7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Boruto

Kirain udah mati sejak Perang Dunia Ninja

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Boruto

Dalam cerita anime dan manga Naruto, ada salah satu karakter yang cukup kita kenal, teruma memasuki alur cerita pertemuan lima kage, yaitu Ao dari Kirigakure. Karakter ini cukup terkenal karena menjadi pengawal dari Mizukage Kelima, Mei Terumi.

Tahukah kamu bahwa ternyata dia belum mati dalam serangan Ekor Sepuluh! Berikut ini adalah beberapa fakta Ao dari Kirigakure yang telah penulis rangkum.

1. Mengawal Mizukage Kelima bersama calon Mizukage Keenam

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Borutocrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kita mulai dari yang paling umum. Ao adalah pengawal Mizukage Kelima, Mei Terumi. Dia mengawal sang Mizukage dengan seorang pemuda yang nantinya akan meneruskan mandat sebagai Mizukage Keenam, yaitu Chojuro.

Bersama dengan Chojuro, maka pelindung Mizukage ini sudah lengkap. Ao adalah Ninja bertipe sensor, dan Chojuro adalah tipe penyerang, maka keamanan dari sang Mizukage bisa terjamin. Terlebih jika sang Mizukage juga turun tangan.

Tidak hanya menjadi pengawal Mizukage Kelima, ternyata dia juga menjadi pengawal bersamaan dengan calon Mizukage Keenam, Chojuro. Seandainya nasibnya tidak seburuk ini, ada kemungkinan Ao juga mendapatkan posisi tinggi di Kirigakure.

Baca Juga: 6 Karakter Naruto yang Sudah Mati Tapi Hidup Kembali Tanpa Edo Tensei

2. Seorang veteran penuh pengalaman

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Borutocrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Bukan Ninja sembarangan, Ao adalah salah satu veteran perang dari Kirigakure. Dia sudah berpartisipasi dari banyak misi. Selain itu, dia juga terlibat dalam insiden ninja yang besar, yaitu Perang Dunia Ninja Ketiga.

Sebagai veteran sekaligus tipe sensor, Ao adalah pemburu yang andal. Dia bisa melacak musuhnya dari kejauahan, bahkan sebelum dirinya mendapatkan mata Byakugan milik keluarga Hyuuga.

Karena sudah menjadi veteran perang dan mengalami banyak hal, dia juga sering menceramahi Chojuro hal-hal yang berkaitan dengan pertarungan, dan sikap yang harus diambil oleh seorang lelaki sejati.

Namun, beberapa ceramah Ao untuk Chojuro terkadang dianggap berbeda oleh Mei si Mizukage, yang selalu menghubung-hubungkannya dengan permasalahan pernikahan. Penyebabnya karena Mei terobsesi menikah, dan sensitif dengan usianya. 

3. Salah satu petarung unggulan Kirigakure

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Borutocrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Tentu saja, Ao dipilih sebagai pengawal bukan tanpa alasan. Meskipun nilai jual utama dari kemampuan Ao adalah kehebatannya dalam sensor dan pelacakan, namun Ao juga memiliki kemampuan bertarung yang berada di atas rata-rata.

Dilihat dari gaya bertarung, Ao adalah petarung yang cepat dan gesit. Hal ini diperlihatkan saat dia mengejar pengawal Danzo, dia bisa menghindari berbagai serangan dan termasuk Shintenshin menggunakan boneka (meskipun akhirnya dia juga terjebak).

Selain itu, kehebatannya dalam bertarung juga dijelaskan saat Perang Dunia Ninja Ketiga teradi. Tentunya dia memiliki kemampuan bertarung yang hebat, mengingat dia mendapatkan "cenderamata" dari lawannya, yang ternyata adalah klan Hyuga.

Dia bertarung melawan anggota klan Hyuuga, setelah memenangkan pertarungan itu, dia mengambil Byakugan milik anggota Hyuuga ini. Mengingat Hyuga adalah salah satu keluarga terkuat di Konoha, jelas bahwa Ao bukan Ninja sembarangan.

4. Tak pernah lupa warna chakra Shisui Uchiha

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Borutonaruto.fandom.com

Tidak hanya menghadapi anggota Hyuuga, Ao juga pernah menghadapi keluarga atau klan kuat lainnya dari Konoha, dan kali ini yang dia hadapi adalah Uchiha, lebih tepatnya Shisui.

Dalam Perang Dunia Ninja Ketiga, tim Shisui diberikan perintah untuk mengejar kelompok Kirigakure, yang ternyata dipimpin langsung oleh Ao. Dalam perjalanan, dua anggota dari kelompok Ao tiba-tiba terjatuh, ternyata mereka terjebak dalam genjutsu.

Ao menghentikan iring-iringan ini untuk melihat lawan yang mereka hadapi, dan tanpa ragu, dia memerintahkan timnya untuk mundur. Ao mengaktifkan Byakugan miliknya, dan ternyata lawan mereka hanya ada 3 orang, namun jumlah bukan menjadi alasan kenapa Ao mundur.

Satu dari 3 orang itu ternyata adalah Shisui. Ao sudah mengetahui seberapa berbahayanya Shunshin no Shisui dari Konoha ini. Akhirnya dia memilih mundur, namun dia mengingat dengan baik warna mata Shisui, dan akhirnya berguna beberapa tahun setelahnya.

5. Seorang ninja sensor yang hebat

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Borutocrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Dari sekian banyak Ninja sensor di dunia Naruto, Ao adalah salah satu yang terbaik. Karena hal ini lah dia dipercaya sebagai mata bagi pasukan Aliansi Ninja di Perang Dunia Ninja Keempat.

Dikombinasikan dengan kehebatan milik Inoichi Yamanaka, maka Ao bisa memantau seluruh wilayah perang yang ukurannya jelas sangat luas, sampai berbeda pulau. Tidak hanya itu, selain Naruto, Ao adalah ninja lain yang bisa membedakan mana ninja asli, dan mana Zetsu Putih yang menyamar.

6. Penyelamat Aliansi Ninja secara tak langsung

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di Borutocrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kenapa Ao secara tidak langsung menyelamatkan Aliansi Ninja dalam Perang Dunia Ninja Keempat? Apakah kamu sudah membaca kemungkinan yang terjadi jika Danzo menjadi Hokage?

Di sana dijelaskan berbagai hal buruk jika Danzo tetap mulus menjadiseorang Hokage, menggantikan Tsunade. Tetapi cerita berkata lain, terima kasih karena Sasuke yang sudah melawan Danzo, serta Ao yang sudah membongkar kebusukan Danzo.

Selama pertemuan lima Kage, Danzo ternyata mengendalikan Mifune dengan kemampuan mata Shisui. Berkaitan dengan poin sebelumnya, Ao masih mengingat dengan jelas warna mata Sharingan milik Shisui, karena itu dia langsung mengenal warna chakra di mata Danzo yang memang mata milik Shisui.

7. Muncul lagi di Boruto

7 Fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure yang Muncul Lagi di BorutoShueisha/Boruto: Naruto Next Generations

Dalam Perang Dunia Ninja Keempat, Ao diletakan di markas pusat Aliansi Ninja bersama dengan otak serangan, Shikaku Nara dan juga penghubung antara para Ninja di lokasi perang dengan markas pusat, Inoichi Yamanaka.

Madara dan Obito saat itu sudah sukses memanggil Ekor Sepuluh. Melihat bagaimana hebatnya otak Aliansi Ninja, Madara pun berniat menghancurkan markas pusat. Serangan Bijuudama sukses membumi hanguskan markas pusat.

Shikaku, Inoichi, dan semuanya meninggal, namun tidak dengan Ao, ternyata dia masih hidup!

Awalnya, dia dianggap tewas dalam bertugas oleh semua orang, bahkan oleh desanya sendiri. Namun ternyata, dia masih hidup.

Dia muncul di manga Boruto bab 17. Kebetulan, judul dari chapter tersebut adalah Ao, yang berarti Biru. Ao diceritakan masih hidup karena bantuan dari Katasuke Tono, orang yang sama yang memberikan alat Ninja di film Boruto.

Katasuke membantu Ao dengan berbagai macam alat buatan, seperti contohnya tangannya yang hilang dan diganti dengan tangan palsu. Luka ini dampak serangan Bijuudama dari ekor sepuluh.

Meski masih hidup, bukannya kembali ke Kirigakure, Ao malah menjadi kaki tangan organisasi Kara. Dia bahkan menghadapi Tim 7 Boruto lengkap dengan Konohamaru!

Itulah tujuh fakta Ao, si Byakugan dari Kirigakure. Gimana pendapat kamu soal dia? 

Baca Juga: Akankah Ada Perbedaan Alur Kara di Manga dan Anime Boruto?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU