II bisa mengendalikan tikus awalnya mungkin terdengar konyol... tapi dia bisa mengendalikan tikus di satu kota dan mengerahkan mereka untuk menyerang musuh. 

3. Dalam situasi dua tim ini bertempur, jika Thunderbolts tidak didukung Sentry, mereka bisa bisa kalah

(Dok. Marvel Studio/Thunderbolts*)

Para Super Soldier di Thunderbolts saya rasa bisa saja mengatasi Harley, Rick Flag, Bloodsport, dan Peacemaker.

Namun dengan susunan seperti ini, sosok seperti King Shark akan jadi masalah serius bagi Thunderbolts. King Shark level ketangguhan dan kekuatannya sudah bukan Super Soldier lagi, itu sudah level monster, dengan tubuh yang beneran sulit ditembus peluru biasa.

Tapi yang bisa bikin kesulitan terbesar bagi Thunderbolts menurut saya justru anggota eksentrik Suicide Squad seperti Polka-Dot Man dan Ratcatcher 2.

Kekuatan Polka-Dot Man bisa sangat berbahaya kalau kena tubuh manusia. Kamu bisa lihat sendiri bagaimana kekuatan ini bisa melelehkan manusia di The Suicide Squad. Saya tidak yakin tubuh Super Soldier pun bisa menahan efeknya. 

Setidak-tidaknya, tampaknya ketahanan fisik Polka-Dot Man masih seperti manusia biasa. Jadi jika dia misalnya tertimpa sesuatu atau sejenisnya ya dia sudah akan teratasi. 

Sementara itu Ratcatcher 2... dalam situasi normal mengatasi dia sebenarnya tidak sulit. Tapi kalau dia sudah memanggil pasukan tikus untuk mengatasi Thunderbolts, itu bakal jadi tantangan berat. 

4. Jika Sentry berada di pihak Thunderbolts, situasinya bisa beda

Dok. Marvel

Kekuatan Bob di MCU belum diketahui. Dia minimal anti-peluru kalau kita lihat trailer.

Tapi kalau dia sekuat Sentry di komik, dan dia beneran akan berada di sisi Thunderbolts, maka dia bisa saja mengatasi Suicide Squad sendirian.

Soalnya Sentry di komik adalah hero sekuat Superman namun bisa lebih brutal dalam menghabisi sosok yang dia rasa ancaman.

Dia bahkan pernah merobek Ares yang seorang dewa Yunani. Jadi kalau Sentry MCU sekuat dirinya di komik, merobek King Shark bukan masalah. 

5. Namun tim Suicide Squad ini pada akhirnya sempat pecah sementara Thunderbolts ada kemungkinan bisa bersatu hingga akhir

HBO Max

Yang jadi masalah: tim Suicide Squad ini sebenarnya mengalami perpecahan. Peacemaker kemudian membunuh Rick Flag, dan Bloodsport kemudian mengatasi Peacemaker.

Thunderbolts memang terasa bermasalah juga timnya. Di trailer mereka terlihat saling bertempur, dan posternya pun memperlihatkan mereka saling baku hantam.

Namun berhubung semua anggota Thunderbolts yang sudah terungkap terasa sebagai karakter yang baik meski memiliki sisi anti-hero, lebih mudah membayangkan mereka bakal bersatu melawan musuh yang sama. Sementara tim Suicide Squad ini terbukti bisa pecah. 

Ini bisa membantu kemenangan Thunderbolts jika mereka bertempur, walau kekuatan King Shark, Ratcatcher, dan Polka-Dot Man tetap bisa jadi masalah. 

6. Kesimpulan?

marvel studios

Dalam situasi pertempuran dimana kedua tim utuh, dan Thunderbolts tidak dibantu Sentry, maka Suicide Squad bisa saja memenangkan pertempuran ini.

Namun Thunderbolts bisa menang kalau benar nantinya Sentry gabung mereka, dan Sentry MCU ini kekuatannya setara dirinya di komik. (Ada kemungkinan dia akan dilemahkan sih melihat apa yang terjadi pada sosok macam Drax).

Thunderbolts juga bisa saja menang kalau tim Suicide Squad pecah duluan. Karena memang tim dari The Suicide Squad ini mengalami konflik internal karena aksi Peacemaker, yang berujung ke Rick Flag dibunuh Peacemaker sementara Peacemaker diatasi oleh Bloodsport. (Walau di seri Peacemaker terungkap kalau dia secara ajaib bisa selamat). 

Nah itu analisis saya soal tim Thunderbolts atau Suicide Squad mana yang lebih kuat.

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 6 Hal Menarik di Teaser Trailer Thunderbolts, Avengers Versi Gelap?