TUTUP

Daftar Nama Lengkap Karakter Inti Upin dan Ipin yang Diketahui

Sudah tahu, belum?

Upin & Ipin adalah serial animasi anak asal Negeri Jiran yang diproduksi oleh Les' Copaque Production. Kartun ciptaan H. Burhanuddin Md Radzi bersama sang istri, Hj. Ainon Ariff ini telah setia menemani para penggemarnya sejak September 2007 silam.

Upin & Ipin menyoroti kehidupan sehari-hari sederet karakter utama cerita, mulai dari si kembar identik Upin, Ipin, beserta teman-teman sebayanya, Kak Ros, Opah, Tok Dalang, dan masih banyak penduduk Kampung Durian Runtuh lainnya.

Dalam cerita, para karakter umumnya diperkenalkan dengan nama panggilan saja. Namun, dalam episode-episode tertentu, beberapa nama asli dari masing-masing karakter pun disorot. Misalnya, lewat episode "Bijak Sifir" di musim ke-13, terungkap nama lengkap Upin, Ipin, dan Fizi.

Untuk tahu lebih banyak, simak daftar nama lengkap karakter inti Upin & Ipin yang telah diketahui berikut, yuk!

1. Upin: Aruffin bin Abdul Salam

dok. LCP/ Upin & Ipin

Bernama lengkap Aruffin bin Abdul Salam, Upin tampil sebagai protagonis utama dalam serial Upin & Ipin. Dia adalah kakak kembar Ipin yang usianya lebih tua 5 menit dari sang adik.

Upin adalah bocah ceria yang gemar bermain seperti anak-anak pada umumnya. Namun, dibanding adiknya, dia bisa menunjukkan sikap yang lebih dewasa dan mengayomi.

2. Ariffin bin Abdul Salam

dok. LCP/ Upin & Ipin

Inilah adik kembar Upin, yakni Ipin yang bernama asli Ariffin bin Abdul Salam. Ipin adalah pencinta ayam goreng garis keras yang menyatakan diri bahwa dia menyukai semua jenis olahan ayam.

Ipin punya ciri khas di mana ia gemar sekali berkata, "Betul, betul, betul!" ketika menunjukkan persetujuan. Sebagai adik, dia tampaknya cukup bergantung kepada Upin dan bahkan tak bisa terpisah dari abangnya tersebut. Begitu pula sebaliknya.

3. Kak Ros: Nur Roselia Salam binti Abdul Salam

dok. LCP/ Upin & Ipin

Upin dan Ipin punya seorang kakak perempuan yang dikenal akan kegalakannya. Dia adalah Kak Ros alias Nur Roselia Salam binti Abdul Salam.

Meski garang, Kak Ros sebenarnya sangat menyayangi kedua adik kembarnya. Buktinya, Kak Ros dengan senang hati membantu Opah mengurus Upin dan Ipin dan berbagai urusan rumah tangga lain. Dia bahkan juga turut mencari tambahan biaya hidup, lho! Padahal, Kak Ros juga masih harus fokus pada studinya.

Baca Juga: 4 Sisi Gelap Abang Salleh Upin & Ipin, Pernah Jadi Antagonis!

4. Opah: Siti

dok. Les' Copaque Production/ Upin & Ipin

Baik, lemah lembut, dan penuh kasih sayang, siapa lagi kalau bukan Opah?

Opah adalah nenek yang telah berjasa dalam membesarkan Upin, Ipin, dan Kak Ros sejak ketiganya menjadi yatim piatu saat masih kecil. Belakangan, terungkap bahwa nama Opah adalah Siti. Penduduk kampung memanggilnya dengan banyak sapaan, mulai dari Cik Siti, hingga Mak Uda.

5. Tok Dalang: Isnin bin Khamis

dok. LCP/ Upin & Ipin

Ini dia tetangga terdekat Upin dan Ipin yang paling sering berhubungan langsung dengan mereka. Lucunya, meski nama lengkapnya adalah Isnin bin Khamis, kakek-kakek satu ini justru dipanggil Tok Dalang.

Konon, Tok Dalang sudah berteman baik dengan Opah sejak keduanya masih kecil. Jadi, tak heran jika mereka bisa terus menjalin hubungan yang harmonis sebagai tetangga. Seperti Upin dan Ipin yang sering menolong Tok Dalang, Tok Dalang pun tak jarang membantu keluarga si kembar.

6. Mail: Ismail bin Mail

dok. LCP/ Upin & Ipin

Mail adalah salah satu teman dekat Upin dan Ipin yang khas dengan kecintaannya yang mendalam terhadap uang. Dia cenderung akan memanfaatkan peluang sekecil apa pun untuk meraup keuntungan.

Nama aslinya ialah Ismail bin Mail. Karakter Mail ini benar-benar cocok dijadikan contoh buat penonton yang gemar menghambur-hamburkan uang. Soalnya, Mail tak hanya jago berjualan, tetapi juga terbukti hemat dan rajin menabung.

7. Mei Mei: Xiao Mei Mei

dok. Les' Copaque/ Upin & Ipin

Salah satu anak perempuan di kelompok pertemanan Upin dan Ipin adalah Mei Mei yang bernama lengkap Xiao Mei Mei.

Mei Mei digambarkan sebagai anak yang sangat suka membaca dan belajar. Mei Mei mengaku bahwa dia banyak menghabiskan waktunya untuk membaca berbagai buku. Jadi, tak heran kalau matanya mulai bermasalah dan harus menggunakan kacamata. Tampaknya, Mei Mei adalah murid paling aktif di Tadika Mesra.

Baca Juga: 10 Istilah dalam Serial Upin & Ipin yang Mungkin Buat Bingung

8. Ehsan: Ehsan bin Azzaruddin

dok. LCP/ Upin & Ipin

Ehsan alias Ehsan bin Azzaruddin adalah Intan Payung alias anak kesayangan ayahnya. Di awal-awal cerita, karakternya ditonjolkan sebagai Ketua Kelas di Kelas Aman Tadika Mesra.

Namun, makin ke sini, deskripsi karakternya semakin condong ke arah anak manja yang suka pamer dan menyombongkan segala hal pemberian sang ayah.

9. Fizi: Muhammad Al-Hafezzy bin Yusoff

dok. LCP/ Upin & Ipin

Musuh sejuta umat di Upin & Ipin, siapa lagi kalau bukan Fizi atau yang bernama lengkap Muhammad Al-Hafezzy bin Yusoff. Namun, di episode "Tadika" yang merupakan pembuka musim kedua serial, namanya ditulis "Hafizi".

Fizi diperkenalkan sebagai sahabat terbaik Ehsan yang selalu ada bersama si Intan Payung tersebut. Namun, ada satu momen yang mengisyaratkan bahwa hubungan keduanya adalah sepupu. Mungkin karena Fizi pernah berkata bahwa Ehsan sudah dianggap seperti keluarganya sendiri.

10. Jarjit: Jarjit Singh

dok. LCP/ Upin & Ipin

Jarjit Singh adalah teman sebaya Upin dan Ipin yang juga sering muncul dalam cerita. Karakter berpenampilan khas dengan patka atau turban di kepalanya ini sangat gemar berpantun.

Dalam kondisi apapun, baik ketika bertanya maupun menjawab, Jarjit bakal memamerkan kecakapannya dalam menciptakan pantun dadakan.

11. Ijat: Muhammad Izzat

dok. Les' Copaque Production/ Upin & Ipin

Nama lengkap Ijat adalah Muhammad Izzat. Dia sebenarnya bukanlah salah satu karakter utama yang banyak muncul dalam serial. Namun, karakternya sangat khas, terutama karena kesulitannya dalam berbicara.

Ada latar belakang yang menjadi alasan mengapa Ijat sulit berbicara. Untungnya, meski masih terbata-bata, kini dia sudah mulai banyak berdialog setiap kali muncul.

Baca Juga: Prediksi Zodiak Karakter Upin & Ipin Berdasarkan Kepribadian!

12. Dzul: Dzulkifli

dok. LCP/ Upin & Ipin

Nah, yang ini adalah teman dekat Ijat, yakni Dzulkifli atau yang lebih akrab dipanggil Dzul. Tak banyak yang dieksplorasi dari karakternya. Hal yang jelas, Dzul inilah yang banyak membantu Ijat berkomunikasi dengan orang lain.

13. Uncle Muthu: Muthu A/L Muthusamy

dok. LCP/ Upin & Ipin

Uncle Muthu tampil sebagai pemilik kedai makanan sederhana yang lumayan eksis di Kampung Durian Runtuh. Karakter bernama lengkap Muthu A/L Muthusamy ini juga termasuk teman masa kecil Opah dan Tok Dalang, lho!

14. Bang Iz: Izham bin Mail

dok. LCP/ Upin & Ipin

Karakter inti berikutnya yang nama lengkapnya sudah diketahui ialah Bang Iz alias Izham bin Mail. Ya, dia adalah abang Mail sekaligus teman masa kecil Kak Ros.

Bang Iz memang belum lama debut dalam cerita. Namun, kini dia sudah tampil sebagai salah satu karakter utama yang akan banyak dimunculkan.

Nah, itulah daftar nama lengkap karakter inti Upin & Ipin yang sudah diketahui sejauh ini. Nama siapa nih yang paling bagus menurutmu?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 6 Durian di Upin & Ipin Paling Populer, Pernah Cobain?