TUTUP

Daftar Pekerjaan Abang Salleh Upin & Ipin, Mantan Kriminal?!

Bang Salleh punya banyak sumber penghasilan, loh!

Abang Salleh adalah salah satu karakter figuran dalam serial animasi anak Upin & Ipin. Dia termasuk dalam jajaran karakter yang telah diperkenalkan sejak musim pertama kartun 3D persembahan Les' Copaque Production ini, tepatnya di episode kelima bertajuk "Esok Raya".

Di episode tersebut, Abang Salleh diperlihatkan tengah mengepel teras rumahnya ketika Upin, Ipin, dan teman-temannya melewati dan mengotori lantai yang telah bersih tersebut ketika sedang mengejar Rembo. Pada episode berikutnya, sosoknya kembali muncul, di mana Upin, Ipin, serta kawanannya datang untuk meminta maaf di momen Hari Raya.

Abang Salleh digambarkan sebagai laki-laki yang mempunyai jiwa feminin, bahkan sering protes jika ada warga kampung yang tak menyapanya dengan nama "Sally". Namun, kepribadiannya mulai berubah jadi laki-laki seutuhnya semenjak sering bergaul dengan Izham dan Badrol.

Abang Salleh pun sebenarnya cukup bijaksana dan sangat ramah. Dia bahkan sangat terampil dalam berbagai hal, serta ditunjukkan telah melakoni banyak pekerjaan sekaligus, menjadikannya sebagai salah satu penduduk terkaya di Kampung Durian Runtuh.

Nah, inilah daftar pekerjaan Abang Salleh di Upin & Ipin yang harus kamu ketahui!

1. Pemburu liar

dok. LCP/ Geng: Pengembaraan Bermula

Dalam film Geng: Pengembaraan Bermula, Abang Salleh tampil sebagai salah satu karakter antagonis. Dia tampak bekerja di bawah perintah Pak Mail, tepatnya sebagai pemburu liar.

Di film pertama produksi Les' Copaque Production tersebut, Abang Salleh awalnya terlihat tengah berada di warung Uncle Muthu. Lalu, Opah datang dan menagih pakaian yang sepertinya sedang dipermak oleh Salleh dan hendak digunakan Opah untuk kondangan.

Setelahnya, Opah berbicara dengan Ah Tong dan membahas rumor Hantu Durian. Salleh segera pasang telinga untuk menyimak percakapan kedua orang tua tersebut.

Memasuki puncak alur film, terungkaplah bahwa Abang Salleh adalah Hantu Durian yang selama ini dirumorkan. Dia bersama rekannya, Singh, sengaja membuat warga takut, sehingga mereka bisa leluasa beraksi pada malam hari.

Untungnya, Abang Salleh telah menyadari kesalahannya saat itu. Kini, dia sudah tak melakoni pekerjaan haram tersebut.

2. Pengusaha "Jari-Jemari Salleh"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Di musim kelima episode "Jari Jemari Salleh", diperlihatkan pula bahwa Abang Salleh telah membuka usaha membuat hantaran pernikahan. Saat itu, Upin dan Ipin dimintai tolong oleh Kak Ros untuk mengantarkan kain pesanan Abang Salleh ke rumahnya.

Setibanya Upin dan Ipin di sana, keduanya terkejut karena mendengar teriakan Abang Salleh dan lantas masuk ke rumah itu. Ternyata, Salleh kaget karena menerima pesanan dalam jumlah sangat besar, yang awalnya hanya 500 langsung naik 2 kali lipat menjadi 1000.

Dalam episode tersebut, Abang Salleh banyak meminta bantuan kepada Upin dan Ipin, Dia juga menjelaskan adat Melayu yang berkaitan dengan hantaran pernikahan tersebut. Episode ini menunjukkan bahwa Abang Salleh tak hanya terampil, tetapi juga memiliki wawasan yang luas tentang budaya Melayu.

Baca Juga: Beragam Tipe MBTI Karakter Upin & Ipin, Ada yang Setipe?

3. Penjual online

dok. LCP/ Upin & Ipin

Sementara itu, di episode "Usahawan Muda" dalam musim ketujuh, ditunjukkan pekerjaan lain yang dilakoni Abang Salleh, yakni penjual online.

Dalam episode tersebut, Abang Salleh diperlihatkan tengah asyik berurusan dengan laptopnya di warung Uncle Muthu. Ternyata, saat itu dia tengah memperbarui laman tempat ia berjualan secara online, dan salah satu dagangannya ialah hantaran pernikahan "Jari Jemari Salleh".

Abang Salleh membuktikan bahwa berjualan online bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan berjualan secara langsung. Pasalnya, dengan berpromosi secara daring, maka otomatis jangkauan pelanggannya menjadi jauh lebih luas.

Dengan begitu, barang atau jasa yang penjual online tawarkan akan lebih terekspos hingga ke penjuru negeri. Itulah mengapa Abang Salleh bisa menerima pesanan hingga 1000 pak.

Melihat peluang tersebut, Mail lantas termotivasi. Dibantu oleh Abang Salleh, Upin, Ipin, dan Mail pun ikut berdagang secara online, dengan layang-layang sebagai barang jualannya.

4. Pustakawan

dok. LCP/ Upin & Ipin

Pekerjaan Abang Salleh di Upin & Ipin selanjutnya ialah sebagai pustakawan. Penampilan pertama yang memperlihatkan Abang Salleh sebagai penjaga perpustakaan ialah di episode "Seronoknya Membaca" dalam musim ketiga, tepatnya pada bagian 2.

Saat itu, Bang Salleh tampil sebagai seorang pustakawan untuk perpustakaan keliling. Perpustakaan tersebut tiba di Tadika Mesra, lalu Bang Salleh mempersilakan Upin, Ipin, dan murid-muridnya untuk masuk.

Abang Salleh menunjukkan kepribadian yang cukup berbeda dari yang biasanya kita kenal. Dia terlihat disiplin dan sangat tegas, bahkan kepada anak-anak seusia Upin dan Ipin.

Abang Salleh tak akan ragu memarahi murid-murid yang melanggar aturan perpustakaan. Jarjit adalah salah satu karakter yang mengalami nasib sial karena pernah menghilangkan buku yang ia pinjam dari perpustakaan tersebut.

Pada episode lainnya, yakni "Aku Sebuah Buku" di mana Upin, Ipin, dan teman-temannya menjelma menjadi buku yang tersusun rapi di rak perpustakaan kota, tampak pula Abang Salleh dengan penampilan yang berbeda tengah bertugas sebagai pustakawan di sana.

Baca Juga: Apa Hubungan Kak Ros dengan Bang Izham di Upin & Ipin? Ini Jawabannya!

5. Sutradara

dok. LCP/ Upin & Ipin

Ingat dengan episode "Cerita Kami" ketika murid-murid Kelas Aman di Tadika Mesra terpilih untuk menampilkan drama musikal berjudul "Kisah Penggembala dan Serigala"? Nah, Abang Salleh saat itu punya peran penting atas kesuksesan Upin, Ipin, dan kawan-kawannya dalam penampilan tersebut, lho!

Mulanya, Abang Salleh melihat kelompok anak-anak tersebut tengah membuat kostum untuk pementasan di pondok tempat biasa mereka bermain. Dia merasa bahwa kostum buatan Upin, Ipin, dan teman-temannya kurang maksimal, sehingga dengan segera mengukur tubuh anak-anak tersebut agar bisa membuatkan kostum yang bagus.

Nah, selain bertanggung jawab untuk urusan busana, Abang Salleh juga membantu Upin, Ipin, dan yang lainnya berlatih. Sebagai sutradara, ia melatih murid-murid Tadika Mesra tersebut agar bisa menyuguhkan pementasan drama musikal dengan baik.

Pada hari pementasan pun, Abang Salleh turut hadir dan menonton. Keberhasilan anak didiknya sukses membuat Abang Salleh menangis terharu.

Momen lain yang menyoroti pekerjaan Abang Salleh sebagai seorang sutradara dalam dilihat dalam episode "Selamatkan Neo Nusantara", di mana saat itu ia sedang melakukan syuting film menggunakan teknologi green screen untuk menciptakan kota imajinasi berisi robot-robot raksasa.

6. DJ Radio

dok. LCP/ Upin & Ipin

Terakhir, Abang Salleh diketahui juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang DJ Radio. Ini seperti yang diperlihatkan dalam episode "Idola Misteri" di musim ke-12, di mana saat itu Kak Ros tampak menunjukkan minatnya yang besar terhadap sosok bernama DJ Soul yang selama ini ia dengar melalui radio.

Namun, siapa sangka bahwa orang asli di balik nama panggung tersebut ialah Abang Salleh. Kak Ros yang baru mengetahuinya setelah memenangkan hadiah utama untuk bertemu DJ Soul secara langsung pun marah besar. Padahal, Upin dan Ipin sudah memberitahunya sejak awal.

Nah, itulah daftar pekerjaan Abang Salleh di Upin & IpinBenar-benar terampil dan serbabisa, ya!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Daftar Pekerjaan Tok Dalang di Upin & Ipin, Ternyata Sultan!