Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!

Zoro sudah resmi menambahkan Enma ke koleksinya juga!

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!

Teknik Zoro memang kuat, tapi cukup boros juga. Dia harus menggunakan tiga pedang sekaligus agar kekuatannya maksimal. Mengingat musuh-musuhnya semakin tangguh, pedang Zoro pun diharapkan bertipe Meito

Selama kariernya, Zoro sudah menggunakan banyak pedang. Inilah daftar pedang Roronoa Zoro di One Piece!

1. Pedang Bambu

Sebelum mulai menggunakan pedang beneran, Zoro menggunakan pedang bambu. Kalau sekarang Zoro disuruh menggunakan pedang bambu, rasanya ia masih bisa menggunakannya dengan cukup baik, mengingat pengalamannya di masa kecil.

Baca Juga: Luffy Seperti Hilang di One Piece 958, Apakah Law Penyebabnya?!

2. Wado Ichimonji

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!anime.everyeye.it

Wado Ichimonji adalah pedang yang tergolong sebagai 21 O Wazamono. Tadinya digunakan oleh Kuina, Zoro sudah menggunakan pedang ini sejak awal seri One Piece. Pedang ini bahkan sukses bertahan dari beradu melawan Yoru, salah satu dari 12 Saijo O Wazamono. Pedang andalan Dracule Mihawk.

Pedang Wado Ichimonji ternyata ditempa oleh seseorang bernama Shimotsuki Kozaburo, sosok dari Wano yang 50 tahun lalu pergi dari negara itu. 

3. Pedang tanpa nama

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!watchmojo.com

Untuk melengkapi gaya tiga pedangnya di awal One Piece, Zoro menggunakan dua pedang tanpa nama untuk mendukung Wado Ichimonji. Dua pedang ini hancur saat Zoro mengadu teknik Sanzen Sekai dengan Mihawk. 

Di masa kecil, dalam duel akhir melawan Kuina, Zoro juga sempat menggunakan dua pedang tanpa nama. Tidak diketahui apakah dua pedang ini adalah yang dibawa Zoro hingga melawan Mihawk.

4. Pedang Johnny dan Yosaku

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!imdb.com

Saat di Arlong Park, pedang yang tersisa untuk Zoro hanya Wado Ichimonji. Ia pun pada akhirnya meminjam pedang Johnny dan Yosaku untuk melawan Hatchan. Zoro sempat menggunakannya juga untuk melawan Arlong, tapi berhubung bentuk dua pedang ini bukan andalannya, dia sudah terluka karena Mihawk, dan Arlong sendiri kuat, Zoro pun ambruk.

5. Yubashiri

Yubashiri adalah salah satu dari 50 Ryo Wazamono. Diberikan oleh Ipponmatsu, Zoro menggunakannya mulai dari Loguetown sampai Enies Lobby. Di penghujung Enies Lobby, Yubashiri hancur karena kemampuan Shu, seorang Angkatan Laut, yang bisa membuat sesuatu berkarat. Saat digunakan, Zoro berkomentar kalau Yubashiri sangat ringan. 

6. Sandai Kitetsu

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!imdb.com

Sandai Kitetsu adalah pedang yang terkenal karena kutukannya. Berasal dari seri Kitetsu, pedang ini memiliki reputasi yang begitu buruk hingga Ipponmatsu awalnya tak mau menjualnya.

Zoro pada akhirnya memperoleh Sandai Kitetsu dengan menguji keberuntungannya, dengan melempar Sandai Kitetsu dan mempertaruhkan apa pedang itu akan memotong lengannya. 

Meski golongan Sandai Kitetsu lebih rendah dari Yubashiri, Sandai Kitetsu masih bisa bertahan lebih lama dari Yubashiri. Hingga di babak kedua Wano, Sandai Kitetsu masih setia menemani Zoro. 

Uniknya, Zoro sudah berjumpa dengan kreator dari Sandai Kitetsu: Tenguyama Hitetsu, si ahli pedang dari Wano. 

7. Hana Arashi

Ini ajaib sih. Saat Zoro terborgol bersama Usopp, ia sempat menggunakan Usopp sebagai bagian pedangnya. Usopp sendiri saat itu membantu memegang Yubashiri.

8. Shusui

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!onepiece.fandom.com

Pedang Shusui diserahkan zombi Ryuma kepada Zoro setelah duel mereka. Awalnya, Shusui setia menemani Zoro tanpa masalah. Lalu Zoro sampai ke Wano, dan reputasi Shusui di negeri asalnya begitu besar hingga pedang itu akhirnya sampai dicuri oleh Gyukimaru.

Untuk saat ini, Zoro memutuskan mengembalikan Shusui ke Wano. Tapi alur Wano belum berakhir, mari kita lihat apakah benar Zoro berpisah permanen dengan pedang Ryuma ini. 

9. Enma

Ini Daftar Semua Pedang yang Digunakan Roronoa Zoro di One Piece!viz.com/One Piece

Baru saja diserahkan oleh Kozuki Hiyori, Enma adalah pedang yang unik. Pedang ini terlalu kuat dan bisa membuat penggunanya jadi kering. Hanya ahli pedang perkasa saja yang mampu menggunakan dan menaklukkan Enma. Mampuhkan Zoro menguasai Enma?

Sama seperti Wado Ichimonji, Enma dibuat oleh Shimotsuki Kozaburo. Jadi sekarang Zoro punya dua pedang Kozaburo di koleksinya. 

Itulah daftar pedang Roronoa Zoro yang digunakannya dari awal sampai akhir. Adakah pedang Roronoa Zoro yang terlewat? Sampaikan di kolom komentar!

Revisi 5 Oktober 2019: edit format, tambahan informasi Enma

Baca Juga: [One Piece] Dari yang Resmi, Ini 13 Pengguna Haoshoku Haki Terkuat!

Artikel terkait

Latest