Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!

Apa yang membuat mereka spesial sebagai Hokage?

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!

Saat ini Konoha sudah punya tujuh Hokage.

Para Hokage tersebut punya keistimewaan masing-masing yang membuat mereka terpilih sebagai Hokage.

Tapi apa saja keistimewaan dari masing-masing Hokage? Yuk simak daftarnya berikut ini!

1. Hashirama - Mokuton dan pembuat Konoha

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!naruto.fandom.com

Secara garis besar semua yang ada di Hashirama Senju itu spesial, wajar dia adalah Dewa Shinobi.

Hashirama bahkan memiliki beberapa aspek keistimewaan yang juga dimiliki oleh Hokage lainnya di daftar ini seperti contohnya bakat alami dan kemampuan penyembuhan secara otomatis.

Meski demikian, yang paling spesial dari Hashirama jelas adalah Mokuton. Variasi Mokuton-nya beragam dan sangat kuat, bahkan kekuatan Mokuton-nya bisa menjinakan Bijuu.

Selain Hashirama, belum ada pengguna Mokuton lain yang mendapatkan Kekkei Genkai ini secara natural di luar sel Hashirama (kita belum tahu soal Moegi).

Tak hanya itu, Hashirama juga tokoh yang membuat Konoha itu sendiri. Kalau tidak ada Hashirama maka tidak ada Hokage lain juga.

2. Tobirama - Sistem politik dan infrastruktur desa

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kalau Hashirama membangun, Tobirama yang mengembangkan Konoha.

Di tangan Tobirama, Konoha menemukan beberapa sistem politik, sistem ninja, dan infrastruktur baru.

Salah satu yang paling terkenal hasil buah tangan Tobirama adalah Akademi Ninja yang masih ada sampai generasi Boruto, tempat para ninja muda dididik dan dilatih.

Selain itu dia membuat sistem polisi militer untuk mengatur ketertiban Konoha serta organisasi Anbu, dan juga ujian Chunin.

Tobirama juga membuat berbagai Jutsu termasuk Hiraishin, Kage Bunshin, serta Edo Tensei.

3. Hiruzen - Sang Profesor

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!crunchyroll.com/naruto-shippuden

Seperti julukannya yaitu Hakase alias Sang Profesor, inilah keistimewaan Hiruzen. Tapi coba lebih rinci, kenapa dia dijuluki sang Profesor?

Dalam bakat Ninjutsu, Hiruzen adalah yang terbaik di angkatannya atau bahkan angkatan setelahnya.

Hiruzen dijelaskan bisa menguasai semua elemen alam dan bisa semua teknik jutsu yang pernah ada (tentu yang ia ketahui), karena bakatnya di Ninjutsu ini dia mendapatkan julukan tersebut.

Tak seperti Danzo atau Orochimaru, kekuatan Hiruzen itu murni dari latihan dan percobaan panjang yang ia lakukan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: 10 Fakta Boruto Uzumaki, Putra Hokage yang Tak Mau Jadi Hokage!

4. Minato - Pahlawan Konoha

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Dibanding tiga Hokage sebelumnya, Minato adalah Hokage pertama yang sebelum menjadi Hokage sudah mendapatkan julukan pahlawan desa.

Bukan berarti tiga Hokage sebelumnya bukan pahlawan desa, namun konteksnya berbeda karena Minato mendapatkan julukan ini untuk kemenangan Konoha di Perang Dunia Ninja Ketiga saat dia menghancurkan jembatan Kannabi.

Karenanya Hiruzen yang punya pilihan antara Orochimaru atau Minato yang saat itu dihormati di desa sebagai pahlawan jelas memilih Minato sebagai penerusnya.

Hiraishin Minato memang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari pencipta teknik ini yaitu Tobirama, tapi tetap yang membuatnya spesial sebagai Hokage adalah julukan pahlawannya.

Bahkan Naruto pernah berkata "buat apa punya ayah seorang pahlawan kalau hanya jadi patung Hokage saja" yang berarti posisi Minato sebagai pahlawan desa sangat kuat sampai generasi berikutnya sekali pun.

5. Tsunade - Ninja medis terbaik dan pengalaman

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Pada masanya, Tsunade adalah ninja medis terbaik.

Dia bahkan tidak bisa menua yang menunjukan kemampuannya dalam hal medis karena mampu membuat sel tubuhnya sendiri tetap "sehat" dengan Byakugou.

Bukan hanya itu saja, pengalaman panjang Tsunade sebagai ninja yang berasal dari Senju dan dilatih oleh Hokage Ketiga juga menjadi salah satu alasan kenapa dia menjadi kandidat kuat.

Kalau kembali ke masalah ninja medis sih memang tidak perlu ditanya lagi kemampuannya deh. Karena pengendalian chakra yang hebat membuat Tsunade jadi Hokage yang spesialisasinya di serangan fisik.

6. Kakashi - Bakat dan intelektual tinggi

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!crunchyroll.com/naruto-shippuden

Kakashi lahir bukan dari klan kuat meskipun dia anaknya ninja kuat. Bakat Kakashi sudah ada sejak dia kecil.

Dulu Kakashi adalah ninja yang bukan hanya berbakat namun juga berlatih keras sehingga kemampuannya semakin terasah.

Kepintaran intelektual Kakashi sebagai ninja juga sangat hebat yang bahkan dia sudah menjadi Genin di umur 5 tahun, Chuunin di umur 6 tahun, dan Jonin sekitar umur 12 tahun, menjadikannya Jonin termuda.

Di umur yang sama, Naruto baru lulus Akademi dan menjadi Genin.

Kakashi sudah sejak lama menjadi ninja kepercayaan Konoha. Karena ini lah Kakashi sudah ditunjuk sebagai penerus Tsunade bahkan sebelum Perang Dunia Ninja Keempat dimulai.

7. Naruto - Pahlawan dunia shinobi

Keistimewaan Masing-Masing Hokage dari Hashirama hingga Naruto!crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Bisa dibilang keistimewaan Naruto yang membuatnya menjadi Hokage mirip seperti Minato, tapi dalam skala yang lebih besar.

Kalau Naruto tidak menjadi pahlawan Konoha dengan mengalahkan Pain atau menjadi pahlawan dunia shinobi dengan memenangkan Perang Dunia Ninja, rasanya sulit bagi Naruto bisa menjadi Hokage.

Karena proses yang disebutkan di atas serta tersohornya Naruto di seluruh negeri, kemampuan Naruto semakin terasah dan menjadi ninja terkuat di eranya saat ini, sangat wajar Naruto menjadi Hokage, bahkan tidak ada pilihan lain yang sebanding.

Nah itu dia keistimewaan dari masing-masing Hokage yang membuat mereka layak menjadi Hokage di masa pemilihan dan jabatan mereka. Mana Hokage favoritmu?

Baca Juga: [Teori] Kalau Masih Hidup, Akankah Tobirama Setuju Sarada Jadi Hokage?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU