8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!

Goku masih punya jurus kuat selain Kamehameha

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!

Selama perjalanannya Goku memiliki kemampuan-kemampuan baru untuk bertarung. Jadi selain Kamehameha, ia memiliki banyak teknik menarik. 

Goku mempelajari kemampuan dari rivalnya selama pertarungan dan melatih dirinya sendiri untuk menciptakan kemampuan baru. 

Inilah delapan jurus kuat Goku selain Kamehameha di Dragon Ball. Kemampuan transformasi seperti Super Saiyan atau Oozaru tidak termasuk ya! Jurus yang diluncurkan dari wujud Fusion juga tidak masuk. 

1. Taiyoken

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball

Solar Flare atau Taiyoken dilakukan dengan cara menempatkan tangan dekat dengan wajah dengan jari-jari menyebar ke mata. Kemudian pengguna memanggil nama kemampuan ini, sehingga timbul cahaya putih yang membutakan musuh yang melihatnya.

Sebenarnya kemampuan ini adalah kemampuan yang dimiliki pertama kali oleh Tien Shinhan, tetapi akhirnya dipelajari oleh Goku dan digunakan untuk melawan musuhnya. 

Taiyoken pernah digunakan oleh Goku saat melawan Vegeta dalam mode Oozaru dari serial Dragon Ball Z. Kemampuan ini juga dimiliki oleh salah satu musuh utama Goku dari serial Dragon Ball Z yaitu Cell.

Baca Juga: 6 Karakter Dragon Ball yang Pernah Mengalahkan Goku dengan Mudah 

2. Genki Dama

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball

Kemampuan Goku satu ini sangatlah kuat, dengan mengumpulkan energi dari seluruh makhluk hidup di seluruh dunia untuk menjadi bola energi yang memiliki kekuatan penghancur yang mematikan.

Kemampuan Genki Dama ini sendiri dipelajari Goku dari King Kai. Kemampuan ini telah digunakan Goku untuk menghabisi musuh terkuat sekaligus musuh terakhir dalam serial Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT yaitu Kid Buu dan Omega Shenron.

Menurut King Kai, Spirit Bomb bisa digunakan dan sekaligus ditangkis oleh seorang yang mempunyai hati yang murni saja. Dan kebalikannya, Spirit Bomb akan sangat kuat jika digunakan untuk menghabisi musuh yang mempunyai hati yang jahat.

Faktor ini menjadi alasan kenapa Genki Dama awamnya tak bisa digunakan dalam wujud Super Saiyan biasa. Ingat, wujud Super Saiyan dikompori oleh amarah.

Namun Goku bisa mengakalinya dengan melempar Genki Dama duluan, baru kemudian bertransformasi. Ini terutama membantu kalau musuhnya bisa menahan Genki Dama, sehingga Goku harus meningkatkan dulu kekuatannya supaya bisa mendorong bola itu. 

3. Instant Transmission

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball

Instant Transmission adalah teknik andalan Goku yang dipelajari dari bangsa Yardrat.

Dengan teknik ini, Goku bisa tiba-tiba berteleportasi ke suatu tempat. Mulai dari ke belakang musuh, sampai ke planet lain.

Dengan penggunaan kreatif, Goku bahkan bisa menggunakannya untuk meluncurkan Kamehameha dari sudut tak terduga. 

Sebenarnya, kemampuan bangsa Yardrat bukan hanya Instant Tranmission. Namun hanya ini yang Goku kuasai. Vegeta kemudian menguasai teknik pemisahan bangsa Yardrat di Dragon Ball Super

4. Destructo Disc Hexablade

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball Super

Goku bukan hanya bisa Destructo Disc, teknik andalan Krillin, dia juga bisa membuat Destructo Disc yang menjadi banyak. 

Teknik ini Goku gunakan untuk mencoba melawan Jiren di Dragon Ball Super

5. Kaioken

Kaioken bukan wujud transformasi. Ini adalah teknik untuk memperkuat diri, yang diciptakan oleh King Kai. 

Kaioken sempat tersisih setelah Goku menguasai Super Saiyan. Soalnya, terungkap di Dragon Ball Super kalau menggunakan Kaioken dan Super Saiyan sekaligus bisa membahayakan penggunanya. 

Kalau di Dragon Ball Super, Goku baru bisa menggunakan Kaioken dalam wujud Super Saiyan saat ia mencapai wujud Super Saiyan Blue. Soalnya dalam wujud Blue, Ki Goku sudah dikendalikan penuh dan menjadi tenang. Tidak seperti dalam wujud Super Saiyan biasa. 

6. Dragon Throw

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball

Kalau kemampuan satu ini adalah kemampuan ciri khas Goku saat melempar musuh. Dengan memegang tangan atau kaki atau juga bisa buntut musuhnya ia memutar-mutarkan musuh tersebut dan melemparkannya. Kemampuan ini sering digunakan oleh Goku, misalnya pada saat melawan Frieza dan Majin Buu di serial Dragon Ball Z. Sampai-sampai kemampuan ini juga dipakai pada game-game serial Dragon Ball juga lho!

7. Dragon Fist

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball GT

Dragon Fist adalah kemampuan yang dikembangkan oleh Goku sendiri. Kemampuan ini sangat kuat bahkan dapat menghabisi musuh yang lebih kuat daripada Goku sekalipun.

Dragon Fist sendiri adalah tinju yang menembus perut atau dada musuh disertai dengan energi sangat besar dan kuat dalam bentuk naga emas yang sama persis dengan Shenron, naga dari Dragon Ball.

Kemampuan Dragon Fist pernah digunakan oleh Goku pada saat melawan Super Android 17 dan Omega Shenron dalam serial Dragon Ball GT.

8. Ki Burst Sphere

8 Jurus Kuat Son Goku Selain Kamehameha di Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball

Ki Burst Spehre adalah kemampuan unik yang dipelajari oleh Goku sendiri.

Meskipun hanya keluar sekali di dalam movie Dragon Ball Z, teknik ini adalah kemampuan unik Goku yang sangat menarik untuk dibahas.

Ki Burst Sphere sendiri adalah kemampuan dengan mengangkat tangan di udara dan menciptakan bola kuning Ki, lalu melemparkannya ke lawan.

Bola Ki tersebut tidak langsung meledak tetapi menghilang masuk ke dalam tubuh lawan dan menciptakan ledakan yang sangat kuat di dalam tubuh lawan.

Goku menggunakan kemampuan ini untuk menghadapi Meta Cooler Core dalam serial Dragon Ball Z: The Return of Cooler.

Nah itulah delapan jurus andalan Son Goku selain Kamehameha di Dragon Ball. Ada yang kamu pasti sudah tahu, ada juga yang hanya muncul di movie atau Dragon Ball GT sehingga terlupakan.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Mulanya Musuh, Ini 10 Fakta Piccolo Sahabat Son Goku di Dragon Ball!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU