15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!

Gak kalah menariknya dengan Solo Leveling!

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!

Solo Leveling merupakan manhwa karya Chugong yang diilustrasikan oleh Jang Sung-rak dan Disciples. Manhwa aksi, petualangan, dan fantasi yang tersedia di KakaoPage ini rilis pertama kali pada tahun 2018 lalu dan berhasil menarik perhatian para penggemar karena menghadirkan cerita yang menghibur.

Nah, khusus buat para pencinta Solo Leveling, berikut ini ada daftar rekomendasi manhwa dan manga mirip Solo Leveling yang tentunya juga menyajikan cerita yang tak kalah seru seperti manhwa favoritmu. Simak, ya!

15. Berserk of Gluttony (Manga)

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!berserkofgluttony.fandom

Berserk of Gluttony adalah manga yang diadaptasi dari light novel karya Isshiki Ichika. Manga aksi dan fantasi ini bercerita tentang seorang penjaga gerbang bernama Fate Graphite yang memiliki kemampuan bawaan lahir, yaitu rasa lapar.

Awalnya, Fate merasa bahwa kemampuan tersebut sangat tak berguna. Suatu ketika, akhirnya Fate menyadari bahwa 'rasa lapar' tersebut adalah keterampilan untuk menyerap jiwa makhluk yang dibunuhnya.

Tak hanya menyerap begitu saja, tetapi kemampuan itu membuat Fate memperoleh kekuatan milik jiwa yang telah dia makan!

Baca Juga: 15 Manhwa Zero to Hero Terbaik, Tak Selamanya Jadi Lemah!

14. Dungeon Reset

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. Tappytoon/ Dungeon Reset

Kehidupan normal Dawoon berubah total setelah secara tiba-tiba dirinya terpanggil ke sebuah dungeon berbahaya. Di sana, Dawoon harus menghadapi banyak monster mengerikan dan berbagai ancaman lainnya.

Manhwa aksi, petualangan, dan fantasi karya Daul ini sangat menarik untuk diikuti, sebab menyajikan kisah sang MC tanpa keterampilan tempur yang harus berlatih keras dari nol agar dapat melanjutkan hidupnya.

13. The Second Coming of Gluttony

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. KakaoPage/ The Second Coming of Gluttony

Suka dengan tema time travel? Kamu harus baca manhwa The Second Coming of Gluttony yang ditulis oleh Ro Yu-jin ini!

Bercerita tentang Jihoo Seol yang sedang berada di ambang kematian akibat perang di dunia lain. Dia diberi kesempatan untuk menghidupkan hidupnya kembali, tetapi dengan berbagai keterbatasan yang berujung membuat segalanya semakin kacau.

Tiba-tiba, muncul perempuan misterius yang hendak memberikan Seol penawaran menarik.

12. Sword Art Online (Manga)

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!swordartonline.fandom

Penggemar anime bertema video game pasti tak asing dengan Sword Art Online. Nah, serial ini diadaptasi dari novel ringan karya Kawahara Reki dan juga tersedia dalam versi manga!

Sword Art Online bercerita tentang petualangan Kirito, Asuna, dan rekan-rekan lainnya di dalam sebuah game berbasis VR. Bukan sembarang game, karena game yang mereka mainkan adalah game hidup dan mati. Menarik, bukan?

11. Kill the Hero

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. KakaoPage/ Kill the Hero

Kill the Hero merupakan manhwa time travel yang dikarang oleh D-Dart. Kisahnya mengikuti Woojin yang diberi kesempatan kedua setelah mati di tangan pemimpin guild-nya sendiri.

Akan tetapi, waktu yang Woojin miliki kali ini tak akan digunakan untuk berburu monster, melainkan untuk membalas dendam. Woojin bertekad untuk menghancurkan sang pahlawan!

10. Arifureta: From Commonplace to World's Strongest (Manga)

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!arifureta.fandom

Arifureta: From Commonplace to World's Strongest adalah manga isekai bergenre aksi, petualangan, dan fantasi adaptasi novel ringan yang ditulis oleh Shirakome Ryou.

Arifureta menceritakan seorang siswa bernama Hajime Nagumo dan beberapa teman sekelasnya yang dipanggil ke dunia lain setelah sebuah lingkaran sihir misterius muncul di sekolah. Mereka tiba-tiba memiliki kekuatan masing-masing, kecuali Hajime.

Kemudian, terjadi sebuah peristiwa yang membuat Hajime terpisah dengan teman-teman lainnya. Hajime pun memulai petualangan baru seorang diri agar bisa terus melanjutkan hidup.

9. The Legendary Moonlight Sculptor

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. Tapas/ The Legendary Moonlight Sculptor

Manhwa bertema video game yang satu ini merupakan hasil adaptasi light novel karya Nam Heesung.

Bergenre aksi, petualangan, dan fantasi, The Legendary Moonlight Sculptor bercerita tentang Lee Hyun, sosok yang dikenal sebagai Dewa Perang Legendaris di sebuah game MMORPG. Namun, karena suatu alasan, Hyun memutuskan untuk menjual karakter gamenya tersebut.

Sayangnya, hasil penjualan itu langsung habis diambil rentenir.

Hyun pun bertekad memulai aksi dan petualangan barunya dalam game VR MMORPG pertama, Royal Road.

8. Re:Monster (Manga)

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!re-monster.fandom

Diadaptasi dari novel ringan karya Kanekiru Kogitsune, manga Re:Monster menceritakan Tomokui Kanata, goblin yang bereinkarnasi menjadi goblin terlemah bernama Goburou setelah mengalami kematian.

Berbekal pengetahuan yang dia bawa dari kehidupan pertamanya, Goburou bertekad untuk berevolusi menjadi goblin yang kuat.

7. Leviathan

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!leviathanmanhwa.fandom

Leviathan karya Lee Gyuntak juga menjadi salah satu manhwa mirip Solo Leveling yang wajib kamu baca!

Mengusung tema survival, manhwa ini menceritakan situasi di saat tak ada lagi tanah kering di muka bumi. Berfokus pada tokoh Bota dan Kana, pembaca diajak mengikuti petualangan mereka mengarungi lautan luas, bertahan dari serangan berbagai monster laut mengerikan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya!

6. The Beginning After the End

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!tbate.fandom

The Beginning After the End tak henti-hentinya direkomendasikan untuk para penggemar manhwa. Manhwa karangan TurtleMe ini bercerita tentang King Grey yang sebenarnya kesepian, meski dia punya segala sesuatu yang selalu diinginkan orang lain.

Akan tetapi, kehidupan sempurna itu akhirnya berakhir setelah King Grey bereinkarnasi ke dunia sihir dan memulai hidup baru di sana.

5. Omniscient Reader

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!omniscient-readers-viewpoint.fandom

Kim Dokja dipilih menjadi pembaca novel Three Ways to Survive the Apocalypse, yang tak disangka-sangka ternyata dirinya lah karakter utama dalam novel tersebut. Dokja akan mengubah alur cerita dalam novel sesuai kehendaknya.

Salah satu manhwa populer ini merupakan karya sing N song yang diilustrasikan oleh Sleepy-C.

4. The Boxer

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!the-boxer.fandom

Nah, manhwa mirip Solo Leveling yang satu ini cukup berbeda dari rekomendasi lainnya, terutama dalam segi tema. The Boxer mengusung tema olahraga, sesuai dengan judulnya.

Manhwa yang dikarang dan diilustrasikan sendiri oleh Jeong Ji-hoon ini bercerita tentang Yu, laki-laki berusia 17 tahun yang selalu dirundung hingga kehilangan kepekaan untuk merasakan rasa sakit. Tak hanya itu, emosinya juga mengalami gangguan, sehingga Yu tak lagi bisa bersikap layaknya manusia normal.

Akan tetapi, semua mulai berbeda setelah Yu bertemu seorang pelatih tinju berjulukan 'K'. K yang telah berpengalaman ternyata menyadari potensi besar dalam diri Yu. Setelah melakukan berbagai cara, akhirnya K berhasil menarik minat Yu untuk menjadi anak didiknya.

3. Tower of God

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. Webtoon/ Tower of God

Tower of God merupakan mahakarya SIU yang berhasil meraih popularitas tinggi. Manhwa ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Twenty-Fifth Bam yang menjelajahi menara misterius, mengikuti temannya, Rachel, yang telah lebih dulu masuk dan tak kunjung keluar.

Twenty-Fifth Bam nantinya akan menemukan berbagai hal tak terduga yang ada di menara tersebut.

2. Eleceed

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. Webtoon/ Eleceed

Seo Jiwoo, seorang siswa berkemampuan khusus tak pernah menyangka bahwa akan memanfaatkan kekuatan spesialnya tersebut untuk melawan para awakener tangguh.

Semua bermula setelah dirinya menyelamatkan seekor kucing yang ternyata merupakan jelmaan seorang awakener terkuat.

Petualangan seru seperti apa yang akan Jiwoo hadapi? Simak keseruannya dalam manhwa Eleceed karya Kim Hye-jin ini!

1. The Legend of the Northern Blade

15 Manhwa dan Manga Mirip Solo Leveling, Gak Kalah Seru!dok. KakaoPage/ The Legend of the Northern Blade

The Legend of the Northern Blade pun tak henti-hentinya direkomendasikan, terutama untuk pembaca yang tergila-gila dengan manhwa Solo Leveling.

Manhwa karya Woogack ini bercerita tentang seorang penerus Northern Heavenly Sect bernama Jin Mu-won yang melanjutkan hidupnya dengan tekad untuk membalas dendam setelah kematian ayah serta kehancuran sektenya.

Diam-diam, Mu-won juga mempelajari sebuah ilmu misterius!

Itulah 15 rekomendasi manhwa dan manga mirip Solo Leveling yang wajib kamu baca. Kamu ingin baca yang mana dulu, nih?

Artikel pertama ditulis 21 Maret 2023 dirilis ulang pada 16 Januari 2024.

Penulis: Viky Nursyafira

Baca Juga: 15 Manhwa dengan MC Overpowered, Tangguh Tak Tertandingi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU