15 Manhwa WEBTOON Terbaik, Ada Beragam Genre Populer!

Baca gratis di platform Webtoon!

The Real Lesson

Di era digital ini, pembaca manhwa diberi kemudahan agar dapat mengakses karya favoritnya kapanpun dan di manapun. Salah satu inovasi yang telah diciptakan ialah platform baca manwa bernama WEBTOON.

Berdiri sejak 2004 lalu, WEBTOON kini terus menghadirkan berbagai bacaan menarik, khususnya manhwa yang berarti komik Korea Selatan.

Nah, berikut ini disajikan sejumlah rekomendasi manhwa WEBTOON terbaik dari beragam genre populer. Simak daftarnya, yuk!

1. Lookism

Lookismdok. Webtoon/ Lookism

Pertama, kamu tak boleh melewatkan manhwa karya Park Tae-jun yang satu ini.

Mulai rilis sejak tahun 2014, Lookism bercerita tentang siswa bernama Park Hyung-seok yang menjadi korban bullying di sekolahnya. Dia pun memutuskan pindah sekolah. 

Suatu ketika, sebuah keajaiban terjadi pada Hyung-seok. Dia mendapati jiwanya telah berpindah ke tubuh yang berbeda, sedangkan tubuh aslinya tertidur.

Lookism menjadi manhwa yang akan membuka matamu mengenai kenakalan remaja.

Baca Juga: 13 Manhwa Reinkarnasi Terbaik, Jalani Kesempatan Hidup Kedua!

2. Noblesse

Noblessedok. Webtoon/ Noblesse

Kalau suka dengan cerita mengenai vampir, kamu wajib membaca Noblesse, manhwa karya Son Jae-ho yang perdana terbit pada tahun 2020.

Manhwa ini menceritakan kebangkitan seorang vampir bangsawan bernama Cadis Etrama Di Raizel alias Rai yang telah tertidur selama 820 tahun lamanya.

Terbangun di era modern, Rai harus segera beradaptasi sembari melawan organisasi jahat yang mengancam kedamaian manusia.

3. The Secret of Angel (True Beauty)

True Beautydok. Webtoon/ True Beauty

Selanjutnya ialah The Secret of Angel atau True Beauty, manhwa karya Kim Na-young yang terbit perdana pada 2018.

The Secret of Angel merupakan manhwa romance yang berfokus pada karakter Lim Jugyeong yang berusaha tampil beda dengan memanfaatkan makeup.

Jugyeong terlibat cinta segitiga dengan Lee Suho dan Han Seojun. Siapa di antara kedua laki-laki tersebut yang benar-benar tulus mencintai Jugyeong apa adanya?

4. The God of High School

The God of High Schooldok. Webtoon/ The God of High School

Kali ini ada manhwa bertema martial arts, yaitu The God of High School yang ditulis oleh Park Yong-je.

Manhwa yang berlatar di dunia dengan kekuatan supernatural ini bercerita tentang tiga peserta turnamen bela diri tingkat sekolah, yakni Jin Mo-ri, Han Dae-wi, dan Yu Mi-ra.

Ketiganya terikat pada takdir yang mengharuskan mereka berurusan dengan pengguna kekuatan jahat.

5. Suddenly, I Became a Princess

Suddenly, I Became a Princessdok. Webtoon/ Suddenly, I Became a Princess

Dikenal pula dengan judul Who Made Me a Princess, manhwa karya Plutus ini mengusung tema yang cukup khas dengan komik-komik Korea Selatan pada umumnya, yakni reinkarnasi.

Suddenly, I Became a Princess menceritakan seorang perempuan modern yang terbangun di dunia novel sebagai Athanasia de Alger Obelia, gadis yang ditakdirkan akan mati di tangan ayah yang membencinya.

Mengetahui takdir buruk tersebut, si perempuan modern tentunya melakukan berbagai cara untuk mengubah jalan cerita novel yang dia masuki.

6. Tower of God

Tower of Goddok. Webtoon/ Tower of God

Manhwa di WEBTOON terbaik selanjutnya yang jangan sampai kamu lewatkan ialah Tower of God karangan SIU.

Manhwa action fantasi ini memusatkan ceritanya pada karakter Twenty-Fifth Bam yang memanjat sebuah menara misterius untuk mengejar Rachel, sosok yang selama ini telah menemaninya.

Berharap bisa bertemu kembali dengan Rachel, Bam justru dihadapkan dengan situasi sulit di dalam Menara. Bagaimana cara mencapai puncak?

7. Troll Trap

Troll Trapdok. Webtoon/ Troll Trap

Di dunia manhwa Troll Trap yang ditulis oleh Lee Won-sik, Troll telah dikenal sebagai monster jahat yang mengancam keamanan hidup manusia.

Untuk itu, dibentuklah organisasi khusus yang bertugas memburu monster. Di antara mereka, ada Ha-te dan Ji-hyun si freelancer. Apakah keberadaan Troll bisa benar-benar dilenyapkan dari muka bumi?

8. Omniscient Reader

Omniscient Readerdok. Webtoon/ Omniscient Reader

Ditulis oleh sing N song, Omniscient Reader bercerita tentang Kim Dokja yang menghabiskan waktu demi membaca webnovel berjudul Three Ways to Survive the Apocalypse dan memosisikan hidupnya sebagai protagonis Yoo Joonghyuk.

Sempat pasrah dengan akhir cerita yang membuat frustrasi, Dokja justru menerima pesan misterius dari penulis webnovel tersebut. Sesaat setelahnya, Dokja menyadari bahwa dirinya kini benar-benar hidup di dalam novel yang selalu dia baca.

9. The Real Lesson

The Real Lessondok. Webtoon/ The Real Lesson

Manhwa yang mengusung genre drama slice of life memang tak pernah lepas dari isu sosial seperti kenakalan remaja, termasuk dalam manhwa karya Chae Yong-taek yang satu ini.

The Real Lesson menceritakan badan khusus yang dibentuk untuk memberi pelajaran kepada para siswa yang telah bertindak kelewatan terhadap guru di sekolah.

Tindak kriminal yang dilakukan para siswa ini merupakan buntut dari UU larangan memukul siswa.

10. Nano Machine

Nano Machinedok. Webtoon/ Nano Machine

Nano Machine adalah manhwa martial arts dengan bumbu sci-fi yang ditulis oleh Hanjung Wolya.

Ceritanya berpusat pada karakter Cheon Yeo-woon yang mendapat bantuan dari keturunannya di masa depan di masa-masa sulitnya. Bantuan tersebut berupa teknologi nano yang dimasukkan ke dalam tubuh Yeo-woon.

Dengan itu, perjalanan Yeo-woon menjadi master bela diri pun dimulai.

11. Girl's World

Girl's Worlddok. Webtoon/ Girl's World

Ditulis oleh morangg, Girl's World merupakan manhwa yang akan membawamu mengikuti lika-liku persahabatan empat pelajar. Mereka melalui berbagai masalah hidup yang justru semakin mempererat hubungan yang terjalin.

Tak hanya soal persahabatan, Girl's World juga menyajikan momen-momen manis tentang cinta sebagai salah satu konflik batin yang harus dituntaskan.

12. Eleceed

Eleceed manhwadok. Webtoon/ Eleceed

Eleceed adalah manhwa WEBTOON selanjutnya yang menarik untuk dibaca. Ini merupakan manhwa karya Son Jae-ho yang bertema kekuatan super.

Ceritanya mengikuti seorang agen rahasia bernama Break Kayden yang menyamar sebagai kucing selama pengejaran. Dia diselamatkan oleh Seo Jiwoo, seorang pemilik kemampuan spesial yang menyembunyikan kekuatannya.

Oleh Kayden, Jiwoo diajari cara memanfaatkan kemampuannya tersebut.

13. Bastard

Bastarddok. Webtoon/ Bastard

Bastard merupakan manhwa gore dan psychological karya Kim Carnby yang siap mempermainkan mentalmu.

Manhwa ini menceritakan siswa bernama Seon Jin yang hidup di bawah bayang-bayang sang ayah yang dikenal dengan citra baik oleh banyak orang, namun bertindak sebagai pembunuh berantai saat di rumah.

Jin selama ini dipaksa membantu ayahnya beraksi. Namun, dia mulai memberontak tatkala Yoon Kyun, satu-satunya teman Jin di sekolah, menjadi target pembunuhan selanjutnya.

14. All of Us Are Dead

All of Us are Deaddok. Webtoon/ All of Us are Dead

Zombie juga menjadi salah satu tema yang selalu diincar pembaca, salah satunya manhwa karya Joo Dong-geun ini.

All of Us Are Dead bercerita tentang wabah zombie yang menyebar di SMA Hyosan akibat sebuah eksperimen berbahaya yang dilakukan seorang guru.

Manhwa ini akan berfokus pada upaya penyelamatan diri para siswa kelas 2-5 agar bisa keluar dari sekolah yang telah penuh dengan mayat hidup tersebut.

15. Sweet Home

Sweet Homedok. Webtoon/ Sweet Home

Selain Bastard, manhwa karya Kim Carnby lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Sweet Home.

Masih bertema gore, kali ini pembaca akan menjadi saksi upaya pertahanan hidup siswa bernama Cha Hyun bersama penghuni apartemen lainnya dari wabah monster yang menyebar di lingkungan tersebut.

Nah, itulah sejumlah rekomendasi manhwa WEBTOON terbaik dari beragam genre populer yang wajib kamu baca. Apa judul manhwa favoritmu di WEBTOON?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 10 Rekomendasi Manhwa Underrated Terbaik, Layak Baca!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU